Mudik Bersama Asiana Airlines

Alhamdulillah.. Tahun ini kami mendapat rejeki mudik ke tanah air. Setelah melewati masa-masa taihen 2 bulan sebelumnya, mudik menjadi hal yang saya nantikan, walaupun mudiknya hanya sebentar.

Sekitar sebulan sebelum mudik, kami mencari maskapai full service yang murah dan juga nyaman. Saat itu, maskapai direct yang paling murah adalah Garuda Indonesia sekitar 56-57ribu-an yen/ dewasa, 6ribu-an yen/bayi. Sedangkan maskapai transit yang murah ada China Airlines (maskapai Taiwan) 38ribu-an yen/ dewasa, Air China, China Southern dan Asiana Airlines ( 44ribu-an yen/ dewasa, kelas W ). Akhirnya kami memilih Asiana Airlines, pertimbangan dari segi harga, bandara dan lamanya transit, kenyamanan, biaya cancel dan reshedule termurah, dsb. Walaupun sampai di Jakarta sekitar jam 10an malam.

Maskapai Asiana Airlines merupakan salah satu maskapai bintang 5 ala Skytrax bersama Garuda Indonesia, ANA, Qatar Airways, Cathay Pasific Airways, Hainan Airlines, Eva Air, Etihad Airways, dan Singapore Airlines di tahun 2016 ini (lihat disini). Harga tiket sebenarnya tidak murah jika memesan  saat peak season atau dekat-dekat hari keberangkatan. Saya pernah menemukan harga tiket Asiana Narita – CGK, 38-40ribu yen/ dewasa sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan atau saat low season.  Oiya, anak kami yang berusia

Karena masalah nama yang kepanjangan, setelah memesan di websitenya kami pun segera menghubungi call center Asiana lewat telpon, untuk membantu mengedit nama yang kami singkat saat pemesanan online lewat website, setelah nama benar baru kami membayar lewat kombini ( minimarket ). Beberapa hari kemudian kami telpon lagi untuk memesan moslem meal (MOML) dan meminta eticket yang sebelumnya dikirim ke email tetapi eror ( tidak bisa didownload). Sayangnya bayi gak dapat baby halal meal, jadi hanya dapat 2 MOML kecuali saat penerbangan dari CGK-Incheon si bayi dapat baby meal ( halal).

Pelayanan saat check in

Kami berangkat pagi-pagi dari rumah karena jam 9 pesawat take off. Tiba di bandara, kami menuju counter check in dan terlihat antrian panjang untuk check in kelas ekonomi. Alhamdulillah ada bayi, jadi selama 4x penerbangan kami diperbolehkan check in lewat antrian kelas bisnis ( duduknya si tetap kelas ekonomi hehehe) atau gold card yang antriannya cuma sedikit. Selama 4x penerbangan itu pula kami selalu diberikan nomor kursi ekonomi paling depan ( hotseat ) yang pastinya legaaa banget space buat kakinya dibandingkan kursi ekonomi dibelakang kami. Karena lega anak juga bisa ngedeprok main dibawah, jadi gak bete dipangkuan.

Pesawat yang digunakan

Untuk penerbangan dari Narita-Incheon dan Incheon-Narita, pesawat yang digunakan A321-200 yang konfigurasi tempat duduknya 3-3, sedangkan dari Incheon-CGK dan CGK-Incheon menggunakan A300-330 konfigurasi tempat duduknya 2-4-2.

Kami diberikan nomor kursi ekonomi terdepan, jadi space kaki sangat lega. Karena terdepan juga jadi layar dan mejanya  model seperti itu.
Kelas ekonomi Asiana Airlines A321-200
Incheon-CGK, konfigurasi tempat duduknya 2-4-2. Ini foto kursi ekonomi di belakang kami, kalau kami dapat tempat duduk di bangku terdepan kelas ekonomi (hotseat, space lebih lebar dari belakangnya) tetapi gak dekat jendela, 10 C- D.
Waktu penerbangan CGK-Incheon, kami dapat no 10 A dan 10 B tetapi spacenya lebih gede dibanding hotseat sebelumnya, selain itu tipe layarnya juga seperti ini. Alhamdulillah.

Ketepatan Waktu

Cukup ontime, walaupun sempat ada reschedule 2 kali untuk jadwal penerbangan Incheon-Narita, dari waktu keberangkatan pk.10.00 menjadi pk.11.00 lalu 1 hari sebelum jadwal pulang, direschedule lagi menjadi pukul 12.40 ( pemberitahuan lewat email ). Saat penerbangan CGK-Incheon, kami juga sempat menunggu agak lama di dalam pesawat sebelum si pesawat berangkat.

Inflight Meal ( Moslem Meal )

Kami pikir akan makan kare terus karena pilihan MOML sering kali disajikan makanan ala India ( kare, biryani ). Alhamdulilah variasi walaupun ada 2 menu yang sama. Rasanya enak dan kenyang, walaupun pas penerbangan dari Incheon-Narita, makanannya ada yang gosong dan sayurnya terlalu empuk. Untuk pilihan minumnya ada air putih, jus jeruk, jus tomat, teh, kopi (ada creamer dan gula sachset di set menu makan yang diberikan) dan coca cola ( ada sprite dan bir juga kayaknya ). Bebas minum sepuasnya hehe..tapi  sayang gak ada jus apel.

Narita-Incheon
Menu breakfast : nasi putih (biryani rice), kare ayam, buncis, buah (nanas, lupa apalagi), salmon, ayam, dapat saos pedas korea dan airputih. Disajikan dengan box kertas, pisau, garpu dan sendok plastik.

Incheon – CGK
Menu dinner : ubi ? ( gak tau namanya, mirip ubi tetapi gak manis), buncis, ayam saus jeruk dan ada jeruknya, paprika, roti-butter, buah, udang mayonaise.
Disajikan dengan nampan dan alat makan (bukan kertas), pisau garpu sendok juga bukan plastik.

Cemilan : Roti isi sayur ( tomat-timun )image

CGK-Incheon
Cemilan ( diberikan sekitar 1-2 jam setelah take off ) : roti burger isi ayam dan sayur ( hehe kurang ada rasanya, untung bawa saus sambal sachset dari rumah )

Menu breakfast ( diberikan sekitar 2 jam sebelum pesawat mendarat ) : nasi uduk/gurih, ayam kecap, telor, roti, butter, buah nanas, pepaya dan semangka, yogurt. Disajikan dengan nampan dan alat makan, pisau, garpu, sendok bukan plastik.

baby meal apel-mangga dan turnip-carrot-sweet potato ( tingkat kehalusan untuk anak usia 6 bulan, mirip jus tapi pekat)

Incheon-Narita
Menu lunch : sama dengan menu dinner Incheon-CGK, hanya tidak ada roti dan butter. Dihidangkan dengan box kertas, pisau, sendok dan garpu plastik.

gosong sedikit atasnya

Mainan untuk anak
Maskapai full service biasanya menyediakan mainan juga buat anak. Nah, selama 3x penerbangan kemarin saya lihat mainannya sama terus, mainan bongkar pasang, hehe tapi 2 penerbangan terakhir gak dikasih karena anak lagi tidur. Mudah-mudahan mainannya lebih variasi kedepannya.

This slideshow requires JavaScript.

Inflight Entertainment

Ada pilihan film dewasa, anak, mainan, musik dan flight exercise. Remote dan tombol agak lambat responnya, menu film saya kurang suka ( ini mah subjektif yak) dan kebanyakan subtitle film holywood bahasa Cina atau bahasa lain ( bukan Inggris ) ya walaupun soundnya Inggris sih, tetapi karena pesawat rada bising ( meskipun udah pake headset ) dan Inggris saya pas-pas-an jadi selalu nyari yang subtitle Inggris juga.

Lain-lain

Hanya disediakan selimut dan bantal selama longflight, sedangkan sendal dan sikat gigi- odol tidak disediakan. Pengalaman saat menaiki korean air (7 jam penerbangan) disediakan selimut, bantal, sendal dan sikat gigi-odol dalam satu set. Padahal korean air maskapai bintang 4 versi skytrax. Selain itu kami juga gak menemukan colokan buat ngecharge, kecuali pada penerbangan Narita-Incheon, ntah memang tidak ada atau kami tidak tahu ( karena gak nanya ke pramugarinya ). Kita juga boleh minta penutup mata buat tidur ke pramugarinya.

Selama penerbangan pramugarinya juga ramah, sigap dan cepat waktu kita minta minum, beberapa kali nanya apa kami butuh tempat tidur bayi ( butuh tapi gak muat , bayinya lebih panjang dari tempat tidurnya), nanya kenapa/ butuh sesuatu pas anak kami nangis-nangis, dan diberikan kursi dengan space kaki lega selama 4x penerbangan.

Kesimpulan :

Meskipun ada 2x reschedule, sempat dipermasalahkan soal first name dan last name saya yang kata “mesin” terbalik (oleh petugas Asiana di bandara Narita) yang rada bikin stres karena sampai disuruh tanda tangan kalau-kalau nanti di Indonesia dipermasalahkan dan tiket hangus ( karena nama terbalik ), nyatanya oleh petugas di bandara CGK gak dipermasalahkan serta makanan yang agak gosong waktu flight Incheon-Narita.. Overall, dengan harga tiket segitu kami cukup puas dengan pelayanan Asiana Airlines.

Bonus pemandangan indah selama di pesawat, Subhanallah..

This slideshow requires JavaScript.