Pengalaman Memperpanjang Paspor di KBRI Tokyo

Masa berlaku paspor saya kurang dari 6 bulan, jadilah saya bersama si bayi cantik datang ke KBRI Tokyo untuk memperpanjangnya. KBRI Tokyo ini terletak di daerah Shinagawa-ku, stasiun terdekat Gotanda atau Meguro.

Setelah masuk ke halaman KBRI, kita diminta menyerahkan tanda pengenal apa saja (selain alien card) untuk ditukar pin pengunjung yang harus dipakai selama di dalam. Nanti setelah selesei dan mau pulang, tanda pengenal kita dan pin ditukar. Setelah dapat pin, masuk ke dalam. Dan saya bingung,  celingak celinguk..   Alhamdulillah dapat pencerahan, disuruh ambil nomor dulu-yang dari tadi saya pencet gak keluar nomornya dan ternyata kertasnya abis *geleng-geleng*.

Jadi apa saja yang harus disiapkan untuk perpanjang Paspor Dewasa di KBRI Tokyo:

  • Fotokopi paspor ( paspor asli di bawa)
  • Fotokopi alien card (ktp jepang) ( di fotokopi bolak balik depan belakang ya, yang asli juga dibawa)
  • Fotokopi akte lahir/ijazah/surat nikah/cerai ( yang asli juga dibawa, walaupun tadi gak diperiksa sih)
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 4 buah, dengan latar belakang putih dan memakai baju terang ( pengalaman hanya diambil 3 buah foto)
  • Mengisi formulir permohonan paspor

Alur :

  • Ambil nomor antrian
  • Setelah dipanggil, dicek kelengkapan, diberikan kertas formulir permohonan paspor, kita isi dan tempel foto
  • Ambil nomor antrian lagi, serahkan formulir dan kelengkapan tadi
  • Dokumen diperiksa petugas, kita diminta menunggu.
  • Dipanggil nama kita, diminta membayar biaya paspor lewat vending machine ( perpanjang 2650 yen) , lalu tanda tangan di halaman belakang paspor. Oiya, paspor lama akan dibawa petugas ( nanti dikembalikan bersama paspor baru)
  • Selesai. Jika tidak sempat mengambil sendiri, sediakan letter pack seharga 360 yen atau 510 yen ( yang mana saja boleh) dan tulis alamat rumah kita.

Paspor baru akan jadi setelah 3 hari kerja.

Apa bener 3 hari kerja?

Pengalaman temen saya iya, 3 hari kerja udah jadi. Tetapi sepertinya saya kurang beruntung karena menyerahkan berkas tanggal 20 Juli, namun baru bisa mengambil paspornya tanggal 29 Juli. Tiga-empat hari kerja berselang, cek track japan post, tetep gak ada data pengiriman.. Saya  telpon KBRI beberapa kali baru diangkat, dikatakan si printer atau apanya sedang rusak.

Tiap hari kerjaan saya ngetrack Japan Post, yang sampe hari ini ga ada datanya juga. Akhirnya saya coba telpon lagi,  katanya paspor sudah selesai, tapi tidak bisa dikirim karena tempelan di letter pack atau apa lah  gak ada, nah lho.. padahal saya lihat sendiri tempelan letter pack di lepas petugas. Dan emang masalah ya gak ada tempelannya? Ntahlah.. yang jelas saya pengen cepet beres… Jam setengah 3 lngsung meluncur ke KBRI..

Jadi untuk bikin paspor ini, total saya harus merogoh dana paspor 2650 yen, ongkos 2x ke KBRI  (1400 yen) dan letter pack 510 yen. Memang si gak seberapa ongkosnya ya dibanding orang-orang yang rumahnya di luar Tokyo ( kenalan saya yang jauh-jauh bikin paspor dari Beppu/ Oita, dan merogoh kocek sampe 30ribu yen untuk naik pesawat PP, karena katanya gak boleh diwakilkan)

Not just about money,,bolak balik sambil membawa bayi, panas-panas, jalan dari stasiun meguro yang lumayan jauh…dan bolak balik mikirin harga tiket yang makin mahal tapi gak bisa dipesen diwebsite karena nama kepanjangan jadi harus pakai foto paspor untuk pesen di agen dsb.. Agak kecewanya kenapa kita gak dihubungin kalo paspor akan telat atau gak bisa dikirim. Bagaimana kalau yang butuh cepat ? Pelajaran lagi, kalau urus paspor atau visa sebaiknya jangan mepet-mepet.

Husnuzhon.mungkin saya yang lagi kurang beruntung saja,, ( gak cuma saya sih, kan pas hari itu yang urus paspor gak saya doang 😅😅)

Ada banyak hikmahnya dibalik ini.. jadi bisa jalan-jalan quality time  sama bayi, makan onigiri dan roti bareng, janjian ketemuan sama suami di stasiun, dan ngeliat padatnya kereta saat pulang jam kantor…. jadi tau betapa taihennya suami selama ini saat pergi dan pulang kantor.. Makasi honey😍😍

Saya juga masih bersyukur, karena tinggal di Tokyo, bisa ngurus perpanjangan paspor di KBRI dengan mudah, gak perlu lama-lama ngantri, atau bangun pagi-pagi seperti jaman mengurus paspor di Jakarta, dan sebenernya prosesnya simple, isi dokumen dipanggil, pulang. Jadinya juga cepat 3 hari kerja dan bisa dikirim ke rumah lagi ( walau saya kurang beruntung 😄😄).

Oiya, kalau lupa belum fotokopi atau bawa foto, disana ada tempat fotokopi ( 10 yen/lembar) dan box foto seharga 800yen/lembar *jadi gak perlu capek-capek nyari*. Selain itu ada vending machine untuk bayar paspor dan vending machine minuman.   Disediakan juga lem dan gunting, hanya saja pulpen gak disediakan tapi boleh aja pinjam, saran saya si bawa sendiri ( walaupun saya pinjem ke petugas 😁).

image
Kereeen.. bayar paspor pakai vending machine

Taraaaa…yang penting paspor baru udah jadii.. Alhamdulillah 🙂

image
paspor baru warna biru kehijauan, yang lama dikembalikan dan digunting sedikit
image
Paspor baru ada gambar ondel-ondel, candi borobudur, angklung, fauna indonesia dsb

KBRI Tokyo
Telp.03 3441-4201 Ext. 418 (pengalaman yang diangkat Ext 417 -bagian imigrasi juga)

  • Permohonan Paspor : 09:30 – 11:30
  • Pengambilan  Paspor: 13:30 – 16:30 (Senin – Kamis),  14:00 – 16:30 (Jumat)

Arfenda Puntia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s