Cheddar Cheese Kastengel

image
bau lebaran

 

Setiap lebaran ibu saya akan membuat berbagai macam kue kering, saya dan adik-adik biasanya cuma membantu mencetak dan tentunya menjadi tester setia. Ternyata kebiasaan tahunan itu membuat saya rindu juga, terlebih selepas mengobrol dengan ibu yang saat itu tengah membuat kue kering.

Nah, di lebaran kemarin, saya berencana membuat nastar, kastengel, sagu keju, dan putri salju. Namun apa daya, alat dan tenaga terbatas. Semua tinggal angan-angan, yang terealisasi hanya setoples kecil kastengel bunga.

Saya menggunakan oven toaster mini kesayangan, dengan ukuran loyang persegi sekitar 20-22 cm. Masalah lain dari oven toaster adalah harus memanggang dengan suhu kecil agar tidak hanya matang di atasnya saja. Alhasil waktu memanggang menjadi lama.

Saya membuat adonan siang hari, hanya setengah resep saja.  Namun ternyata membuat kue, memasak dan bermain bersama bayi yang sedang aktif-aktifnya, membuat semuanya tak terkejar. Hahaha si bayi malah ikutan mencetak serta memakan adonan kue, dan pastinya keadaan dapur menjadi super berantakan.

Si adonan pun akhirnya dibiarkan menunggu, dan baru mengeksekusinya lagi malam hari. Alhamdulillah masih baik-baik saja si adonan walau saya lupa memasukkannya ke kulkas ( takut basi karena sudah summer)

Adonan dipanggang hingga benar-benar matang dan kecoklatan, biar tahan sampai lama, tapi ternyata tak sampai 1 minggu isi toples pun sudah ludes hehe

Oiya saya gunakan full butter sesuai resep asli, tetapi keju saya ganti dengan cheddar dan tambahan sedikit garam, biar lebih ekonomis. Hasilnya tetep enaaak, oishikatta 😋

Kastengel ala NCC

Bahan:
300 gram butter ( saya pakai campuran butter salted dan unsalted )
200 gram keju tua parut ( saya ganti cheddar dan sedikit garam, keju diparut lalu dimasukkan kulkas dahulu sebelum dipakai)
2 sdm susu bubuk
400 gram terigu protein sedang
2 kuning telur

Bahan olesan : kuning telur dan susu cair

Cara:
-Campur mentega dan telur ( bisa di kocok dengan mixer kecepatan rendah atau kalau saya dicampur begitu saja) , tambahkan keju dan bahan lain.
-Dengan bantuan plastik, giling adonan dan cetak.
-Berikan olesan dan taburkan parutan keju diatasnya.
-Panggang dengan api kecil 125 derajat atau tergantung oven hingga matang.

image
keju parutnya cuma sisa dikit hehe

 

Walaupun cuma terealisasi satu toples kecil kastengel, tapi Alhamdulillah, Allah kasih  langsung kacang bawang dan kue lebaran dari Indonesia. Makasi ya Sita oleh-olehnya. Oishikatta 😋

 

Tokyo, 13 Juli 2016 22.04 JST.

24 derajat dengan humidity 100% ( pantes kaya berkabut)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s