Pemeriksaan kesehatan rutin bayi dan anak di Jepang

Akhirnya hari ini jadi juga mama berdua sama yasashii hana berangkat untuk health check up 9-10 bulan gratis,,hehe hari ini hari terakhir kuponnya berlaku. Cek up ke klinik dokter spesialis anak ( こどもクリニック) sekitar 20 menitan jalan kaki dari rumah berarti sekitar 20x80meter hehe 1,6km..itung itung olah raga sore. Sebenarnya kalo pake kereta cuma 1 stasiun (2-3menit) dan jalan ke stasiunnya aja udah 10 menit.. jadi naik kereta bukan pilihan yang tepat menurut saya. Sejak di Jepang apalagi Tokyo udah biasa juga jalan 1-2 km, ke jidoukan dan gyoumu supa aja udah 13 menitan (1 menit 80 meter), bolak balik hampir setengah jam sendiri jalannya.

Kliniknya seperti klinik umumnya di Tokyo, gabung sama apato, yang ini ada di lantai 2 nya.  Lumayan capek jalan sambil gendong, tapi terbayar deh capeknya.. Kliniknya lumayan bagus dan dokternya perempuan, ramah, oke, baik, banyak omong sampe ngobrolin tentang Sapporo dll, periksanya juga detail, tapi sayang sekali gak bisa bahasa Inggris bahkan buku boshitecho yang diisi cuma yg versi bahasa Jepang, untung saya liat dan akhirnya minta diisi juga boshitecho versi bahasa Inggris ( anak saya  punya 2 buku : versi Jepang dan Inggris ).

Secara umum hasil pemeriksaannya bagus, tapi berat badannya cuma naik dikit, masih di kurva normal tapi bagian bawah huhuhu. Memang yasashii hana rada belum lahap makan, maunya makan sendiri tapi belum jago jadi yang masuk dikit, ditambah kemarin habis sakit. Ya sudah angka timbangan hanya sekitar 7080 gram, TB oke sekitar 69,7cm naik 4,7cm dari pemeriksaan rutin 6-7 bulan kemarin, LK 45 (normal). Ga apa-apa selanjutnya makan yang banyak aja ya, Sayang..

 Oya, walaupun itu klinik dokter spesialis anak (こども/小児科/キッズ(anak) クリニック), kliniknya gak cuma meriksa pasien anak (小児科) tapi menerima pasien dewasa/penyakit dalam (内科) dan alergi juga. Tetapi yang perlu diingat, gak semua klinik dokter spesialis anak menerima pasien dewasa, ada juga yg cuma menerima anak dan alergi (アレールギ科). Jadi kalo mau ke klinik baca dulu plang kliniknya bisa buat berobat/konsultasi apa, misal di klinik AA plangnya tertulis 内科 dan 小児科 berarti menerima konsultasi penyakit dalam (内科) dan  pasien anak (小児科). Nah, kalo pengennya diperiksa dokter spesialis anak, cari yang nama kliniknya pake こどもkodomo atau 小児科 shonika, kids キッズ di namanya. Walaupun ada juga klinik yang gak pake salah satu kata itu tetapi yang meriksa/ pemiliknya tetep dokter spesialis anak, cara termudah tau bagaimana? tentu dengan menanyakan langsung, membaca CV di dalam klinik, website atau brosurnya misal si dokter tergabung dalam perkumpulan dokter anak blabla 日本小児科学atau lulusan dokter anak dari fakultas mana.

Tiap klinik pribadi biasanya dokternya cuma 1, walaupun gak jarang juga ada beberapa, apalagi kalo klinik besar atau RS tentunya. Nama klinik pribadi umumnya mencerminkan nama si dokter.

Oiya sering sekali digunakan kata-kata ini untuk tempat berobat:

こども/子ども kodomo/キッズ kids/小児科 shonika artinya anak. Sedangkan untuk klinik biasanya dipake クリニック (huruf katakana untuk klinik) dan 医院, huruf kanji bacanya iin artinya klinik dalam bahasa Jepang( kanji depannya artinya dokter jadi secara kata artinya rumah dokter alias klinik) . Kalo  病院 ini bacanya byooin artinya rumah sakit. Mirip-mirip yah kanjinya.

Kembali soal ke cek up rutin ya.. Jumat minggu lalu sebenernya udah ada janji buat health check up 9-10 bulan  ke klinik Iwata yang lebih deket dari rumah, bukan kodomo clinic tapi klinik yang bisa periksa anak 小児科, 内科, 外科 ( bedah), リハビリ( rehabilitasi). Yang penting gak jauh dari rumah. Kliniknya juga cukup besar untuk ukuran klinik di jepang, satu gedung sendiri ada 2 lantai ( biasanya klinik di Jepang kecil dan gabung sama apato/ rumah tinggal), pemiliknya dokter bedah spesialisasi bedah anak ( tetep bukan dokter anak walaupun ada bedah anaknya hehe), fasilitasnya ada ekg, laboratorium, rontgen, dan ada juga child care center di sana. Kalo di klinik ini ada 3-4 dokter tapi jadwalnya beda misal hari senen dokter A, dst. Nah karena jadwal health check up cuma ada di hari jumat siang jam 1-3 ( terpisah sama waktu berobat) dan yang daftar banyak jadi si bayi baru dapet jadwal tanggal segitu..huhu. Setelah menunggu lama (2-3 minggu dari daftar) eh bayi sakit, cancel deh..belum rejeki. Segera nyari klinik lain yang bisa periksa sebelum kupon habis. Alhamdulillah dapet klinik dokter spesialis anak dan cukup memuaskan. Sebenernya ada 1 klinik kodomo (spesialis anak) dan beberapa klinik lain ( bukan spesialis anak) yang lebih deket dari rumah, tapi mungkin rejekinya ke sini 🙂

Btw..ngapain sih health check up rutin di Jepang?

Jadi di buku boshitecho ( buku kesehatan ibu dan anak) ada list halaman buat cek up kesehatan :1 bulan, 3-4 bulan, 6-7 bulan, 9-10 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan 6 tahun. Kalo saya bilang si mungkin gak wajib tapi direkomendasikan untuk menilai tumbuh kembang anak. Tidak semuanya gratis untuk health check up (pemeriksaan rutin) ini. Bisa berbeda-beda bergantung daerah tempat tinggal. Karena saya pernah tinggal di Sapporo dan sekarang di Itabashi-ku, Tokyo saya akan bahas 2 tempat itu saja. Daerah -Ku yang lain di Tokyo ( ada 23 -ku / special ward) juga bisa berbeda-beda mungkin tetapi saya tidak tahu pasti, bisa di lihat di web resmi citynya.

Berikut bedanya antara di Sapporo dan Itabashi:

Cek up 1 bulan : di Sapporo dan Itabashi-ku gak gratis. Biasanya dilakukan di RS tempat melahirkan, saya pernah tanya ke RS dekat rumah waktu di Sapporo untuk minta cek up 1 bulan tapi katanya harus di RS tempat lahiran yang tahu record si bayi. Saat itu saya pergi berdua dengan bayi saja ditemani SEMI karena papanya  sedang ada urusan di kampus. Saat itu ditimbang BB, ukur panjang, lingkar  kepala, dada, diperiksa reflek-refleks pada bayi dan setelah itu kita bisa konsultasi.

Cek up 3-4 bulan: di Sapporo dan Itabashi-ku gratis, dilakukan di health center setempat, kita akan diberikan pemberitahuan berupa surat lewat pos. Kami bertiga ke Kita-ku health center. Sekitar jam 1an, kami dapet antrian no 5. Untung saja dateng duluan soalnya ternyata pas kami selesai priksa, banyak banget yang antri sampe nomor puluhan hehe. Di periksa dan ukur BB, TB, LK, LD, PF umum dan konsultasi tentang solid food atau hal lain. Kalo mau periksa gak di health center juga bisa tapi bayar sendiri kayaknya.

-Cek up 6-7 bulan: di Sapporo gak gratis, Itabashi-ku dapat kupon gratis lewat pos atau health center ( kupon bisa dipake di klinik/RS di dalam tokyo, listnya di kasih). periksanya BB, TB, LK, LD, PF umum, mulut/gigi, konsultasi dll

-Cek up 9-10 bulan : di Sapporo gratis kalo ke health center ( dikasih surat pemberitahuan jadwal dan borang yang harus diisi) , Itabashi-ku juga dapet kupon gratis lewat pos atau minta di healt center ( kupon bisa di pake di klinik/RS di dalam tokyo, listnya juga di kasih). periksanya BB, TB, LK, LD, PF umum, mulut/gigi, konsultasi, dll



-Cek up 12 bulan : di Sapporo dan Itabashi-ku gak gratis ( kalo mau priksa silakan tapi bayar sendiri, ada yang murah ada yang mahal, pernah liat kalo bayar sekitar 4000an yen hehe)

– Cek up 18 bulan : di Sapporo gratis ke health center dan Itabashi-ku ke klinik/RS di wilayah itabashi ( dapat surat pemberitahuan juga)

-Cek up gigi 18 bulan : di Sapporo dan Itabashi-ku gratis, ke health center setempat ( dapat surat pemberitahuan juga)

-Cek up 2 tahun: di Sapporo dan Itabashi-ku gak gratis

-Cek up 3 tahun: di Sapporo dan Itabashi-ku gratis, ke health center setempat (dapat surat pemberitahuan juga).

-Sisanya cek up 4 sampe 6 tahun juga silakan tapi bayar sendiri.

Nah pas cek up ini kesempatan juga tau berat badan bayi karena saat imunisasi bukan hal rutin menimbang bayi. Selain pas cek up biasanya kita bisa menimbang bayi di jidoukan ( tempat main bayi dan balita milik pemerintah) dan beberapa toko perlengkapan anak ( tidak semua ada timbangan. Oiya sebelum cek kesehatan, biasanya kita isi borang dan pertanyaan misal tentang imunisasi yang sudah dilakukan, perkembangan dan kesehatan umum si anak yang dikasih barengan sama kupon dan yang dibuku boshitecho.

pertanyaan yang ada di buku boshitecho
 Kupon gratis dari Itabashi-ku
(biasanya dikirim lewat pos, tapi waktu itu kami mengurus di health center karena baru pindah)

Kalau di Sapporo cek rutin gratis biasanya ke health center setempat jadi biasanya rame banget karena bareng-bareng sama yang lain, nah di Itabashi-ku cek up rutin kebanyakan di klinik/RS, dan kita bisa memilihnya sendiri mau ke klinik/RS mana. Jadi pas kita nerima kupon health cek up dan imunisasi biasanya kita juga akan di kasih list mana saja RS dan klinik yang bisa didatangi. Gak harus ke klinik milik dokter anak こどもクリニック, kita juga bisa ke klinik dokter penyakit dalam, bedah atau bahkan kulit buat imunisasi atau priksa cek rutin kesehatan anak asalkan nama kliniknya ada di list yang dibagikan itu. Untuk imunisasi juga dituliskan kalo diklinik itu ada imunisasi apa-apa saja. Jadi intinya terserah kita mau kemana, yang deket monggo yang jauh juga monggo hehe tapi sayang juga si ongkosnya :D.

Oiya satu lagi, untuk imunisasi dan cek rutin kesehatan yang sebenernya bukan sakit, biasanya klinik atau RS punya jadwal tersendiri. Ada yang strict ( gak mau terima di luar jadwal yang mereka buat) ada yang fleksibel. Kalo tadi klinik anaknya cuma nerima imunisasi dan cek up rutin senin-jumat jam 3-4 ( terpisah sama waktu berobat). Sedangkan klinik pas cek up 6-7 bulan kemarin bisa periksa rutin kapan aja. Tiap klinik punya kebijakan masing-masing jadi lihat juga jadwalnya/ telp dulu. Soal janjian buat imunisasi atau cek up juga penting karena ada klinik/RS yang harus janjian dan antri dulu jauh hari, ada juga yang sehari sebelumnya dapet dan ada juga yang langsung dateng, tergantung kliniknya masing-masing.

Begitulah cerita tentang periksa rutin bayi dan anak di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s