Matcha Brownies

imageSemalam tiba-tiba teringat masih punya matcha powder yang lumayan banyak *random thought banget wkwk. Pagi-pagi saya cek, eh ternyata kadaluarsanya tinggal 2 bulan lagi. Langsung segera cari resep dan terpilih lah matcha brownies yang membuatnya mudah dan tak perlu mixer.

Matcha brownies ini jenis cemilan yang pastinya manis banget, ada gula dan white chocolate. Untuk menyiasatinya saya membuat aturan yang akhir-akhir ini biasa saya terapkan untuk brownies (atau coklat cake), yakni tidak boleh memakannya langsung habis dalam sehari, walaupun berat bener godaan buat buka kulkas hohoho. Jadi dipotong-potong kecil, taruh frezer dan taraaa…frozen matcha brownies..

Resep matcha brownies ini saya lihat di sini, tetapi step by step –nya (cara membuat) sedikit beda.

Matcha Brownies

Bahan :

  • Telur 2
  • Unsalted butter 40 gram
  • Coklat putih yang di potong-potong kecil (agar mudah leleh ) 90 gram (saya 80 gram)
  • Gula pasir atau brown sugar 50 gram
  • Tepung terigu 50 gram
  • Matcha atau greentea bubuk 1,5 sdm ( saya pakai ryoucha )
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Chocolate chip (saya ganti almond )

Cara Membuat :

  • Lelehkan butter dan coklat putih (saya di teflon, bisa juga ditim atau microwave)
  • Ayak tepung terigu, matcha bubuk dan baking powder, sisihkan.
  • Aduk rata gula dan telur menggunakan whisk atau garpu hingga gula larut, masukkan lelehan butter dan coklat putih yang sudah tidak terlalu panas ( kalau terlalu panas nanti telurnya matang  ).
  • Tambahkan tepung, matcha dan baking powder yang sudah diayak tadi. Aduk rata.
  • Tuang ke cetakan yang sudah diberi baking sheet, taburkan almond atau chocolate chip.
  • Panaskan oven suhu 160 – 180 derajat (tergantung oven), panggang hingga matang.
  • Potong-potong ukuran kecil, matcha brownies siap dihidangkan atau masukkan freezer jika ingin membuatnya menjadi frozen matcha brownies

Tokyo, 12 Okt 2016, 14.59 JST, cerah 21 derajat.

image

Update :

Sekarang saya lebih suka pakai cara ini, lumayan menghemat cucian piring ( mirip cara di resep asli, hanya saya pakai panci bukan microwave ) :

  • Margarin/butter lelehkan dipanci atau bisa juga di tim/ double boil ( dibawah panci tempat melelehkan margarin, ada panci dengan ukuran lebih besar yang berisi air ), masukkan coklat putih dan gula aduk rata. Matikan api. –> atau bisa juga langsung margarin/ butter, coklat putih dan gula taruh panci, masak dengan api kecil hingga leleh dan semua rata ( hati-hati gosong ), lalu matikan api.
  • Panaskan oven suhu 160 derajat ( tergantung oven ).
  • Jika adonan sudah tidak terlalu panas, tambahkan telor. Aduk rata.
  • Masukkan tepung terigu, baking powder dan greentea ( langsung diayak diatasnya ), aduk rata.
  • Tuang ke loyang yang sudah dialasi baking paper, beri topping, panggang hingga matang.

 

Leave a Reply

