One Day Trip to Hakone ( Autumn Trip )

Hakone, suatu kota di perfektur Kanagawa dan merupakan bagian dari  Fuji-Hakone-Izu National Park ini adalah salah satu tourist spot yang cukup ramai dikunjungi termasuk pada musim gugur ( meskipun kapanpun ramai kata mbak Adek apalagi peak autumn ). Dan Hakone ini juga menjadi salah satu tempat yang ingin kami datangi , bucket list gitulah bahasa kerennya *meskipun pada awalnya saya gak tau Hakone itu apaan 😁😁..

Gimana kesananya ?

Akses menuju Hakone dari Tokyo, bisa menggunakan Odakyu Hakone Highway Bus (Shinjuku-Hakone) atau Odakyu Line atau Romance Car ( Odakyu limited express train ) dari stasiun Shinjuku atau Tokaido-Sanyo Shinkansen ひかり Hikari 503 dari stasiun Tokyo (shinkansen ini sebenernya menuju Shin-Osaka, tetapi kita bisa turun di stasiun  Odawara yang memakan waktu hanya 35 menit kemudian berganti kereta dan melanjutkan ke Hakone yumoto ). Jika menggunakan kereta Odakyu line, kita harus turun dahulu di stasiun Odawara untuk kemudian melanjutkan ke stasiun Hakone Yumoto menggunakan Hakone tozan line ( ganti kereta ) total biaya 1.190 yen, sekitar 1 jam 44 menit. Sedangkan jika menggunakan Romance car, kita tak perlu turun di stasiun Odawara, nanti turunnya langsung  di stasiun Hakone Yumoto, biayanya 2.080 yen, sekitar 1 jam 29 menit. Ada banyak pilihan, tinggal disesuaikan dengan waktu dan budget aja 😊😊

image

Hakone Freepass

Jika berencana menaiki semua moda transportasi (Odakyu line, Hakone tozan line, Hakone tozan railway, Hakone cable car, ropeway,  sightseeing cruise ataupun Hakone tozan bus), bisa menggunakan Hakone freepass atau Fuji Hakone freepass jika berencana trip juga ke Gunung Fuji. Hakone freepass ini bisa dibeli di stasiun Odakyu line seperti Shinjuku atau stasiun di area freepass misalnya Odawara, Hakone Yumoto, dsb. Hakone freepass ini ada yang untuk 2 days pass dan 3 days pass, harganya berbeda-beda bergantung jumlah hari yang diinginkan dan start pointnya tiketnya dimana ( dari Shinjuku kah atau Odawara kah, dsb ). Dengan Hakone freepass ini kita bisa bebas menaiki Odakyu line, Hakone tozan line, Hakone tozan bus ( ada banyak sekali line busnya ), Hakone tozan railway, Hakone cable car, Hakone ropeway, Hakone sightseeing cruise, Hakone tozan ” Kanko Shisetsu-Meguri” bus, Odakyu Hakone Highway Bus ( Shinjuku Hakone line), dan Tokai Bus Orange Shuttle ( Mishima line ). Lebih lanjut tentang Hakone freepass bisa dibaca di Japan Guide atau website Odakyu atau disini.

Seperti yang disebutkan di atas, selain kereta Odakyu line, ada juga Odakyu Limited Express Train atau  Romance Car. Untuk Romance car ini kita harus menambah lagi biaya (selain Hakone freepass) sebesar 890 yen, atau 200 yen (sekali jalan) jika naik dari stasiun Odawara. Romance car ini bentuk kepala kereta agak mirip seperti shinkansen, tetapi tetaplah bukan shinkansen hehehe (tentang Romance car bisa dibaca di sini).

Setelah membaca-baca dan menghitung-hitung, FK pun memutuskan membeli Hakone freepas 2 days di Odakyu Travel yang ada di stasiun Shinjuku seharga 5.140 yen (walaupun sebenarnya kami hanya sehari di Hakone). Oiya buat temen-temen yang sekalian mau ke Gotemba, Hakone freepass ini juga mengcover akses kesana dengan bus, tapi zannen gotemba cukup jauh dari Hakone hehehe

Lebih lengkap map hakone dan jalur yang dicover freepass bisa dilihat disini

Rute Kami :

Dari banyaknya pilihan rute serta moda transportasi (ke, dari dan selama) di Hakone (lihat  gambar di atas), rute yang FK pilih adalah Hakone Round Course (bisa lihat disini ), tetapi tidak mampir ke Moto Hakone dan pulangnya naik bus dari Hakone Machi  ke stasiun Odawara.

Sekitar pukul 8 pagi, kami menaiki Odakyu line dari stasiun Shinjuku kemudian turun di stasiun Odawara untuk kemudian berganti kereta lagi Hakone tozan line ke Hakone yumoto. Tadinya kami memang berencana naik Romance car dari Shinjuku tetapi sayangnya jadwal kereta yang jam 8 tempat duduknya katanya sudah penuh dan dipikir-pikir sayang juga uangnya ( harus nambah lagi 890 yen one way kalau pakai Hakone freepass ) hahaha *jalan-jalan irit mode ON. 

image
Masukkan keterangan

Tiba di stasiun Hakone Yumoto sekitar jam 10 kurang dan sudah banyak antrian *pastinya. Di sini kita akan berganti kereta yakni Hakone tozan railway, kereta yang membawa kita naik gunung lebih tinggi lagi. Hakone tozan railway yang datang setiap 20 menit sekali ini akan berjalan dari stasiun Hakone yumoto ke stasiun Gora, memakan waktu sekitar 37 menit. Selanjutnya di Gora kita akan berganti moda transportasi lagi yakni Hakone cable car sekitar 10 menit hingga stasiun Sounzai. Sepanjang perjalanan dari Hakone Yumoto hingga Sounzai, kita sebenernya bisa berhenti di stasiun manapun kalau ingin berfoto-foto atau mengunjungi tempat tertentu, namun  FK memilih langsung saja menuju Lake Ashinoko… 

image
antrian cable car
image
Hakone ropeway dan antriannya

Dari Sounzai kita akan menaiki Hakone ropeway ke Owakudani (8 menit). Nah di Owakudani ini saat kami kesana sedang ada aktivitas vulkanik sehingga tidak boleh ada aktivitas hiking di daerah ini dan sebelum menaiki ropeway kami pun diberikan medical tissue, jaga-jaga kalau ada yang pusing atau tidak enak badan karena menghirup udara di sekitar Owakudani.

image
this is Owakudani..

Dari Owakudani kita akan menaiki ropeway lagi ( harus turun dari ropeway pertama, tidak bisa langsung) menuju Togendai sekitar 16 menit, tempat naiknya Hakone sightseeing cruise.

Selama 30 menit Hakone sightseeing cruise akan membawa kita menyusuri Lake Ashinoko sampai di Hakone Machi. Banyak juga penumpang yang turun di Moto Hakone ( pemberhentian sebelum Hakone Machi ) untuk melihat Art Museum, tetapi kami memilih tetap di kapal aja sampe tujuan utama Hakone Machi.

image
di Togendai (kalau gak salah inget) ada bebek-bebekan lucu kaya gini
image
sightseeing cruise yang dari jauh terlihat kecil, padahal ada 3 lantai dan pakai lift juga lho
image
ini dia yang harus dinaiki kalau ke Hakone, sightseeing cruise

image

Pulangnya kita bisa kembali dengan rute yang sama atau jika ingin lebih cepat bisa  memilih menaiki Hakone Tozan Bus dari Hakone Machi ke stasiun Hakone Yumoto atau stasiun Odawara (bus Hakonemachi line atau Hakone shindo line). Dengan naik bus Hakonemachi line hanya sekitar 40 menit sampai stasiun Hakone Yumoto atau 1 jam sampai stasiun Odawara, sedangkan Hakone shindo line 25 menit sampai stasiun Hakone Yumoto, atau sekitar 40 menitan sampai stasiun Odawara. Namun karena kemarin macet kami pun baru sampai di stasiun Odawara jam 16.30 sore padahal menaiki bus jam 15.00. Hakone tozan bus ini juga ada yang langsung ke arah togendai ,bahkan kalau kita mau pulang pergi selama di Hakone menggunakan Hakone tozan bus ini juga bisa, tetapi apalah artinya ke Hakone kalau tidak naik Hakone tozan railway, cable car, ropeway dan sightseeng cruise hehehe.. Kalau kata mas suami ke Hakone ya harus naik perahunya,  sightseeing cruise.

Semua transportasi yang kami naiki kemarin bisa menggunakan Hakone freepass dan dihitung-hitung memang lebih hemat sekitar 1000 yen dibandingkan single journey ticket, apalagi jika teman-teman berencana di Hakone selama 2 hari atau ingin ke tempat-tempat berikut ini, katanya bisa dapat diskon…asiiik kan.

Autumn Trip

Saat FK mengunjungi Hakone tanggal 13 November lalu, memang belum peak autumn ( mendekati peak, peak autumn sekitar 20 Nov ), namun dedaunan sudah cukup berwarna warni dan tentunya pengunjung sangat banyak. Kami harus mengantri hampir 30-60 menit setiap berganti moda transportasi ( kecuali Odakyu line, Hakone tozan line, Hakone sightseeing cruise ), lelah dan bosan pastinya 😂 namun senang karena akhirnya sampai juga di Hakone dan mendapatkan pemandangan yang sangat bagus. Suhu di Hakone yang saat itu 7-14 derajat ( tergantung jam ) pun rasanya menjadi tidak terlalu dingin karena matahari yang cukup terik dan ada banyak sekali orang.

warna warni autumn di Hakone

image
ropeway..
image
green, red, orange, white pinky, blue.. very beautiful…
image
beautiful again..
image
green, orange and red leaves..
image
udah warna warnii juga….

image

Fuji-san yeiiiy… kalau cuaca cerah, bisa dilihat waktu naik ropeway ke Owakudani atau pas ngantri ropeway selanjutnya di Owakudani.. Alhamdulillah rejeki.

image
momiji kana…

image

Di jalan pulang kami sempat berpikir harusnya menggunakan rute sebaliknya, yakni berangkatnya naik Bus dan pulangnya baru dengan Hakone ropeway, Hakone cable car, Hakone Tozan Railway karena selalu melihat antrian arah sebaliknya kosong dan tidak mengantri panjang seperti arah ke Lake Ashinoko. Namun bisa jadi jika semakin sore, arah sebaliknya mungkin juga penuh kah? ntahlah.. Dan lagi saat itu semakin sore langit mendung sehingga kami merasa beruntung bisa melihat dan mendapatkan foto Gunung Fuji dan dedaunan warna warni saat cuaca cerah siang harinya. Dari Hakone ini memang kita bisa melihat Gunung Fuji hanya jika cuaca di sekitar Hakone dan Gunung Fuji cerah dan Alhamdulillah saat itu keduanya cerah, kami pun bisa melihat Fuji-san ( Gunung Fuji ) dari dekat walaupun dari beranda apato kami juga keliatan sih..hihi tapi kan beda yaa, yang ini lebih deket..

Alhamdulillah, sampe juga Fenda and Kholil Travelling ( with our lovely daughter ) ke Hakone..

Biaya :

Total pengeluaran trip ke Hakone ini ala Fenda and Kholil Travelling sekitar 12 ribu yen, sudah termasuk 2 tiket Hakone freepas 5.140 yen, ongkos bolak balik rumah (di Tokyo)-stasiun Shinjuku untuk 2 orang dan 1 buah cone ice cream. Kalau makan, kami membawa bekal dari rumah untuk porsi 3x makan ( nasi pakai ayam tepung, rendang manis dan salada, kurang buahnya aja hoho ) sekalian cemilannya, jadi lebih hemat, kenyang, halal dan tanpa ngantri juga..*irit hahaha

Tips :

Nah ada sedikit tips dari FK nih buat teman-teman yang berencana mengunjungi Hakone di musim liburan atau autumn peak :

  • Baca dan pelajari rute selama di Hakone, jujur saja kami baru benar-benar ngeh soal banyaknya rute pas hari H, sebelumnya cuma baca-baca sekilas aja.. Jangan ditiru 😁😁
  • Jika berniat menggunakan semua moda transportasi ( classic round course ) di sana, silakan gunakan Hakone freepass. Meskipun hanya sehari, tetep untung kok menggunakan Hakone freepass 2 days ( karena gak ada Hakone freepass 1 day hehe ). Intinya hitung-hitung dulu aja lebih hemat yang mana, tarif-tarif bisa cek di google.
  • Di musim liburan dan autumn peak harus siap-siap mengantri dan macet yaa. Datang sepagi mungkin, semakin siang semakin banyak orang..*fiuh
  • Saat FK ke sana, ada pengumuman seperti ini.. imageJadi jangan lupa baca setiap pengumuman dengan baik, kalau perlu difoto biar gak lupa yaa.
  • Bawa alas buat sholat karena tidak disediakan tempat sholat
  • Bawa bekal yang banyak apalagi kalau musim dingin (sering lapar), itu sih kami 😁
  • Untuk yang membawa anak bayi atau balita, lebih baik membawa stroller agar anak dapat tidur atau istirahat terutama saat harus mengantri lama sehingga tidak rewel. Kereta, cable car, ropeway, cruise dan bus semua stroller friendly ( untuk bus, strollernya dilipat agar bisa mengangkut banyak penumpang ). Kami sendiri bawa stroller 😊😊.

Fenda and Kholil

Tokyo, 25 Nov 2016, 10.08 JST, cerah, 8 derajat..

Alhamdulillah kemarin turun salju pertama di bulan Nov setelah 54 tahun (baca disini), walaupun saljunya gak numpuk padahal turun dari jam 6 hingga 2 siang, Ntah kenapa suhu tiba-tiba drop dari biasanya 8-12 derajat siang hari, kemarin  jadi 2 derajat.

Advertisements

One thought on “One Day Trip to Hakone ( Autumn Trip )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s