Cheddar Cheese Cake ala Rice Cooker

Membuat cheese cake dengan rice cooker ini sebenarnya jauh dari kamus saya. Dahulu saat belum memiliki oven, kebanyakan kue yang di resep dipanggang ( tetapi kira-kira bisa dikukus ) berubah menjadi dikukus seperti lasagna kukus, cake kukus, brownies kukus. Sedangkan kue yang memang harus dipanggang seperti pie, pizza, atau brownies panggang, saya pun menggunakan teflon. Selain itu dalam membuat cake, tentunya juga tidak selalu lancar atau berhasil, terlebih saat itu tidak mempunyai mixer dan nampaknya kurang cocok bermain dengan baking soda/powder alhasil kebanyakan cake saya waktu itu bantat 😂😂. Ahh, ada masanya down, stres, gak mau mencoba lagi kala membuat cake bantat terus, gagal terus, berturut-turut pula.. Namun mas suami selalu menyemangati dan memakan semuanya dengan lahap, tanpa komen, kecuali bilang enak ^^.  Dan itu cukup, cukup membuat saya ingin terus belajar memasak..

Memasak itu semua orang bisa, hanya butuh belajar, proses (waktu), niat, resep, alat dan bahan..

Kembali soal cheese cake, kebanyakan  Japanese cheese cake yang dijual dibuat dari cream cheese dan memanggangnya pun dengan metode au bain marie (di bawah loyang cake ditaruh loyang lagi berisi air ), kedua hal itu akan menjadikan Japanese cheese cake menjadi lembut dan enak pastinya (buat yang suka keju). Tentunya proses pemanggangan metode au bain marie ini tidak bisa digunakan di oven toaster saya yang kecil. Jadi kalau ada Japanese cheese cake saya pun tak bergeming untuk membuatnya.

Nah sampai dua hari lalu, mbak Melia posting Japanese cheese cake versi ekonomis karena menggunakan keju slice bukan cream cheese, hasilnya lebih tabeyasui (mudah dimakan) dan tidak terlalu enek jika dibandingkan dengan cream cheese cake.  Benar-benar menarik untuk dicoba apalagi mbak Mel juga bilang kemungkinan bisa dibuat di rice cooker meskipun diresep mbak Mel cara membuat pakai oven. Baiklah mari dicoba, cake pertama saya di rice cooker.

Resep saya lihat di fb mbak Melia ( klik di sini untuk lihat resep asli )

Cheddar Cheese Cake ala Rice Cooker

Bahan :

  • Keju cheddar slice 6 buah (jangan keju yang tipe melt)
  • Susu 200 ml
  • Margarin 70 gram ( bisa diganti butter )
  • Tepung terigu serbaguna 70 gram, ayak
  • Gula 85 gram ( saya 80 gram )
  • Telur 3-4 buah (saya 3 buah)

Cara membuat :

  • Panaskan susu hingga mendidih, matikan api, kemudian masukkan keju dan margarin, aduk-aduk hingga keju leleh dan semua rata, sisihkan.
  • Pisahkan kuning dan putih telur.
  • Kocok putih telur dan gula hingga kaku dan jika mangkuk tempat kita mengocok telur dibalik, adonan tidak tumpah.
  • Masukkan kuning telur ke dalam adonan susu, keju dan margarin tadi, aduk rata. Tambahkan tepung terigu, aduk rata kembali. Tambahkan 1/3 bagian putih telur, aduk, ulangi hingga adonan putih telur habis, aduk rata dengan cara seperti menulis huruf J. Jangan mengaduk berlebihan agar cake tidak bantat atau turun setelah matang.
  • Tuang adonan ke panci rice cooker, tekan tombol memasak nasi, setelah matang biarkan dalam mode memanaskan nasi selama 30 menit, kemudian tekan sekali lagi mode memasak nasi. Lakukan tes tusuk untuk menilai kematangan cake, jika sudah tidak lengket berarti cake sudah matang.
  • Jika sudah matang, keluarkan panci rice cooker dari dalam rice cooker, tunggu cake dingin. Setelah dingin, taruh baking paper di atas cake, rekatkan dan balik cake ( hati-hati rusak karena cake sangat lembut ), potong-potong, dan cheese cake siap disantap. Oiya cake menjadi lebih enak dan padat setelah dimasukkan ke kulkas (kalau dimakan hangat-hangat lebih lembut dan basah).

image

Note :

  • Untuk pemanggangan dengan oven metode au bau marin :
    Tuang air ke piring oven ( jadi nanti dibawah loyang cake yang ingin dipanggang ada loyang lagi yang berisi air ) lalu panggang di suhu 170 derajat selama 20 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 140 menit dan panggang lagi selama 40 menit.
  • Ketika matang cake saya cukup mengembang namun sayangnya turun setelah dingin, kemungkinan karena saya terlalu banyak mengaduk dan salah saat mencampur bahan (tadi terigunya ketinggalan dan baru dimasukkan belakangan setelah putih telur).

Saya sebenarnya kurang tau apakah membuat cake di rice cooker tidak akan mengganggu fungsi atau merusak rice cooker. Karena masih pro kontra dan rice cooker merupakan salah satu benda penting di rumah, saya memilih membuat cake di rice cooker ini jika hanya kepepet saja.

image
cheddar cheese cake with homemade greentea latte, yummy..

Alhamdulillah cheese cake yang dihasilkan lembut, enak dan pastinya ekonomis.. Jadi penasaran kalau cake ini dipanggang di oven toster kesayangan gimana ya hasilnya, kapan-kapan mau coba ah 🙂

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Tokyo, 8 Des 2016, 18.00 JST, 8 derajat C.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s