Hemat Keliling Tokyo dengan One Day Pass

Keliling Tokyo yang dimaksud di tulisan ini adalah 23 special wards Tokyo. Jadi TOKYO (yang mau liat petanya) itu besaaar sekali,  terdiri dari 23 special wards , 26 cities (-shi), 5 town (-machi), 8 villages (-mura) dan 11 islands-Izu and Ogasawara Island Chain. 23 special ward (-ku) yakni Chiyoda-ku, Bunkyou-ku, Itabashi-ku, Kita-ku, Shinjuku-ku, Shibuya-ku, Katsushika-ku, Koto-ku, Edogawa-ku, Nerima-ku, Ota-ku, Shinagawa-ku, Adachi-ku, Sumida-ku, Arakawa-ku, Taito-ku, Meguro-ku, Suginami-ku, Setagaya-ku, Nakano-ku, Chuo-ku, Taito-ku, Toshima-ku, pokoknya yang berakhiran -ku. Selanjutnya di tulisan ini, istilah Tokyo akan FK dipersempit menjadi 23 special ward saja ya, supaya gak membingungkan. 

Ada 2 jenis kereta utama yang sering digunakan di Tokyo (23 special wards), yakni JR (Japan Railways) dan Subway. Subway sendiri terbagi menjadi 2 yakni Tokyo Metro Subway dan TOEI Subway.

Line Tokyo Metro Subway adalah Ginza line (G), Marunouchi Line (M), Hibiya Line (H), Tozai Line (T), Chiyoda Line (C), Yurakucho Line (Y), Hazomon Line (Z), Namboku Line (H), Fukutoshin (F) Line. Sedangkan line TOEI Subway hanya Mita (M) line, Asakusa (A) Line , Shinjuku (S) Line, dan Oedo (O) Line. TOEI memang line subwaynya sedikit namun sebenarnya ada yang namanya TOEI Bus dan street car, yang juga bisa menggunakan TOEI one day pass. Btw, untuk mengetahui itu kereta TOEI atau Tokyo Metro juga tidaklah sulit karena ada logo dan tulisannya masing-masing.

image

Tarif termurah single journey ticket JR line adalah 140-160 yen, TOEI 180 yen sedangkan Tokyo Metro 170 yen. Itu tarif termurahnya, tarif setiap jalan tentu disesuaikan dengan jauh-dekatnya. Bagaimana mengetahui tarifnya? Bisa lihat di google maps, website keretanya  masing-masing (tarif Tokyo Metro bisa lihat di sini, JR disini) atau stasiun tempat kita naik di bagian atas dekat mesin untuk beli tiket ada rute dan juga berapa tarif sampai ke stasiun yang kita tuju. Ada juga yang lihat lewat jorudan dan hyperdi tapi kalau FK sih google maps aja 😁.

Selain single journey ticket, dan segala macam kartu (pasmo, suica), ada banyak pilihan one day pass untuk berkeliling kota Tokyo seharian. Tinggal bagaimana kita memilih dengan bijak yang mana yang tepat untuk kita.

Dulu saat berkunjung ke ibukota Jepang ini, kami cukup dipusingkan dengan banyaknya line kereta dan one day pass yang tersedia. Apalagi jika di bandingkan dengan line subway di kota Sapporo yang hanya ada 3 line.. setelah tinggal di Tokyo baru lah familiar dan terasa banyak kemudahan karena banyaknya line kereta dan one day pass. 

Berikut pilihan one day pass :

  • Tokyo Free Kippu 1590 yen.  Dapat digunakan selama 1 hari (dari kereta pertama sampai terakhir di hari itu) untuk JR kota Tokyo ( stasiun JR diluar Tokyo seperti Chiba, Saitama tidak bisa ya), Subway Tokyo Metro, Subway TOEI termasuk TOEI BUS dan Street Car. Bisa di beli di stasiun JR atau subway..
  • Tokyo Subway Ticket (24 hours: 800 yen, 48 hours: 1200 yen, 72 hours: 1500 yen). Dapat digunakan pada semua line subway Tokyo Metro dan subway TOEI. Hanya di jual di Haneda Airport, Narita Airport, Big Camera di central Tokyo (*kurang jelas nih saya sebenarnya central Tokyo yang mana*), dan Tourist center di luar  Kanto. Syaratnya harus menunjukkan paspor (non japanese pasport).
  • Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass 1000 yen. Berlaku untuk line Subway TOEI dan Tokyo Metro dalam 1 hari ( dari kereta pertama hingga terakhir di hari itu). Bisa dibeli di subway mana saja.
  • Tokyo Metro 24-Hour Ticket 600 yen. Berlaku untuk line Tokyo Metro saja, sedangkan 4 line TOEI (asakusa line, mita line, oedo line, dan  shinjuku line) dan JR tidak berlaku. Dapat dibeli di stasiun Subway Tokyo Metro manapun.
  • TOEI One-Day Economy Pass 700 yen. Berlaku untuk line Subway TOEI , TOEI Bus, Toei Street car selama 1 hari ( dari kereta pertama hingga terakhir di hari itu). Tidak berlaku untuk line JR maupun line Subway Tokyo Metro. Dapat dibeli di stasiun subway TOEI manapun. Kadang-kadang di tanggal-tanggal tertentu (tidak setiap hari dan tidak tahu pasti kapan, tiba-tiba ada aja tulisan lagi diskon atau diskon tanggal segini sampaisegini) ada diskon TOEI one day pass dari 700 yen menjadi 500 yen namun khusus subwaynya saja (tidak termasuk TOEI Bus dan street car). Apa itu TOEI Bus dan streetcar? silakan baca disini
  • Tokunai Pass 750 yen. Berlaku hanya untuk line JR di Tokyo (tokyo metropolitan) selama 1 hari (dari kereta pertama hingga terakhir di hari itu ). Dapat di beli di stasiun JR (lihat tokunai pass area  di sini )

Nah selanjutnya bagaimana cara memilih one day pass yang pilihannya banyak tadi serta kelebihan dan kekurangannya? *dijabarkan sesuai pengalaman yak*

Bagaimana cara memilih One Day Pass yang tepat ?

  • List tempat wisata mana saja yang ingin di kunjungi, beserta stasiun terdekatnya (bisa cari di Japan Guide atau GOOGLE MAPS). Umumnya tempat wisata di Tokyo memiliki stasiun terdekat setidaknya satu, bisa dua bahkan tiga sekaligus. Walaupun hanya satu yang paling dekat. Sebagai contoh UENO ZOO, bisa diakses melalui JR stasiun Ueno (jalan 9 menit), TOEI Ueno Okachimachi (jalan 12 menit) atau Subway Metro stasiun Nezu  (jalan 14 menit). atau misalnya Tokyo Goverment Building bisa diakses dengan jalan 10 menit dari JR Shinjuku atau Subway TOEI Oedo Line stasiun Tocho Mae yang berada persis di bawah gedung Tokyo Goverment Buiding. Tokyo Tower bisa diakses  (jalan 5-10 menit) melalui TOEI Mita line stasiun Onarimon, Tokyo Metro Hibiya Line stasiun Kamiyacho atau jalan 15-20 menit melalui JR stasiun Hamamatsucho.   Jalan 10-15 menit sebenarnya cukup biasa untuk di Tokyo, 1 menit ala orang Jepang kira-kira 80 meter. Google maps fitur yang sangat membantu di Jepang untuk menentukan biaya, line kereta yang digunakan, berapa lama jalan dari stasiun ke lokasi yang dituju bahkan rute jalannya.
  • Ketahui tempat penginapan/ hotelmu stasiun terdekatnya apa. Jika stasiun terdekat adalah JR line hematnya pilih tokunai pass, jadi tak perlu keluar biaya lagi saat dari dan kembali ke penginapan. Enaknya lagi jika punya 2 stasiun terdekat dari penginapan misalnya hotel tempat menginap jalan 5 menit dari  JR stasiun Ueno dan jalan 10 menit dari TOEI stasiun Ueno Okachimachi. Jadi tinggal pilih mau pakai tokunai pass atau TOEI pass, sesuai keperluan.
  • Hitung-hitung dulu lebih hemat pakai one day pass atau single ticket biasa. Kalau malas hitung ya kira-kira aja misal banyak  tempat yang mau dikunjungi ya silakan pakai one day pass.  Kalau saya dan mas suami sih, setiap mau pergi selalu buka GOOGLE MAPS dan hitung berapa biaya transport yang akan keluar sehingga bisa pilih mau pakai single ticket journey (kebetulan pakai PASMO-suka hemat beberapa yen dibanding beli single journey ticketatau one day pass. 
  • Menurut Fenda and Kholil Travelling sih, paling hemat tentunya memilih antara tokunai pass 750 yen saja, atau TOEI one day pass 700 yen saja, atau tokyo metro pass 600yen saja (pilih salah satu). Lebih hemat lagi disesuaikan dengan tempat menginapnya ada di jalur apa seperti point di atas tadi.  Tidak enaknya pakai tiket ini adalah harus mencari stasiun terdekat yang sesuai dengan tiket yang dipunya, yang terkadang jalannya cukup jauh, karena itu pentingnya survey via Google Maps tadi.
  • Jika ingin membeli Tokyo Free Kippu 1590 yen pastikan ke banyak tempat  dalam satu hari, biar ga rugi tentunya (gerak cepat). Cocok buat yang mau kemana-mana dengan mencoba semua tipe kereta di pusat kota (JR, Subway Tokyo Metro, maupun TOEI). Dengan Tokyo Free Kippu 1590 yen juga bisa memilih mau turun di stasiun mana saja, cari yang jalannya dari stasiun paling deket ke tempat yang ingin dituju.
  • Sedangkan Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass 1000yen (all subway in Tokyo) cocok buat yang ingin mengunjungi ke banyak tempat di satu hari dan ingin mencoba 2 jenis subway di Tokyo. Walaupun sama-sama subway, karena namanya beda (Tokyo Metro dan TOEI), kereta dan stasiunnya kalau diperhatikan juga beda lho.. Dengan tiket ini tentunya juga bisa lebih memilih staisun terdekat mana yang jalannya lebih sebentar dari tempat wisata yang dituju. Lebih hemat jika beli di bandara.

Kelebihan One Day Pass ?

  • Lebih hemat jika memutuskan pergi ke banyak tempat dalam satu hari. One day pass sangat bermanfaat buat kami, untuk menghemat mahalnya biaya transportasi di Jepang.
  • Kadangkala (gak selalu) one day pass ini juga lebih hemat daripada return journey ticket. Misalnya naik subway TOEI stasiun A ke stasiun Z biayanya 370 yen (single journey ticket), nah kalau bolak balik jadi 740 yen, sedangkan pake TOEI one day pass 700 yen, jadi hemat 40 yen,,hehe lumayan lah…hohoho
  • Gak pusing dan ribet lagi lihat berapa tarif tiket setiap ingin masuk stasiun, tinggal masukkan kartu one day pass saja, simpel dan cepat 😁
  • Belinya cukup mudah, ada pilihan bahasa inggris di mesin pembelian tiket. Mesinnya sama dengan mesin pembelian tiket single ticket journey.

Kekurangan  One Day Pass ?

  • Kurang pas jika hanya digunakan ke sedikit tempat dan yang berdekatan pula, apalagi untuk yang nominalnya besar seperti Tokyo Free Kippu 1590 yen atau Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass 1000yen.
  • Jadi harus menghitung-hitung dulu lebih untung pakai tiket sekali jalan atau one day pass. *gak mau rugi euy,,hahaha*
  • Tidak semua tempat wisata stasiun terdekatnya sesuai one day pass yang dipunya. Kalaupun dipaksakan mungkin jalannya terlalu jauh.
  • Harus menyesuaikan turun di stasiun tokyo metro atau TOEI atau JR yang sesuai dengan Pass yang dibeli yang terkadang jalannya lebih jauh.. Nah ini emang gak enak terlebih yang membawa koper atau bawaan berat *fiuh

Yuk perhitungkan dan pilih sesuai kebutuhan.. Ada tambahan dan pertanyaan ? monggo tulis di kolom komentar yaa…

Fenda and Kholil

Peta Subway Tokyo :

 http://www.tokyometro.jp/cn/subwaymap/pdf/routemap_en.pdf

Peta JR line :

 http://www.jreast.co.jp/e/info/map_a4ol.pdf

Tokyo, 13 Agustus 2016, 16.54 JST

28C, humidity 72%

Advertisements

13 thoughts on “Hemat Keliling Tokyo dengan One Day Pass

  1. waah infonya menarik sekali mom 🙂
    bingung nih ke tokyo mau ke mana hihiii, kalo mau lihat ume cocoknya di mana? kalo mau belanja barang murah di mana? hihii
    kalo udah punya PASMO brarti ga perlu tiket lainnya ya? haduh bingung sama transportasi di Tokyo, dan Tokyo tu sangat luas bingit yaa
    FYI, kami menginapnya di Meguro, dan rencananya ke yang deket2 aja, tapi ga tau kemana hehehe

    Liked by 1 person

    1. Kami malah belum hunting2 ume mba, coba ke koen2 kayanya di fb mbak Rani smpet posting foto di taman yg ada ume. Sebenernya kalau mau keliling tokyo seharian jangan pake pasmo mbak, soale mahal ditung-itung, pasmo tuh kan semacam deposit uang aja di kartu.

      Iyaa mbak luas banget, banyak jalur keretanya

      Like

    2. Oh iya mbak mau belanja apa? Ada ameyokocho(ueno) sklian coba yakiniku panga, shibuya, shinjuku

      Deket meguro ada tokyo tower, odaiba (cuma keretanya pake yurikamome line-ada one day pass nya juga), yoyogi.

      Like

    1. maksudnya mbak mau naik tobu sky tree line ? sebenernya itu private railway mbak, bukan termasuk subway pass, namun kereta tobu itu memang ada yang lewat stasiun subway. Saya belum perna si naik itu kr kemungkinan bayar lagi kalau cuma punya subway pass

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s