Buah Kaki (Japanese Persimmon), Buah Musim Gugur

Di musim gugur ada buah yang dinanti banyak orang, yakni buah kesemek tanpa bedak alias si buah kaki (japanese persimmon). Buah ini biasanya muncul pada bulan September hingga November, paling banyak berasal dari Perfektur Wakayama. Buah kaki yang matang berwarna oren, rasanya sangat manis, dan empuk. Sedangkan buah kaki yang lebih muda berwarna kuning-oren-kehijauan, rasanya juga manis (manisnya pas untuk saya, tidak semanis yang matang) , kriuk-kriuk, dan enak dibuat rujak. Harga buah kaki beragam, berkisar antara 85-120an yen perbuah. Harga  ini bergantung dari ukuran, tingkat kematangan ( dari pengalaman kemarin buah kaki yang matang/ oren cantik lebih mahal daripada yang muda) dan tentu saja dimana buah itu di jual.

Alhamdulillah di supermarket dekat rumah ada yang menjual buah kaki muda seharga 60-65 yen perbuah ( harga diskon ), tentu saja kesempatan membeli buah kaki murah ini tidak kami sia-sia kan. Awalnya membeli 2, lalu 4, dan 8, total 14 buah hehe.. Tadinya mau beli lagi, karena buah kaki di rumah cepat sekali habisnya, sehari bisa dimakan beberapa buah *doyan apa laper :D. Namun belum rejeki, harganya sudah menjadi 85 yen perbuah. zannen.

Beberapa hari kemudian, Alhamdulillah menemukan buah kaki murah lagi seharga 299 yen ( belum pajak ) untuk 1 pack berisi 6 buah di gyomu supa, langsung kami beli 2 pack. Seminggu kemudian membeli lagi 1 pack isi 5 seharga 299 yen ( belum pajak ) di gyomu supa juga.

image
buah kaki yang muda (warna kuning, oren kehijauan) rasanya kriuk kriuk, kalau didiamkan beberapa hari jadi lebih empuk/ matang tetapi gak sampe didiamin lama-lama juga udah abis dimakan hehehe
image
buah kaki (matang) di supermarket dekat rumah, 85 yen/buah ( 120an yen kalo gak diskon atau ukuran lebih besar ) atau 397 yen (belum pajak) 1 pack isi 6 (kecil)

Sejujurnya saya lebih suka buah kaki yang muda, selain harganya lebih murah, rasa manisnya juga pas, dan kriuk-kriuk. Namun untuk si Kakak nampaknya buah kaki yang matang jauh lebih memudahkan untuk dikunyah ( karena lebih empuk ).

Solusi jika menyukai buah kaki yang matang, bisa membeli buah kaki yang muda ( cari yang murah meriah ) lalu didiamkan beberapa hari di rumah sampai buahnya empuk dan berwarna oren, tetapi godaan berat untuk gak memakannya lho… Tahun lalu saya juga membeli buah kaki yang matang dengan harga murah meriah di akhir musim buah kaki, belinya di supermarket murah meriah alias gyomu supa.

Ntah kenapa tahun ini saya sukaaaa sekali dengan buah kaki yang ternyata juga jadi favorit banyak orang. Padahal 2 tahun lalu saat pertama kali mencobanya saya tidak terlalu suka, setahun kemudian baru mulai suka dan tahun ini selain menunggu-nunggu jadi bolak balik membelinya. Tentunya membeli yang murah meriah hehe, karena sudah beberapa kali beli seharga 60-70 yen perbuah, begitu melihat harga lebih dari itu jadi sayang-sayang mau beli *emak irit*, padahal harga rata-rata buah kaki ya memang sekitar 85 yen ke atas.

Selain buah kaki, ada ubi ungu juga di musim gugur ini bahkan ada es krim ubi ungu. Rasa eskrim ini menurut saya manis seperti whip krim dan krim keju saja, tentu saja enak tetapi kok saya gagal ya merasakan ubinya hohoho

image
saat kami membelinya, ingredient ( yang tertera dikemasan) es krim ini aman tetapi karena ingredient bisa saja berubah-rubah sehingga tidak bisa menjadi patokan –> harus dibaca lagi ingredientnya setiap mau beli

 

Fenda and Kholil

Tokyo, 18 Oktober 2016, 09.12 JST, 21 derajat C

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s