Mencari Salju di Bulan Mei : Mt.Asahidake Trip

Jalan-jalan di Pulau Hokkaido tak semurah jalan-jalan di Tokyo, mengingat tak banyak pilihan moda transportasi.  Jalur kereta yang hanya sedikit dan sering kali tidak ada kereta yang sampai di tempat wisata, menjadikan carter mobil atau menaiki bus yang harganya juga tak murah menjadi pilihan terbaik.  Cara lain berhemat tentunya ikut rombongan trip yang diadakan kampus atau PPI (perhimpunan pelajar Indonesia). Maka ketika mbak Widya, pemilik warung jawa di Sapporo menawarkan tour gratis , kami pun segera mendaftar. Yeiy…

Tanggal 23 Mei 2014 pukul 8 pagi kami berkumpul di Sapporo Eki (stasiun), ada 4 orang Indonesia ( saya, suami, mba Widya, bu Hera), 1 orang Malaysia dan yang lain orang Jepang. Tujuan kami hari itu sebenarnya ke beberapa tempat, Asahidake, lihat resort, museum seni, makan es krim susu Hokkaido . Kami berangkat menaiki bus charteran.

IMG_7788
cemilan di bus
IMG_7772.JPG
pemandangan di sandataki park

Setelah beberapa lama perjalanan, bus berhenti sebentar di Sandataki Park. Sembari menunggu para penumpang lain yang ke toilet, kami menikmati keindahan dan sejuknya udara dipinggir sungai yang bersih..

This slideshow requires JavaScript.

Tujuan pertama adalah…eng ing eng, lupa namanya haha. Di sana kami mencicipi air langsung dari sumbernya, segaaar.. airnya juga boleh di bawa pulang kalo mau. Selanjutnya kami menuju museum, di dalamnya banyak sekali lukisan cantik yang berusia sudah cukup lama, di sana banyak dijual souvenir cantik, saya ikut membeli postcard untuk kenang-kenangan.. *gayanya aja ikutan ngumpulin postcard, sekarang udah gak tau kemana😁😁😁

IMG_7856IMG_7791

Tujuan berikutnya, dan yang paling saya tunggu-tunggu main salju di Asahidake.  Mt.Asahidake atau Gunung Asahidake ini adalah gunung tertinggi di Hokkaido dengan ketinggian 2291 m, dan merupakan bagian dari Pegunungan Vulkanik Daisetsuzan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ropeway Asahidake ini tak hanya bisa dinikmati saat spring, namun dalam 4 musim kita dapat menaikinya dengan harga yang berbeda.  Harga ropeway pada saat High Season (1 Juni-20 Oktober) untuk dewasa dan round trip 2600 yen, one way 1600 yen, sedangkan pada Regular Season ( 21 Oktober-31 Mei ) round trip 1600 yen, one way 1100 yen, untuk anak-anak harga separuhnya. Tentang jadwal Ropeway Asahidake bisa dibaca disini.

This slideshow requires JavaScript.

Gunung Asahidake ini cukup cukup terkenal bagi para pendaki. Salah satu teman saya, mbak Adek pernah mendakinya. Kalo yang gak suka mendaki seperti saya,  cukup naik ropewaynya saja dan pelototin pemandangan indahnya 😄.   Sebelum naik ropeway, kami mengganti sepatu kami dengan sepatu boot agar tidak basah terkena salju. Alhamdulillah ropewaynya waktu itu gratis, kan ikut tour gratisan hehehe...

Meskipun salju tebal, rasa-rasanya suhu tidak sedingin saat musim dingin di Sapporo, mungkin karena sudah memasuki musim semi dan tidak terlalu lama di atas gunung.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Foto di atas gunung, main salju dulu 😊

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

IMG_7823.JPG
oishikatta

Setelah naik ropeway, kami semua makan siang di restoran dalam resortnya (lagi-lagi gratisan 😀 ). Saat itu menu makan siang kami,  seafood ( udang) soba, sakana furai ( ikan goreng ) dan salad. Menunya ketika itu memang dibuat muslim friendly, namun saya sendiri kurang tahu apakah restaurant itu memang menyediakan muslim friendly jika tidak ikut tour /memesan. Ada baiknya ditanyakan dulu ya..

Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan berikutnya, mencicipi es krim susu Hokkaido yang terkenal dan berkunjung ke resort-resort. Berkunjung aja, liat-liat, memang salah satu tujuannya tour ini mengenalkan resort-resort di Hokkaido. Saat pulang kami juga diberikan souvenir postcard, biskuit dan tomato juice kaleng.. eh tapi pas dicoba bukan rasa jus tomat, lebih mirip saus tomat  😀

Tanoshikatta ne

Akses ke Asahidake Onsen ( untuk naik Ropeway ) bisa dibaca disini
http://wakasaresort.com/eng/access_e.htm
http://www.japan-guide.com/e/e6776.html
Tokyo, 18 Juli 2016 05.54 JST ( marine day holiday)
26 derajat ( feel like 29 derajat), humidity 88-96%.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s