Hotel di Taipei, Taiwan    

Selama 2 malam di Taipei, kami memilih untuk menginap di 2 hotel yang berbeda, jaga-jaga kalau hotelnya gak enak , namun secara keseluruhan Alhamdulillah keduanya tidak mengecewakan, dan tentunya masing-masing ada lebih dan kurangnya. Kami membooking kedua hotel tersebut dengan agoda, free cancellation namun tetap membayar dengan kartu kredit sebelum hari H. Oiya colokan hotel di Taiwan sama seperti Jepang, 110-120 volt, tapi kalo dari Indonesia perlu bawa alat lagi biar colokan listriknya pas ( lupa namanya)

Taipei itu kotanya tidak terlalu besar, jadi menginap di daerah mana aja sebenernya gak masalah, apalagi kalo tipe gerak sana sini dan menjadikan hotel sebagai tempt istirahat malam saja tapi kenyamanan menjadi prioritas apalagi membawa anak yang masih kecil. Menurut kami memang lebih enak kalo memilih hotel di daerah pusat kota seperti Taipei Main Station (yang merupakan tempat tramsit semua rute MRT), Datong district, Zhongsheng district, Songshan district, dan Daan district. Lebih enak lagi jika menginap di hotel yang MRT terdekatnya merupakan MRT transit seperti MRT Ximen atau TMS misalnya. Namun harga hotel bisa lebih mahal tergantung letaknya jauh-dekat pusat kota, jauh jalannya dari MRT,fasilitas, dsb.  Tentunya disesuaikan dengan budget dan prioritas masing-masing ya. Tentang MRT di Taipei bisa dilihat di Metro Taipei

Berikut ini 2 hotel tempat kami menginap di Taipei :

Hotel Changhua ( bintang 2-3)

Terletak di No.49, Xining N.Rd., Datong District, Taipei, Taiwan 10342. MRT terdekat MRT Beimen, jalan sekitar 8 menit (kami gak menghitung sebenernya, kira-kira aja kali ya). Letaknya di dekat jalan besar, tidak masuk gang, jadi tidak sulit mencarinya.

image

Sebelumnya kami sempat membook hotel lain, namun setelah ditelusuri lewat google map, hotelnya masuk gang kecil dan sulit dicari, apalagi malam-malam dan membawa anak, sehingga kami mengcancel dan mencari hotel lain lewat AGODA, akhirnya menemukan hotel Changhua. Saran saya jangan lupa lihat kondisi lingkungan hotel yang ingin dituju, bisa melalui google map, ada foto jalannya juga.

image
lingkungan sekitar hotel, jangan kaget ya di Taiwan banyak banget gedung tua, kotor dan berkarat

Saat itu kami dapat harga hotel 5035 yen untuk kamar semi double. Luasnya?? Sempiiiit banget, lantai yang tersisa di ruangan hanya cukup untuk menaruh barang, tak ada sama sekali jalan untuk bergerak hehe sholatnya di atas kasur.

Karena kami udah pernah nginep di hotel bintang 2 atau 3 di Jepang (Tokyo dan Osaka)  yang juga sama sempitnya, jadi luas kamar tidak terlalu masalah buat kami, asal nyaman, ada kamar mandi dalam, kasur double dan bersih.

Gedungnya 5 lantai dengan total kamar 24.

Review kami :

Kamar : semi double room, non breakfast, non smoking room, ada jendela, maksimal 2 dewasa, anak usia 0-6 tahun free jika tanpa extra bed.

Waktu check in out : check in minimal jam 3 sore, check out maksimal jam 12 siang, kalau lebih kena charge biaya lagi

Harga : murah, kalo weekday mungkin lebih murah lagi

Fasilitas : Double bed, free wifi, free air 2 botol bisa untuk bikin teh/ kopi (disediakan sachset teh dan kopi, serta teko listrik), AC, TV, toiletries ( handuk, sabun, sikat gigi, sampo), meja, tissue, kamar mandi dalam ( wastafel, shower, non bath tub, kloset), hair dryer ( tapi kami gak merhatiin), 24 jam front desk. Kami gak merhatiin ada kulkas atau gak, tapi kalau di AGODA sih gak ditulis ada kulkas.

Kelebihan :

  • murah, bersih, nyaman, stafnya ramah banget, bahasa inggrisnya oke
  •  ada jendela
  •  letak hotel di jalan besar, bisa cari arahnya di google maps

Kekurangan:

  • kamar sempit
  • lift/ elevator cuma satu dan sempit
  • agak jauh dari stasiun walaupun gak jauh banget sih
  • MRT Beimen bukan merupakan MRT transit, 1 stasiun setelah MRT Ximen

Hotel Shin Shih ( bintang 3)

 image

Terletak di No.8, Min Sheng Road, Taipei, Taiwan. Sekitar 2 menit jalan dari MRT Shuang lian. Letaknya di jalan besar dan kanan kirinya toko-toko sebelahan persis. Ada 15 lantai, namun total kamar hanya 44, jadi 1 lantai cuma ada beberapa kamar saja. Lantai 1 untuk resepsionis dan ruang makan. Ruangan makan juga tidak terlalu besar dan lift 1 hanya buah.  Kamar hotel Shin Shih tempat kami menginap ukurannya lebih besar dibanding hotel Changhua, tapi tidak ada jendela. Harganya juga lebih mahal, saat itu kami dapat harga 6534 yen via AGODA, dengan breakfast.

image
lingkungan sekitar hote, banyak toko-toko, ada toko vigor kobo juga

Review kami :

Kamar : superior single room, breakfast include, non smoking room, non jendela/ no view, maksimal 2 dewasa, anak usia 0-6 tahun free jika tanpa extra bed.

Waktu check in out : check in minimal jam 3 sore, check out maksimal jam 12 siang

Fasilitas : Double bed, free wifi, free air 2 botol, kulkas, AC, TV, toiletries ( handuk, sabun, sikat gigi, sampo), meja, kursi, sofa, cermin, tissue, kamar mandi dalam ( wastafel, shower, bath tub, kloset), hairdryer

Kelebihan :

  • dekat dengan MRT shuanglian yang hanya terletak 2 stasiun dari MRT TMS ( satu jalur)
  • bersih
  • kamar lega
  • stafnya bisa bahasa inggris
  • letak hotel di jalan besar, bisa cari arahnya di google maps, walaupun agak mepet dengan toko-toko disebelahnya

 Kekurangan: 

  • lift elevator cuma satu dan sempit untuk jumlah kamar yang banyak
  • ruang makan kecil
  • makan paginya : daging, telor digabung satu tempat dan sendok mengambilnya juga sama, sehingga resiko terkontaminasi daging gak halal cukup besar.  Jadi kami pilih makan roti , jus, teh dan nasi putihnya aja (tambah ikan kaleng bawa dari Jepang) , walaupun rotinya gak tau halal atau gak karena gak berlogo dan udah di taruh tempat roti. Selainya ada logo halalnya lho kemarin. Tapi buat muslim don’t expect to much buat breakfast di negara minoritas muslim, gak bisa kaya di Indonesia tinggal hap hap hap.

Semoga bermanfaat..

23 Juni 2016

Menunggu sahur, Ramadhan day 18

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s