Donat Jadul

image

Siapa sih yang gak kenal dan ga suka donat? hehe kayanya semua orang pasti tau donat. Saya udah 3 atau 4x membuat donat dan biasanya gak tahan empuk lama.  Begitu gak hangat, donat perlahan mengeras.

Tapi percobaan kali ini, donat empuk sampe 2 hari ( dimasukin kulkas bawah lalu di didiamkan sebentar sebelum di makan, setelah 2 hari gak tau karena udah dimakan habis hehe).  Donat kali ini juga gak pakai kentang, dan rahasia empuknya karena mengulen hingga kalis.

Sejak diajarin mengulen adonan dengan tangan sama mbak Mel ( arigatou mbak Melia) saya jadi semakin pede membuat roti atau berbagai kue yang pakai metode ngulen, maklum belum punya home bakery atau mesin ulen. Saking senengnya sampe pengen bikin tutorialnya, tapi belum pede hahaha pemula gitu 😅.. Adek saya dan mama aja keliatan heran mbaknya bisa bikin roti, dan donat empuk 😆😆.

Ulenan yang pas akan membuat adonan roti, donat bisa empuk lama. Ulen dengan tangan sebenernya kerjaan yang cukup sulit bila jumlah tepungnya banyak, tangan pegel uey. Karena itu biasanya sekali membuat maksimal 500 gram, seringnya 250-300 gram tepung saja jadinya gak capek.

Back to Donat,

Resep donat kali ini pakai resepnya mbak Ricke , saya bikin setengah resep saja sudah dapat 12-13 biji donat (ukuran adonan 44-45gram)

Donat Jadul

Bahan :

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram gula pasir ( saya kurangi jadi 10 gram untuk 250 gram tepung)
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram ragi
  • 4 kuning telur ( saya 1 buah telur utuh, 250gram tepung)
  • 200 ml air hangat
  • 1/2 sdt garam
  • 80 gram margarin/ butter (saya pakai butter)
  • 1sdt vanilla ( saya gak pakai)
  • Topping sesukaanya : saya selai coklat, keju dan oreo

Cara membuat :

  • Campur bahan-bahan kering seperti tepung, gula, susu, ragi hingga tercampur
  • Masukkan telur dan air, aduk pelan-pelan, uleni sebentar
  • Tambahkan butter dan garam, uleni hingga kalis. Mengulen hingga kalis sangat penting untuk menghasilkan donat yang empuk.
  • Tutup adonan dengan kain basah atau plastik wrap, tunggu 30 menit–> fermentasi pertama
  • Kempeskan adonan lalu uleni sebentar dan bagi adonan 44-45 gram , diambkan 10 menit, pipihkan lalu bentuk donat (saya pakai tutup botol untuk melubangi)
  • Sembari membentuk, panaskan minyak untuk menggoreng. Usahakan menggoreng dengan donat terendam separuh, jangan dibolak balik, minyak jangan terlalu panas, nanti bisa langsung gosong
image
donatnya masih belum bagus, haha mungkin harus beli cetakan donat😅
  • Tiriskan, jika sudah tidak panas beri topping sesuai selera

image

Nyummy…

Tokyo, 8 Juli 2016 01.22 JST  (udah lama gak begadang ngetik kaya gini )

Summer time : 25 derajat celcius ( pagi banget padahal), kalo siang bisa 30-35 C

Advertisements

2 thoughts on “Donat Jadul

  1. wiiii oishisoooo,, mama yuka makin jago masak .. pasti suami dan Yuka chan makin sayang sama mama,. nanti Yuka kalo udah bisa makan berbagai macam, tambah seneng mamanya pinter masak..
    yummy banget donatnya mom *ngiler

    Like

  2. Arigatou mbak 😃😃, tapi itu donat bentuknya msh acak adul hihihihi.. Pengen beli cetakan donat biar cakepan donatnya dan pastinya donat panggang jg gak berminyak ya.. Rasanya sama dengan donat goreng gak mbak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s