Pisang Bolen Simpel dan Ekonomis

image

Pisang bolen ini salah satu cemilan favorit suami. Biasanya saya membuatnya menggunakan kulit puff pastry instan halal yang dibeli di gyomu supa. Tetapi hari ini mem-pede-kan diri membuat kulit bolen sendiri setelah berkali-kali melihat postingan bolen salah satu teman di FB yang juga sering saya intipin cookpadnya ( makasih mbak 😊).

Resep yang saya gunakan ini nampaknya sudah terkenal banget di grup FB NCC, tetapi saya malah pertama kali tahu dari cookpadnya mbak Diah (telat bangeet deh saya :D), akhirnya googling, bloging, dan  banyak banget yang pakai resep ini ternyata. Resepnya memang simpel dan ekonomis, walaupun membutuhkan tenaga dan waktu untuk menggiling-gilingnya.

Cara membuat kulit bolen ini jika diperhatikan memang sangat mirip ketika membuat bakpia. Ada 2 adonan yang kemudian ditumpuk untuk berulang digiling/gilas-lipat, karena itu kami ( iyaaa kami 😁, bikinnya bareng mas suami, mumpung tanggal merah ) menggunakan cara simpel yang juga sering kami pakai dalam membuat bakpia untuk diaplikasikan ke kulit bolen ini, yakni menggilas-lipat amplop adonan langsung dalam jumlah besar ( bisa dibagi 2-3 kali jika adonan terlalu banyak misal >500 gram atau tenaganya gak kuat) baru membaginya kecil-kecil. Cara ini lebih cepat tetapi membutuhkan tenaga lebih besar karena sekaligus ( detail cara ini silakan baca pada bagian NOTE). Sedangkan cara lainnya yang nampaknya banyak dipakai orang yaitu membagi adonan menjadi kecil-kecil terlebih dahulu lalu menggilas-lipat amplop per-adonan kecil. Silakan saja mau pakai cara yang mana, dochi demo ii yo 😁.

Resep  asli silakan lihat disini : Pisang Bolen Sajian Sedap

Pisang Bolen 

Bahan A :
Tepung terigu protein tinggi 100 gram
Minyak goreng 1 sdm
Margarin 75 gram

Bahan B :
Tepung terigu protein tinggi 200 gram
Margarin 75 gram
Air 80 ml
Gula pasir 30 gram

Isian :
Pisang, keju, coklat ( optional)

Olesan :
Kuning telur 1 buah

Cara Membuat :

  • Campur bahan A, bulatkan dan diamkan 10 menit.
  • Campur bahan B, bulatkan dan diamkan 15 menit.
  • Bagi adonan A dan B masing-masing menjadi 16 bagian.
  • Gilas/giling bahan B memanjang/ melebar kotak, taruh adonan A diatasnya lalu lipat seperti melipat amplop. Giling lalu lipat lagi seperti amplop, giling lagi lalu lipat seperti amplop (total 3-4x).
  • Lakukan cara tersebut pada 16 buah adonan tadi. ( untuk cara lebih cepat ada di bagian NOTE )
  • Bulatkan kembali adonan yang sudah di gilas-lipat tadi, jadi total ada 16 adonan yang siap untuk diisi. Diamkan 15 menit.
  • Gilas kulit bolen hingga membentuk segi empat, isi dengan pisang, keju atau coklat ( sesuai selera ). Lipat seperti amplop, rapatkan agar isi tidak keluar.
  • Panaskan oven, panggang bolen disuhu 180 derajat hingga matang setelah sebelumnya diberi bahan olesan. ( kalau saya setelah agak setengah matang baru dioles bahan olesan)

NOTE :
Cara simpel dan cepat :
Gilas adonan B membentuk persegi, taruh adonan A, lipat membentuk amplop. Gilas kembali, lipat membetuk amplop, gilas, lipat membentuk amplop, gilas (total 3-4x gilas-lipat). Bagi dan bulatkan adonan menjadi 16 bagian ( saya timbang 34-35 gram agar ukuran sama). Adonan siap diisi. Kalau kami tentu saja lebih suka dan sering menggunakan cara simpel dan cepat ini, walaupun agak pegal karena menggilas-lipat adonan dalam jumlah besar.

image

Tokyo, 10 Okt 2016, 13.45 JST, 18 derajat, hari libur nasional di Jepang ( health and sport day)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s