Mie Goreng ala Abang-Abang

Kebiasaan saya hampir tiap malem sejak menikah apalagi setelah punya anak adalah memikirkan besok mau masak apa, hahaha kalo belum ada menu bisa ga nyenyak bobonya. Apalagi di Jepang, daging dan ayam halal dibeli dalam bentuk kiloan dan frozen karena beli di toko khusus (toko halal atau gyomu supa), jadi kalau mau masak besok ya harus dikeluarkan dulu malam harinya. Sebenarnya bagi yang suka menyusun dan belanja mingguan tentu akan lebih enak, tapi sayangnya saya belum bisa konsisten. Karena saya dan suami suka tetiba pengen makan ini-itu, jadi yang dipengen harus dibuat dalam waktu dekat..bubar deh menu mingguan hehehe..

Seperti pagi ini, sebenarnya saya sudah memikirkan menu mie goreng ini dari kemarin tapi karena sejak kemarin pagi-siang hujan deras, malam agak gerimis jadilah bahan yang kurang (sawi, daun bawang, selada) baru dibeli pagi tadi. Si pemimpin belanja yakni kakak (sejak usia 17 bulan, dia udah fasih banget manggil dirinya kakak :D) dan asitennya, mas suami tercinta yang pagi-pagi bertugas membeli bahan yang kurang untuk memasak mie goreng ala abang-abang ini. Arigatouuu ne.. Alhamdulillah di dekat apato (rumah kontrakan di Jepang) kami ada supermarket yang buka jam 6 pagi, biasanya supermarket buka jam 9 atau 10 pagi ( di Jepang jarang ada pasar, jadi belanja sayur ya di supermarket).

Yaaak..kepanjangan ceritanya.. Langsung saja ini resep mie goreng ala ala Mbak Arfenda 😁😁

Mie Goreng ala Abang-Abang

Bahan :

  • Mie basah/ mie kering/ mie telor 3 bungkus (3x 150 gram–> saya pakai mie basah, jadi tinggal cemplung, gak pake diseduh lagi
  • Bawang bombay 1/2-1/4 bagian (tergantung selera, atau bisa diganti bawang merah), cincang halus atau iris-iris
  • Bawang putih 3 siung, cincang halus
  • Cabe rawit 2-3 buah (tergantung selera), ulek atau iris-iris
  • Sawi hijau atau sayuran lain secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Telur 2-3 butir
  • Kecap manis 3-4 sdm
  • Saus tiram 1 sdt
  • Garam, merica bubuk, dan gula pasir secukupnya
  • Bakso, atau suwiran ayam,seafood (optional, saya pakai chikuwa semacam bakso ikan)
  • Minyak goreng untuk menumis dan membuat telur orak-arik

Pelengkap :

  • Kerupuk
  • Daun selada
  • Tomat
  • Bawang goreng

Cara Membuat :

  1. Kocok telur, tambahkan daun bawang, garam, dan cabe sedikit (optional)–> buat telur orak arik, sisihkan.
  2. Tumis bumbu, bawang merah/bombay, bawang putih dan cabe hingga harum  tambahkan bakso/chikuwa/suwiran ayam/seafood, masukkan sawi dan mie (saya menggunakan mie basah jadi langsung cemplung).
  3. Tambahkan kecap, saus tiram, gula, garam, merica, aduk rata..  Masak hingga sayuran dan mie matang. Koreksi juga rasanya.
  4. Campur telur orak-arik tadi ke mie yang sudah matang. Hidangkan dengan pelengkapnya.

Note: 

  • Jika ingin membuatnya untuk anak sekalian (tidak pedas) bisa diakali dengan cabe direbus dulu baru diulek, setelah mie matang dan diambil jatah buat anak, masukkan cabe yang diulek tadi (kan sudah matang), bisa ditambahkan juga kecap, gula, garam lebih banyak. Jadi anak dapat mie yang tidak pedas dan gula-garam sedikit.
  • Untuk telur orak arik bisa juga langsung dicampur setelah bumbu ditumis, terserah aja tapi biasanya bumbunya jadi nempel ke telurnya. Karena saya pakai wajan besi yang suka lengket kalo ada telur orak arik jadi saya pisah. Membuat mienya pake wajan besi biar kaya abang-abang, nah telur pake teflon.

image8

Jadi juga deh ini mie goreng, walaupun pake acara adonan telur yang mau digoreng ketumpahan air kran dan akhirnya telurnya kebuang 1 gara-gara mau misahin air dan adonan telur.

Selamat makan.. いただきます。。

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Tokyo, 14 September 2016 Pk. 09.17. 24 derajat, mendung..

Advertisements

One thought on “Mie Goreng ala Abang-Abang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s