Poffertjes, Pancake Mini ala Belanda

Sudah hampir setahun saya memiliki cetakan takoyaki berbahan besi (untuk masak di kompor), namun sayang penggunaannya kurang dimaksimalkan padahal harganya cukup mahal. Dulu saya membelinya seharga 1980 yen ( belum pajak ), dua kalinya dari cetakan takoyaki yang listrik. Alasan membelinya waktu itu karena saya suka sekali takoyaki, kalau beli terus kurang ramah dikantong (karena dihitung-hitung mahal hanya untuk beberapa buah takoyaki) dan  tidak semua takoyaki yang beredar aman. Lagi-lagi cara termudah pasti membuatnya sendiri, terlebih tepung takoyaki yang aman cukup banyak. Jadi dibelilah cetakan takoyaki ini untuk investasi alat memasak :).

Selain menggunakannya untuk membuat telur goreng mini ala abang-abang dan takoyaki, cetakan ini juga saya pergunakan untuk membuat poffertjes ( kurang tau baca yang bener bagaimana hehe ).

Poffertjes merupakan pancake berukuran mini dan asal makan ini dari Belanda.

Kami sendiri belum pernah merasakan poffertjes asli ( semoga suatu hari bisa makan ini di Belanda, amiin), tetapi saya mencoba membuatnya dengan modifikasi dari berbagai resep yang ada di internet. Poffertjes bahan utamanya buckwheat, sejenis tepung dan ragi.. Untuk membuatnya memang diperlukan cetakan, walaupun ada juga yang membuatnya di (seperti) teflon/ wajan anti lengket, caranya dibuat pancake tapi ukuran mini. Cetakan poffertjes sebenarnya berbeda dengan cetakan takoyaki, poffertjes cetakannya sekilas mirip seperti cetakan serabi atau martabak mini, agak datar dan tidak secekung cetakan takoyaki.

Untuk penyajian poffertjes, ada yang menyajikan dengan bentuk seperti pancake (mini) pada umumnya, tetapi ada juga yang menumpuk 2 poffertjes menjadi satu sehingga terlihat seperti bulatan yang agak ceper. Poffertjes ini kemudian dibalut dengan butiran-butiran gula halus,  butter atau syrup. Jika ingin menggabungkan 2 poffertjes, kita bisa menambahkan filling (isian) supaya rasanya makin enak..

Ada banyak sekali resep  poffertjes yang beredar dan sangat bervariasi terutama dalam takaran bahannya. Yang penting ada telur, tepung buckwheat ( jika tidak ada bisa diganti tepung terigu saja semua), tepung terigu, ragi, susu, mentega dan ada pula yang menambahkan baking powder (yang ini optional). Poffertjes ini kalau diperhatikan, bahan dan cara membuat adonannya mirip dengan martabak bolu, hanya saja tampilan dan rasanya lebih lembut karena di resep ini saya menggunakan 2 telur dan full susu ( tetapi ada resep yang menggunakan gabungan air dan susu, serta 1 telur untuk 250 gram tepung ) Karena cukup lembut si anak bayi di rumah Alhamdulillah doyan banget, terlebih saya memberikan filling keju di dalamnya.

Berikut resep poffertjes ala dapur Arfenda :

Poffertjes

Bahan :

  • Tepung terigu protein tinggi 130 gram
  • Tepung terigu protein sedang/ serbaguna 120 gram
  • Telur 2 butir
  • Ragi 3/4 sdt
  • Gula pasir 40 gram ( kalau suka manis bisa ditambah )
  • Susu hangat 400 ml
  • Mentega 40 gram, lelehkan
  • Garam sedikit

Isian : keju ( optional )
Topping : gula halus, plain/pancake syrup, butter ( optional )

Cara membuat :

  • Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi, aduk rata.
  • Masukkan telur dan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga bercampur rata dan berbuih. Diamkan sekitar 30 menit. Saring adonan jika ada yang bergerindil.
  • Campur adonan tadi dengan mentega yang sudah dilelehkan dan sedikit garam, aduk rata, sembari memanaskan cetakan.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan, 3/4 bagian saja karena adonan akan mengembang.

image

  • Masak hingga matang, sajikan dengan toppingnya.

Note :

  • Jika ingin menyajikan berbentuk pancake biasa ( gambar di bawah ini ), balik poffertjes setelah bagian bawah matang (kecoklatan).
image
poffertjes (mini pancake)
  • Namun jika ingin membuatnya agak bulat, bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti membuat takoyaki, atau bisa juga dengan menumpuk 2 poffertjes ( seperti yang saya lakukan). Kalau berbentuk bulat ini, kita bisa mengisi salah satu bagiannya dengan keju ( saya cheddar slice) saat poffertjes 2/4-3/4 matang, lalu tumpuk 2 poffertjes menjadi 1, bolak balik hingga matang.

menumpuk 2 poffertjes menjadi satu

  • Untuk membuat poffertjes ini kita bisa menggunakan cetakan takoyaki, martabak mini, dsb, kalau tidak ada bisa di wajan anti lengket, dibuat dengan ukuran lebih mini dari pancake biasa. Karena saya menggunakan cetakan takoyaki, hasilnya agak cekung, jadi sekalian saja ditumpuk dan diberi isian keju, yummy..
  • Susu hangat 400 ml bisa diganti menjadi campuran air hangat dan susu hangat.
  • Resep ini tidak terlalu manis ( kalo menurut saya sih cukup manisnya) karena berencana memberikan topping gula halus.
image
poffertjes with homemade greentea latte

Selamat mencoba

Tokyo, 4 Des 2016, 09.49 JST, 11 derajat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s