Cerita Imunisasi di Jepang ( Part: Reminder Imunisasi )

Beberapa hari yang lalu saya dapat semacam kartu pos yang ditujukan untuk anak saya *masih kecil udah dapet kartu pos, hehe. Setelah dibaca ternyata isinya reminder tentang imunisasi DPT-Polio. Hampir saja saya lupa *kirain tinggal varicella ke 2*, karena udah lama gak lihat buku catatan ibu dan anak ( boshitecho ), walaupun sebenernya di buku itu sudah saya beri tempelan catatan kapan imunisasi-imunisasi Yuka selanjutnya.

image.jpg

Di Jepang, memang semua warga negara harus melaporkan tentang kelahiran anak, sehingga semua anak dapat memiliki asuransi kesehatan dan berbagai fasilitas, antara lain uang tunjangan anak, kupon imunisasi gratis ( selama di Sapporo dan Tokyo, imunisasi gratis gak asal tinggal dateng tapi harus pake kupon ), health check up dan banyak lagi.  Kalau gak mendaftar??  ya rugi hoho kan gak dapat fasilitas ini itu. Pemerintah dalam hal ini kecamatan setempat juga sering memberikan reminder atau pemberitahuan lewat pos misal tentang imunisasi, perpanjangan kartu gratis berobat untuk anak, biar orang tua juga inget.

Kalau pindah rumah bagaimana? No problem.   Kita tinggal melapor ke kecamatan juga kantor pos jadi kalau ada surat bisa sampai ke alamat yang baru. Dan memang aturannya setiap pindah rumah wajib lapor.

Imunisasi yang sudah di dapat Yuka saat ini ada BCG, DPT-Polio suntik 3x, Hib (4x, lengkap), PCV (4x, lengkap) MR 1x, Varicella 1x, dan 3x subkutan inj. imunisasi Hep B ( update: imunisasi Hep. B mulai kelahiran anak Oktober 2015 gratis, anak saya masih bayar 5400 yen). Selanjutnya ada imunisasi gratis varicella ke 2 dan booster DPT-Polio di usia 18 bulan nanti..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s