Bermain dan Melihat Kebun Binatang Mini di Arakawa Yuen

Selain ingin mencicipi Ramen Ouka di Shinjuku, tujuan utama kami di hari itu juga nyenengin anak. Udah lama kami gak mengunjungi arena bermain anak-anak seperti aquarium atau kebun binatang,seringnya ke koen atau jidoukan.

Jalan-jalan ke Arakawa Yuen ini sebenernya tidak sengaja. Ketika masuk ke stasiun subway saya mengambil  brosur Chika Toku, disana terlihat ada amusement park ( dan kebun binatang mini) yang biaya masukny gratis kalau pakai one day pass subway (Toei, Tokyo Metro, atau keduanya), selain itu akses ke Arakawa Yuen ini juga menggunakan Toden Arakawa Line (semacam streetcar), yang kebetulan juga di cover oleh Toei day pass seharga 700 yen ( selain mengcover Toei Subway, Nippori Toneri Liner dan Toei Bus). Lumayan juga, gratis tiket masuk dan tak perlu keluar biaya lagi untuk menuju ke sana karena semua sudah tercover Toei one day pass. Alhamdulillah.. Kami memang hobi pake Toei one day pass :D, karena rumah kami di jalur TOEI.  Tentang one day pass di Tokyo bisa dibaca dipostingan saya yang ini.

Akhirnya kami memutuskan dalam waktu singkat, kita akan ke sana dulu baru setelah itu makan ramen…Lets Go…  Tentang Chika Toku bisa dibaca disini  atau mengambil brosurnya  yang kayaknya memang ada di hampir semua stasiun subway. Chika toku ini menawarkan beberapa keuntungan seperti diskon di restoran tertentu, gratis/diskon tiket masuk atau mendapat hadiah tertentu saat ke tempat tertentu (misal ueno zoo) semua tertulis di brosur itu.

Kami menuju stasiun Nishi Sugamo, untuk kemudian menaiki Toden Arakawa Line yang bentuknya semacam streetcar. Kami juga pernah menaiki kendaran ini waktu mengunjungi Mont Moiwa di Sapporo, なつかしいね.

Stasiun Toden Arakawa line ini terpisah jadi kita harus keluar dahulu dari stasiun subway, atau JR. Lalu menuju salah satu stasiun Toden Arakawa Line sesuai arah tujuan yang diinginkan. Seperti di foto, stasiunnya kecil-kecil dan hanya seperti pemberhentian bus saja. Tiket naiknya seharga 170 yen untuk dewasa (165 yen jika pakai IC atau pasmo),  kalau sudah menggunakan Toei one day pass seharga 700 yen  cukup tunjukkan kartunya ke pak supir. Silakan lihat disini untuk akses/ transfer ke salah satu stasiun Toden Arakawa Line dari stasiun subway atau JR terdekatmu.

image
salah satu stasiun Toden Arakawa Line, Toden ini semacam streetcar

Arakawa Yuen terletak di stasiun Arakawa Yuenchimae, Toden Arakawa line. Jalan sekitar 5 menit dari stasiun. Merupakan salah satu arena permainan anak-anak, mirip pasar malam hehehe… ada berbagai macam permainan seperti kereta-keretaan, kincir angin, roller coaster mini, mandi bola, komidi putar, dan berbagai mainan yang mebutuhkan  1-2 koin 100yen agar bisa berputar/menyala. Oiya, untuk masuk ke Arakawa Yuen ini sebenernya berbayar yakni 200 yen untuk dewasa, 100 yen untuk anak (lupa dari usia berapa). Tetapi karena menggunakan tiket one day pass kami pun tak perlu membayar tiket masuknya lagi alias gratis, tinggal menunjukkan tiket one day passnya saja.

image
muka ngantuk 

Setelah masuk, kita bisa memilih mau main permainan apa, dan hanya membayar wahana yang mau kita naiki saja, rata-rata 100 yen/1 ticket anak (>2 tahun), sedangkan dewasa yang ingin ikut naik memerlukan 2 ticket jadi 200yen (per dewasa). Kita juga bisa membeli paket hemat seperti 500 yen untuk 6 tiket atau 1000 yen untuk 12 tiket, dsb.  Selain permainan yang membutuhkan tiket, ada juga permainan yang cukup memasukkan koin 100 yen (1-2 buah , tergantung permainannya).

image
beberapa permainan yang ada di sana, gambar tiket untuk naik  berbagai wahan (yang ditengah)

image

Ternyata Arakawa Yuen ini tempat yang sangat menyenangkan buat anak-anak ya termasuk anak kami, seneng banget sampe gak bisa diem, grasak grusuk kesana kemari apalagi banyak anak-anak seusianya.

Selain permainan, di Arakawa Yuen ini juga ada kebun binatang mini yang isinya sapi, kuda, kambing, kura-kura, hamster, macam-macam jenis burung, monyet. Kita juga boleh memegang hamster gede-gede yang ada di sana secara gratis. Di sini kita bisa membawa bento karena disediakan tempat duduk dan meja untuk pengunjung makan, walaupun ada juga toko makanan ( harus ditanya dulu ya aman dikonsumsi muslim tidak).

Arakawa Yuen ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk wisata edukatif (mengenalkan binatang) dan sekaligus menyenangkan anak dengan harga yang lebih terjangkau, asal gak semua permainan dinaiki hehehe tekor juga itu mah :D.

Tidak sampai 5 menit keluar dari Arakawa Yuen, anak kami sudah tertidur di stroller. Yup, memang ngantuk banget dari tadi tetapi karena senang jadi gak bisa tidur selama di Arakawa Yuen, hehe.. Alhamdulillah misi berhasil..murah meriah untuk ukuran Tokyo.. Apalagi tiket masuk menjadi gratis dan semua tercover Toei One Day Pass 700 yen.

30 Sept 2016, 23.27 JST, 22 derajat C.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s