Lapis Daging

Hari ini rencananya mau bikin rendang daging, eh tapi kok belok ke lapis daging :D. Lapis daging sepintas mirip rendang tapi versi manis atau semur versi kering kali ya.  Rasanya manis dan lezat apalagi disantap bersama nasi hangat…yummy. Bisa juga tambah sambal agar ada sensasi manis dan pedasnya.

Lapis daging ini saya buat dengan resep just try & taste, tapi dengan banyak modifikasi sesuai bumbu yang ada di dapur. Karena kecap juga kosong jadi saya ganti dengan shoyu + gula lalu dimasak sebentar hingga kental. Memang terlalu banyak bumbu yang saya skip tapi tetep enak, namanya juga daging hohoho

 

Lapis Daging ala Just Try & Taste

dengan modifikasi ( yang didalam dikurung )

Bahan : 

  • 500gram daging sapi
  • 1 liter air untuk merebus daging
  • Bumbu halus : 6 siung bawang merah ( 2 buah bawang bombay ukuran kecil), 5 siung bawang putih (3 siung), 1 sdm ketumbar, 4 butir kemiri sangrai (skip), 2 ruas jari lengkuas (skip), 1 batang serai, 1 ruas jari kunyit ( 1/2sdt kunyit bubuk), 1/2 sdt merica.
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 4 lembar daun jeruk purut (skip, kelupaan hehe)
  • 5 lembar daun salam
  • 5-8 sdm kecap manis ( shoyu+gula dimasak sampai kental)
  • 1 1/2 sdt garam(skip karena udah pake shoyu)
  • 2 sdm gula jawa (gula pasir)
  • 2 sdm air asam jawa (skip)

 

Cara membuat :

  • Iris daging tipis-tipis, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam, daun jeruk,  daging dan air. Masak hingga daging empuk. Jika kurang empuk, boleh ditambahkan air lagi
  • Masukkan kecap dipinggir wajan agar kecap terkaramelisasi dahulu, ini membuat masakan lebih enak (kaau pake shoyu gula yg dikentalkan seperti sy, langsung saja tuang ke masakan). Kemudian aduk rata.
  • Tambahkan garam, gula, air asam jawa. Jika kurang pas rasanya, tambahkan gula atau garam sesuai selera ya. Masak hingga kuah menyusut dan kental.

 

CIMG1878 - Copy

 

 

Tokyo, 21 Juli 2016 10.53 JST

22 derajat, hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s