Sambel Mentah dan Tumis Ayam Paprika Edamame

Ini sebenernya yang masak mas suami hehe, saya cuma ngasih tahu caranya dan finishing. Masakannya simpel, enak dan lengkap gizinya ( ada sayur, protein nabati dan hewani ). Untuk paprikanya pakai paprika Jepang namanya piiman, piiman ini daging paprikany lebih tipis dan ukurannya lebih mini (1/2nya) daripada paprika biasa. Harganya juga lebih murah. Kalau paprika biasa sekitar 100an yen sebuah, piiman 100yen dapat sebungkus isi 5-6 buah. Kalau saya pribadi lebih suka paprika biasa, lebih segar dan enak rasanya.

Tumis Ayam Paprika Edamame

Bahan :

  • Ayam 250 gram, potong dadu kecil-kecil
  • Paprika /piiman 6 buah ( kalau paprika biasa yg besar cukup 3 saja, atau sesuai selera), potong-potong
  • Edamame secukupnya
  • Bawang bombay 1/4, iris tipis
  • Gula, garam, merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air 100ml atau secukupnya
  • Katakuriko/maizena 1/2 sdm yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :

  • Rebus edamame hingga matang, tiriskan, buka kulitnya dan ambil isinya.
  • Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ayam, masak hingga ayam matang dan empuk. Tambahkan air sedikit. Jika ayam belum empuk, tambahkan air lagi, begitu terus hingga ayam empuk.
  • Setelah ayam empuk, masukkan paprika, masak sebentar lalu masukkan edamame.
  • Tambahkan gula, garam dan merica kemudian katakuriko/maizena yang sudah dilarutkan air sekedar untuk mengentalkan tumisan. Koreksi rasanya.

image

Selain resep simpel tadi, saya mau share juga tentang sambal mentah ala bapak saya yang gak kalah simpelnya. Dulu bapak saya sering banget bikin sambel ini, enaaak banget, makan jadi lahap dan pengen nambah terus. Kata bapak si dulu diajarin sama mbah juga. Bahannya cuma cabe keriting, sedikit bawang putih, gula merah, dan garam. Takarannya tergantung selera saja.

Kalau bapak saya yang buat, cabe dan bawang putihnya memang mentah lalu setelah jadi ditambah minyak panas-panas bekas menggoreng, sedangkan  cara saya bawang putih dan cabe direndam sebentar saja di air panas lalu setelah jadi ditambah minyak baru ( dituang dari kemasannya langsung, bukan bekas pakai dan tanpa dipanaskan ) jadi lebih sehat aja, jarang-jarang kan makan minyak tanpa dimasak 😄😁. Mau pakai cara yang manapun tetep enaaak kok.

Sambel Mentah ala Bapak

Bahan :

  • Cabe keriting 5 buah ( sesuai selera aja )
  • Bawang putih ukuran kecil 1 siung atau 1/2 siung jika ukuran besar
  • Gula merah/ jawa, garam secukupnya
  • Minyak goreng ( boleh minyak panas bekas menggoreng atau minyak baru tanpa dipanaskan – optional )

*biasanya saya juga menambahkan gula pasir , gula merah tetap pakai karena bikin rasanya khas.

Cara Membuat:

  • Cuci bersih cabe dan bawang putih. Atau rendam di air panas sebentar (optional)
  • Ulek keduanya, tambahkan gula merah dan garam, ulek hingga semua tercampur.
    Setelah sambel jadi, tambahkan minyak.

imageMudah, simpel tapi enak.  Oiya, sekalian mau upload foto masakan my lovely husband tanggal 29 Okt kemarin. Pagi-pagi sebelum ke kantor mas suami udah masak dengan lengkap 4 bintang sekalian cemilan karena istrinya yang memang lagi harus banyak istirahat alias bedrest. Ada nasi, telor dadar, tumis tahu sawi putih, muffin pisang jumbo. Di tambah es teller dan sambel mentah sisa makan malam yang dibuat oleh my lovely husband juga 😁. Arigatou mas..

image

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Tokyo, 02 Okt 2016, 11.19 JST, mentari cerah ceriah, 25 derajat

Advertisements

2 thoughts on “Sambel Mentah dan Tumis Ayam Paprika Edamame

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s