Wisata Kuliner di Taiwan

Kata orang-orang sih Taiwan itu tempatnya makanan enak, apalagi setelah liat video ini tetapi karena gak yakin soal kehalalannya tentunya kami pilih-pilih juga dan prefer makanan yang ada label halalnya. Oiya ada juga list restoran yang muslim friendly.
Btw, postingan ini pastinya subjektif banget yaa 😃😃
Halal Beef Noodle dan Dumpling
Kalau ke Taiwan jangan lewatkan untuk mencoba makanan khas Taiwan ini. Enaaaak *menurut kami si*, ada beberapa pilihan Halal Beef Noodle, ada yang pedas , ada yang enggak. Ada juga yang pakai jeroan , ada juga yang daging saja. Karena pakai huruf cina yang musingin itu jadi kalau mau pesan tanya aja sekalian artinya ke pelayannya.
Ada dua restoran/ warung Halal Beef Noodle di Taipei, yang bersertifikasi halal dan direkomendasikan di website ini, yakni ada di dekat MRT Ximen dan Beimen. Namun dari hasil pencarian blog, kami menemukan halal beef noodle lain di dekat MRT Sun Yat Sen Memmorial Hall. Saya tidak tahu kenapa restaurant ini tidak masuk di list restoran muslim friendly di Taipei, namun di depan warungnya ada tulisan halal, dan saat saya bertanya dengan pelayannya pun  dijawab semua halal. Jadi ya sudah bismillah.
Oiya makan dumpling di Taiwan ternyata ada tekniknya haha karena saya gak tau, begitu gigit dan makan kaget ternyata di dalam dimsumnya ada sup. Jadi cara makan  yang benar, taruh dumpling di sendok, bolongin dimsumnya dan sruput supnya, baru deh dimakan semuanya. Oishiiiiiii
 

13116486_10209510816237900_1055099265867026823_o
Halal Beef Noodle
( gak pedas dan full daging) 155 NT, dagingnya empuuuk banget

13221400_10209510816197899_3186187382761179483_o
versi pedas
13254833_10209510816637910_2973792671322601873_o (1)  Steamed Beef Dumpling 150 NT
Iced Shaved Mango dan Bubble Milk Tea di Ice Monster
Walaupun udah kenyang banget makan beef noodle, tak menyurutkan niat kami untuk mencoba es mangga Ice Monster yang terkenal banget itu. Sebenarnya di beberapa pasar malam, ada juga warung yang menjual Iced Shaved Mango dengan harga lebih l murah dari Ice Monster. Namun yang paling terkenal ya di Ice Monster ini.
Ada beberapa cabang Ice Monster di Taipei dan juga di Jepang ( Tokyo dan Osaka). Namun harga es mangga Ice Monster di Jepang sedikit lebih mahal daripada kalau kamu beli di Taiwan, hehe.Untuk 1 buah piring besar Iced Shaved Mango, kita harus membayar sekitar 250 NT (winter) atau 220 NT (summer) atau sekitar 60ribu, mahal banget kalo di rupiahin memang. Tapi porsinya jumbo banget dan cukup dimakan 2 orang.
Saat kami datang, antrian tidak terlalu panjang, namun setelah pulang wah antriannya cukup panjang. Ice Monster ini memang sangat laris dan terkenal. Oiya ada aturan untuk makan di dalam Ice monster, maksimal 1 jam dan perorang minimal 110 NT. Jadi karena kami berdua, minimal kami harus beli sejumlah 2×110=220 NT
13254860_10209510816397904_7371536997794937072_o
Review Iced Shaved Mango :
      Es serutnya lembuut dan enak banget, seperti susu rasa mangga yang diserut.
      Ada tofu atau apa yang warna putih itu, enak dan juga lembut
      Porsinya jumbo, cukup buat 2 orang saya rasa
–    Enaaaaak dan pengen lagi 😄

13254887_10209510816797914_4994234308896426891_o (1).jpg
summer 162 NT, winter 180 NT

 

 
Review Iced Bubble Milk Tea
      Es serutnya lembut banget juga
      Ada bubble tapi rasanya manis banget menurut saya ya
      Secara keseluruhan enak, tapi lebih seger Iced Shaved Mango, dan menurut suami si lebih enak bubble milk tea yang langsung minum (bukan bentuk es serut)
  
CIMG0823.JPG
Bubble Milk Tea
Di Taiwan ada banyak banget milk tea, katanya tempat milk tea berasal ya dari Taiwan. Harganya juga cukup murah. Sejujurnya saya gak tau apa bubble milk teanya halal atau gak karena gak nanya. Kalau kamu kebetulan bisa bahasa cina mungkin bisa tolong ditanyain dan di share ke saya hehe
 
 
Pineapple Cake, Sun Milk Cake dan Chest Nut Cake
Oleh-oleh yang paling terkenal dari Taiwan yakni Pineapple Cake, Sun Milk Cake. Ada beberapa merk yang terkenal antara lain Vigor Kobo dan Chia Te. Vigor Kobo ada sertifikasi halalnya jadi kami prefer Vigor Kobo, sedangkan Chia Te saya kurang tau.  Kebetulan juga kami dapet kupon gratis 1 box (isi 5) Pineapple cake vigor kobo /perorang jadi total dapet 2 box.
Ada beberapa toko Vigor Kobo, di TMS, taoyuan airport, dekat MRT Shuanglian, dekat pintu exit MRT Ximen. Kami membeli di toko yang dekat MRT Ximen karena di tempat itu juga bisa menukarkan kupon gratis pineapple cake yang kami dapat saat membeli Taipei One Day Pass.  Di dalam tokonya kita juga bisa mencoba langsung berbagai tester yang disediakan. Oiya gak semua cake di Vigor Kobo halal ya, cari aja yang ada label halalnya.

 

CIMG1168
Ada label HALAL
CIMG1169

 Pineapple cake- Chest Nut Cake-Milk Sun Cake

Review  :
Pineapple Cake
1 box (isi 10) harga 360 NT
Rasa mirip nastar hanya agak berat dan selai nanasnya manis banget
Biasa aja si menurut saya, gak terlalu special dan cukup mahal yaa, jadi saya juga gak beli lagi hanya makan yang tadi dapet gratisan itu hehe 😁😁 (irit)
Sun Milk Cake
1 box (isi 10) harga 360 NT
Di dalamnya seperti susu kental manis, saya awalnya lebih suka yang ini di banding Pineapple Cake, tapi lama-lama keduanya si sama aja😁 . Kata suami juga biasa aja. Baca di blog orang jg kayanya pineapple cake dan sun milk cake cukup popular buat oleh-oleh. 
Chest Nut Cake
1 box (isi 10) harga 400 NT
Beli ini karena kata suami enak, haha mentang-mentang ada rasa coklatnya
Dalemnya mirip kaya bakpia, biasa aja si rasanya kaya yang lain menurut saya tapi kata suami enak. 
 
Chest Nut Cake- Pineapple Cake- Milk Sun Cake
 
Restoran Casablanca di Breeze Taipei Main 
Station

Pulang dari yehliu geopark, haha kami kelaparan jadilah nyari restaurant halal Casablanca Indian and Morocco restaurant di TMS. Kami pesan beef special dan Nasi Biryani. Harganya mirip kaya makan di jepang alias mahal. Tapi nasi biryaninya enaaaaaaak banget, suami katanya nyesel gak pesen biryani juga haha

CIMG1067

nasi biryani

 

 

CIMG1062.JPG
beef
Vegetable Restauran Li Yi
Tadinya untuk makan malam sebelum pulang ke Tokyo, kami ingin mencoba restaurant halal Indian yang terletak di food court terminal 1 bandara taoyuan namun karena menunya hanya kare ayam yang ada menu nasinya dan agak lama pembuatannya kami pun mencari alternative lain yakni Vegetarian Restauran Li Yi Setelah tanya-tanya ternyata tidak pakai sake dan daging/ayam sama sekali (namanya juga vegetarian ahaha), berarti aman ya, jadi suami pesan bimbimbab dan saya vegetab;e noodle. Bimbimbabnya enak banget, ada daging boong-boongannya juga ala vegetarian. Kalau vegetable noodlenya menurut saya biasa aja, kali ini saya deh yang nyesel kenapa gak ikutan pesen bimbimbab haha untung suami mau tukeran separuh-separuh. Oiya harganya juga lebih murah cuma 148 NT/ porsi.

Kalau jalan-jalan di negara minoritas, soal makanan memang agak repot, paling aman ya bawa bekel atau beli di restaurant halal yang sering kali menguras budget hehe.. MCD, KFC, Burger King kalau belinya di Taiwan atau Jepang, kemungkinan ya gak halal karena ayamnya kan gak disembelih. Jadi perkara halal atau gak bukan semata ada babi atau alcohol saja menurut kami. 
Sekali lagi review rasa makanan ini subjektif kami tentunya (terutama saya si penulis hahaha ), beda orang bisa beda review 😊
semoga bermanfaat yaa..
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s