Halal Ramen Ayam-Ya

Alhamdulillah.. sudah banyak halal ramen di Jepang, kali ini kami mencoba Ramen Ayam-Ya Okachimachi. Selain di Tokyo, Ramen Ayam- Ya ini juga bisa dijumpai di Kyoto dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk menuju Ramen Ayam- Ya (Okachimachi) Tokyo kita bisa menggunakan kereta JR ( turun di stasiun Ueno), atau Tokyo Metro ( stasiun Nakaokachimachi ) atau Toei ( stasiun Ueno Okachimachi). Rute jalan dari stasiun ke Ramen Ayam-Ya Okachimachi silakan di google map ya.

Lokasi Ramen Ayam-Ya juga cukup strategis, dekat masjid As-salaam Okachimachi dan taman (koen) anak ( ada ayunan, perosotan) sehingga setelah makan Ramen, kita bisa sholat di mesjid atau anak pun bisa happy main di taman.  Jam buka restoran ini Senin-Minggu, lunch : 11.30-15.00 dan dinner 17.00-23.00. Jam buka sepertinya on time banget, sekitar jam 11 lewat kami datang dan masih tutup walaupun kelihatan ada pelayannya hehe jadilah main di taman dulu. Setelah restoran buka, kami pun segera masuk, lapaar 😆. Tempat makan berada di lantai 2, suasananya enak, sejuk, dan terlihat cukup luas. Banyak juga ternyata orang Jepang yang datang membeli ramen disini. Di sini juga disediakan apron disposable (sekali pakai) yang bisa kita gunakan supaya baju atau jilbab tidak kotor saat makan ramen, silakan mengambilnya sendiri.

image
Ramen Ayam- Ya, 06 agustus 2016

Suami memesan Spicy Tori Ramen Shio ( tori artinya ayam dan shio artinya garam) porsi besar dan saya Spicy Tori Ramen Shoyu ( semacam kecap asin) porsi biasa. Ramen porsi besar maupun biasa diberi harga sama, jadi yang makannya banyak silakan pesan porsi besar. Di sini kita juga tak perlu memesan minuman, umumnya restoran makan di Jepang sudah menyediakan air putih dingin. Tak berapa lama ramen kami pun siap di meja.

Review ala Fenda and Kholil: 

Penampakan kedua ramen yang kami pesan sekilas sama, ada kuah pedas, mie, daun bawang, 2 irisan tipis ayam. Sebenarnya bisa tambah juga telur rebus yang biasa ada di ramen, sayangnya harus menambah lagi 100 yen.

Setelah dicoba ternyata spicy-nya cukup spicy untuk lidah kami, ditambah ramen yang panas membuat kami berkali-kali minum.. Kami pikir spicy ala Jepang yang biasanya gak pedas, tapi ternyata lumayan juga pedasnya. Rasa kuahnya mungkin memang disesuaikan dengan lidah Indonesia dan Malaysia. Walaupun penampakannya mirip, rasa kuahnya cukup berbeda di lidah kami. Kuah ramen shio cukup terasa kaldu ayamnya dan rasa asin pas. Sedangkan kuah ramen shoyu menurut kami lebih kaya rasa ( kaldu ayam dan shoyu) dan memang terasa lebih asin dibandingkan ramen shio. Tapi kedua kuahnya enaak kok. Sayangnya topping ramen kurang banyak,  lalu irisan ayamnya juga tipis dan mungkin karena kuahnya sudah terlalu kaya rasa jadi irisan ayam terasa biasa saja.  Demo, oishikatta (baca : tapi enak) terutama kuahnya.

Di tengah makan ramen, suami bilang penasaran sama menu nasinya Tori Charsiu Don.. Saya yang masih lapar *tapi kan memang saya hanya memesan ramen porsi biasa dan kayanya tetap butuh nasi sebagai makanan pokok, hahaha* akhirnya memesan si Tori Charsiu Don. 

Ukurannya cukup kecil, bisa dilihat dari perbandingan mangkok ramen di sebelahnya. Tori Charsiu Don, terdiri dari ayam, (seperti) cincangan bawang bombay, daun bawang, nasi, dan cabe ukuran panjang sebagai pemanis hidangan ( gak tau namanya, tapi gak pedas kok). Rasa ayamnya gurih dan manis, namun untuk nasinya ada rasa yang saya kurang suka, mungkin karena nasi dicampur cincangan bawang bombay atau diberi bumbu sesuatu. Akhirnya saya memakannya dengan dicampur kuah ramen yang enak tadi. Oishikatta..  Alhamdulillah.

Tentang makanan halal di Jepang termasuk halal ramen bisa dibaca di http://www.halalmedia.jp

Tokyo, 07 Agustus 2016, 07.09 JST

Summer time, 27 C, kalau siang bisa feels like 33-37 C

Advertisements

4 thoughts on “Halal Ramen Ayam-Ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s