Transit (lagi) di Bandara Incheon, Ngapain yaa ?

Waktu mudik kemarin, kami mendapat kesempatan lagi mampir di bandara Incheon karena menaiki maskapai Asiana Airlines (Baca juga : Mudik Bersama Asiana Airlines), Alhamdulillah :).   Kami memilih transit 5-6 jam untuk perginya dan 1 jam untuk pulangnya (yang seminggu sebelum keberangkatan diresechedule oleh Asiana menjadi 2 jam, lalu direschedule lagi menjadi 3-4 jam ).

image

Per-Mei 2016, gratis visa Korea tidak lagi di berikan untuk penumpang transit tujuan dari dan ke Jepang (punya visa Jepang) sehingga kami tidak bisa lagi menikmati transit tour airport seperti 2,5 tahun lalu ( baca juga cerita Free Tour Transit in Incheon Airport, Korea ) karena memerlukan visa korea.

Saat googling kemarin, saya menemukan info yang menyebutkan kita bisa menggunakan hanbok gratis di bandara Incheon. Tentunya kami sangat tertarik dan berkeinginan mencobanya, tetapi belum rejeki karena Korea cultural experience center yang menyediakan hanbok gratis berada di terminal lain ( berbeda dengan terminal tempat kami transit) yang untuk menuju ke sana diperlukan shuttle train dan setelah bertanya ke beberapa orang termasuk petugas di pusat informasi, mereka mengatakan kami tidak bisa ke sana. Zannen..

imageimage

Kami juga baru tahu kalau bandara Incheon itu terbagi menjadi beberapa area terminal, nah kami ada di terminal tempat Korean air dan Asiana Airlines. Jadi yang kami tulis di sini fasilitas-fasilitas yang ada di terminal tersebut, sedangkan di area terminal lain kami kurang tahu tetapi harusnya gak berbeda jauh ya.

So, bisa ngapain aja selama transit di bandara Incheon (total kami transit PP 9 jam) ?

Free tour transit

Tentunya kami gak bisa ikut karena tidak mempunyai visa Korea. Free tour transit (bayar makan aja) dan free visa Korea bisa didapatkan untuk connecting flight dari dan ke Australia, Selandia Baru, Amerika dan Kanada (baca disini) Untuk penerbangan dari dan ke Jepang tidak ada lagi free transit visa Korea. Tentang free tour transit bisa dilihat disini.

Lihat-lihat, foto-foto dan belanja

Bandara Incheon termasuk bandara yang cukup besar dan bagus, masuk kedalam the world’s 5-Star Airports ala Skytrax bersama  Hongkong, Munich, Singapore dan Tokyo Haneda Airport. Di dalam bandara Incheon ada berbagai toko makanan/ snack, restoran, baju, tas, sepatu, oleh-oleh ( gantungan kunci, magnet) dan sebagainya. Berbagai barang bermerk pun dijual disana seperti hermes, gucci. Pokoknya puas kalau mau cuci mata, asal jangan kalap belanja 😁😁

image

image

Mengunjungi Korea traditional culture experience center

Buat temen-temen yang menyukai hal-hal berhubungan dengan Korea, jangan lupa mengunjungi stand Korea culture experience. Selain menjual berbagai macam benda-benda khas Korea, di sana juga terdapat berbagai kesenian Korea. Di salah satu Korea culture experience ( kami mengunjungi 2 stand Korea culture experience) terdapat kerajinan membuat kalung secara gratis, ada pula parade dan foto bersama orang-orang yang memakai baju Korea di jam tertentu ( waktunya bisa dilihat di brosur transfer guide atau bisa ditanyakan ke petugas informasi ) di stand yang lain. Di terminal lain, ada pula Korea culture experience yang menyediakan hanbook untuk dipakai berfoto secara gratis, sayangnya di terminal tempat kami transit tidak ada fasilitas memakai hanbok gratis ini.

imageimage

image

Mandi di shower room

Bandara Incheon juga menyediakan shower room secara cuma-cuma kepada penumpang transit, hanya tinggal menunjukkan boarding pass saja. Disediakan sampo, sabun, sikat gigi dan handuk. Toilet di bandara Incheon kebanyakan tanpa air/ bidet ( tidak seperti Jepang yang kebanyakan toilet ada fitur bidet ) sehingga shower room juga bisa dijadikan untuk buang air dengan nyaman.

image
Nursery room di dekat rest area (4F)

Tidur-tiduran, internetan dan nonton film di rest area

Lelah? Tinggal kunjungi saja rest area, disedikan kursi untuk istirahat, internetan dan menonton film secara gratis.

image

(Pura-pura) foto di Korean tourist spot (photo event)

Lokasinya ada di rest area juga, dekat tempat istirahat. Di photo event ini kita diminta bergaya lalu akan ada foto dengan latar belakang tourist spot yang bisa dipilih. Tinggal tulis email dan foto akan dikirim ke email kita. Saya pribadi kurang puas dengan hasilnya karena kelihatan sekali editannya haha jadi gak keliatan betulan di tempat itu. Demo (tapi), lumayanlah buat iseng-iseng😁

Kids zone, nursery room dan foto bersama panda

Di sini ada banyak sekali patung panda dalam ukuran besar, selain itu ada kids zone dan ruang menyusui yang tentunya menambah kenyamanan ketika membawa anak atau bayi. Foto nursery room ada di bagian shower room ya.

image
ada banyak kidzone, yang ini dekar gate 24
image
yang ini kidzone dekat rest area

 

 

 Menonton TV dan lihat pesawat di boarding room

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

 

 

 

Sholat di prayer room

image
prayer room di dekat gate 24

 

Semoga bermanfaat

Home sweet home, 05 Nov 2016, Pk.14.35 JST, cerah.. 19 derajat

Advertisements

One thought on “Transit (lagi) di Bandara Incheon, Ngapain yaa ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s