Teriyaki Saba (Mackerel)

Saba dan sanma, dua jenis ikan yang cukup populer di Jepang. Namanya mirip, sama-sama disebut mackerel dalam bahasa Inggris tetapi bentuk, rasa dan harganya cukup berbeda. Sanma (mackerel pike atau pasific saury), salah satu ikan yang banyak di musim gugur dan awal winter ini berbentuk panjang dan kurus. Durinya cukup banyak dan harganya bisa dibilang murah sekitar 100an yen kalau di supermarket dekat rumah saya (Tokyo) bahkan di Sapporo pernah ada yang harga 60an yen seekor. Iyaa di Sapporo lebih murah karena ikan sanma ini tangkapannya kebanyakan dari Hokkaido atau Aomori. Saya pribadi kurang suka ikan sanma, selain karena durinya banyak dan kecil-kecil, rasa dan baunya juga amis. Tetapi mas suami suka dan sering request untuk masak sanma.

Sedangkan saba (saba mackerel), ikannya lebih besar, dagingnya lebih tebal, durinya besar-besar, dan harganya juga lebih mahal, 300-400 yen seekor tergantung dari mana tangkapannya berasal, semakin jauh dari Tokyo makin mahal ( kalau belinya di supermarket Tokyo). Saya jarang beli saba karena harganya yang cukup mahal ini, tetapi kemarin ketika berburu diskonan separuh harga di supermarket (hampir seluruh supermarket di Jepang ada sistem diskon separuh harga untuk seafood, makanan jadi, dsb menjelang malam setiap harinya ) menemukan ikan saba seharga 189 yen saja ( diskon 50% ), langsung comot deh seekor.

image
hasil berburu diskonan, 2 pack hotate (kerang), 1 pack udang dan 1 ekor ikan saba yang sudah dibelah 2 dan dibersihkan isi perutnya tetapi masih ada durinya

Ikan saba ini saya masak ala-ala Jepang yang simpel, inginnya ditambah juga kedelai rebus yang kebetulan ada di kulkas tapi malah kelupaan. Selain simpel, saya juga suka resep ini karena saus teriyaki yang menyerap ke ikan membuat bau dan rasa amis ikan saba hilang ( setelah digoreng rasa dan bau amis ikan saba masih ada walaupun tidak seamis sanma, menurut saya ini lho ya 😁).

Resepnya lihat di  https://washoku.guide/recipe/1574789, dimodifikasi sesuai dapur Fenda ( mirin dan sake diskip). Oiya, ikan bisa diganti dengan ikan lain seperti sanma, aji ( japanese horse mackerel ), salmon, tuna, dan sebagainya.

Teriyaki Saba ( Mackerel )

Bahan :

  • Ikan saba 1 ekor,  fillet dan buang durinya lalu potong-potong (saya bikin 6 potong )
  • Katakuriko/ potato starch ( bisa diganti maizena, sagu atau tapioka)
  • Minyak (sedikit) untuk menggoreng
  • Daun bawang ( optional )

Saus teriyaki :

  • Shoyu 2-3 sdm ( bisa diganti kecap asin )
  • Gula 2 sdm
  • Air 2-3 sdm

Cara Membuat :

  • Lumuri ikan saba  dengan tepung.
  • Goreng ikan hingga matang, sisihkan.
  • Di wajan anti lengket, campur semua bahan saus, masak hingga mengental dan mendidih. Masukkan ikan, bolak balik hingga kedua sisi rata dengan saus.
  • Ikan siap dihidangkan.
image
teriyaki saba with rice and kimpira gobo

Alhamdulillah pertama masak ini, mas suami langsung suka bahkan bilang teriyaki saba jadi salah satu lauk favoritnya *istrinya langsung mesem mesem kegirangan 😁😁

Yuk dicoba teman-teman..

Tokyo, 15 Okt 2016, 21.42 JST, 17 derajat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s