Super Fudgy Brownies dan Oven Toaster Kesayangan

Brownies menjadi salah satu resep yang suka bikin saya maju mundur, mengingat tingginya kalori, kadar gula dan pastinya biaya hohoho.. Kali ini pilihan jatuh pada super fudgy brownies, brownies dengan tekstur fudgy, moist dan super nyoklat.

Membuat super fudgy brownies sebenernya cukup mudah, walaupun kemarin hasil brownies saya agak berantakan dan ketinggian karena tak punya loyang brownies ( saya pakai loyang bulat ukuran 18 cm ). Selain itu shiny crustnya kurang muncul padahal oven sudah saya panaskan terlebih dahulu. Gak apa-apa deh yang penting rasanya enaaak dan mas suami seneng.

image
Abaikan bentuk yang berantakan dan ketinggian.. brownies super nyoklat, chewy, moist, enaaak.. super fudgy brownies 😋

Brownies ini tentunya saya panggang menggunakan satu-satunya oven yang ada di rumah, si oven toaster kesayangan yang dibeli 2,5 tahun (Feb 2014). Hadiah dari mas suami biar tambah rajin bikin kue. Oven ini belinya di toko dekat Sapporo Eki ( lupa namanya haha) yang gak terlalu jauh dari rumah (15-20 menit kana ) sekalian jalan-jalan berdua, menikmati salju yang masih menumpuk..

Waktu memilih dan membeli oven ini saya pikir ini oven listrik, ternyata yaa ini toaster hehehe fokus buat manggang roti toast😁, tetapi memang bisa dibuat memanggang yang lain kalau di baca dari buku petunjuk dan tulisan di ovennya. Yang pasti saya puas kalau bikin roti bakar di oven ini 😋.

Oven toaster ini sumber panasnya dari atas saja dan kalau manggang cake atau cookies harus pakai trik supaya matang sempurna tetapi gak gosong atasnya misal suhunya kecil, loyangnya kecil/ rendah atau menutup atasnya dengan aluminium foil. Waktu awal-awal menggunakan untuk bikin cake, sering tuh gosong atasnya dan belum matang sempurna dalamnya. Tetapi semakin lama dan banyak jam terbang *cielah* mulai sahabat-an dengan si oven toaster apalagi setelah melihat salah seorang teman yang menghasilkan cake dan cookies cantik juga dari hasil oven toasternya, makin semangat deh. Meskipun tentunya banyak keterbatasan oven toaster dalam memanggang kue atau makanan ..tetapi i love my oven toaster,,eh yang beliin juga dong 😘😘

image

Kembali lagi soal super fudgy brownies, resep ini saya lihat di blog mbak Ricke yang diadaptasi dari website Martha Stewart.

Super Fudgy Brownies

( untuk loyang ukuran 22x22x4 )

Bahan :

  • Telur 3 butir
  • Gula 250 gram
  • Coklat batang (DCC) 225 gram, potong kecil-kecil
  • Mentega ( unsalted butter ) 120 gram
  • Tepung terigu serbaguna 130 gram
  • Coklat bubuk 30 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Baking powder 1/2 sdt

Cara Membuat :

  • Panaskan oven di suhu 180 derajat.
  • Campur tepung, garam, coklat bubuk dan baking powder lalu ayak.
  • Lelehkan butter dan coklat, boleh di tim atau langsung di wajan antilengket. Aduk hingga tercampur dan semua bahan leleh. Angkat.
    Tambahkan gula pasir, aduk menggunakan whisk atau mikser kecepatan rendah. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan tepung yang sudah diayak tadi, aduk rata ( jangan berlebihan )
  • Tuang adonan ke loyang yang sudah diberi baking paper atau olesan mentega-tepung ( supaya tidak lengket). Panggang hingga matang ( sekitar 50-60 menit, bisa berbeda tergantung oven, lakukan tes tusuk jika hanya sedikit yang menempel berarti brownies sudah matang )
  • Diamkan dahulu 30 menit, baru potong-potong.
image
kering diluar, chewy di dalam, enaaak, super nyoklat..

Note :

  • Banyaknya coklat dan gula dalam brownies menyebabkan brownies akan lebih mengeras/ padat jika brownies sudah tidak panas, karena itu jaga jangan sampai kematangan (overbaked). Tes tusuk sangat penting dilakukan agar brownies tidak over baked.
  • Jangan langsung diabisini ya, brownies lebih enak setelah diinepin semalam, apalagi kalo cuma berdua yang makan kaya kami bisa-bisa ngerasa bersalah kalau langsung diabisin ( inget kadar gulanya euy hahaha). Jadi brownies ini saya simpan di freezer, supaya gak kalap makannya hehehe
  • Mbak ricke menyarankan untuk menggunakan pisau yang diolesi minyak supaya hasil potongan browniesnya bagus ( rapi dan tidak lengket).

Tokyo, 05 November 2016, pk.09.00 JST, 13 derajat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s