Martabak Bolu

Cemilan kami siang ini, martabak manis..  Oishikatta.. おいしかった

Wah jadi ingat saya dulu sering beli martabak di depan gang rumah. Karena sekarang gak ada yang jualan martabak, jadilah saya tukang martabak dadakan hehe..

Ntah sudah berapa kali saya gagal membuatnya, hasilnya bantat dan sempat membuat saya kapok..hiks. Nampaknya saya memang kurang bersahabat dengan adonan yang menggunakan baking soda atau baking powder. Pernah juga menggunakan tepung instan hotcake (yang sudah ada baking powder) berhasil tapi selanjutnya gagal. Sebenernya beberapa kali suami request martabak tapi saya masih belum mau membuatnya.

Akhirnya di long weekend minggu ini saya pun mengumpulkan semangat lagi untuk membuatnya. Alhamdulillah 2x membuat dan berhasil. Jadi semangat lagi deh..

Ada 2 tipe martabak manis: martabak bolu yang menggunakan ragi dan baking powder dan satunya lagi martabak versi abang-abang yang kenyal ( tidak memakai ragi). Kali ini saya membuat martabak tipe bolu, jadi kalau pun gagal setidaknya masih enak dimakan.

Belajar dari pengalaman, kegagalan saya nampaknya disebabkan beberapa alasan ini :
-Pernah tidak menggunakan telur
-Kadang takaran tepung dan komposisi lain tidak pas ( modifikasi resep)
-Takaran ragi, baking powder atau soda yang kurang
-Teflon yang kurang panas saat pertama menuang adonan, sehingga tidak terbentuk sarang yang banyak
-Kurang lama waktu mendiamkan adonan atau fermentasi
-Airnya tidak hangat atau suhu ruang dingin sehingga ragi tidak berkembang

 

Selese ceritanya, back to Martabak 😊😊
Martabak bolu ini saya buat menggunakan resep mbak Rina Rinso, hanya setengah resep (125 gram tepung ) dan jadi 1 buah martabak dengan ukuran teflon 27.

Berikut resep aslinya ( dapat 2 buah teflon ukuran 27)

MARTABAK BOLU

  • Bahan pertama :
    250 gram tepung terigu serbaguna
    50 gram gula pasir ( saya kurangi jadi 10 gram untuk setengah resep )
    1/4 sdt garam
    1/2 sdt ragi
    1/4 sdt baking powder
    300 ml susu atau air hangat kuku (40 derajat)
  • Bahan kedua:
    3 butir telur ( saya 1 butir untuk setengah resep)
    30 gram gula ( saya 5 gram untuk setengah resep)
  • Bahan ketiga :
    50 gram butter atau margarin ( cairkan)
    1/4 sdt baking powder

Topping : coklat batang dan wijen hitam

Cara membuat :

  • Campur bahan pertama : tepung, gula, ragi dan baking powder, lalu tambahkan susu/ air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Diamkan selama minimal 30 menit.
  • Tambahkan bahan kedua, lalu aduk rata dan diamkan lagi selama 30 menit.
  • Sembari memanaskan teflon, masukkan bahan ketiga, aduk rata.
  • Jika teflon sudah cukup panas ( bisa di tes dengan memercikkan sedikit air, jika cukup panas air akan segera menguap), tuang adonan dan tutup. Masak dengan api kecil agar seluruhnya matang.
  • Saat setengah matang, taburkan sedikit gula di atasnya ( tidak juga gpp). Tutup lagi dan masak hingga matang.
image.jpg
sarangnya masih malu-malu, mungkin tadi teflonnya kurang panas. Tapi tetep berhasil kok itungannya 😁, udah apal bgt sm martabak bantat soalnya😂😂
  • Tambahkan topping

 

 

Martabak siap dihidangkan..

image.jpg

Lain kali mau coba buat martabak kenyal ala abang-abang ( tanpa ragi ), ngumpulin semangat dulu tapinya 😁

 

 

Tokyo, 18 Juli 2016 , menjelang siang, 33derajat

今日は暑いね。

One thought on “Martabak Bolu

Leave a Reply

