Gyoza, Cemilan Jepang yang Kriuk dan Empuk

Gyoza, salah satu makanan populer di Jepang. Sekilas memang mirip dumpling, namun ada sensasi kriuk dan empuk sekaligus ketika dimakan. Hal ini dikarenakan proses pemasakan gyoza yang melewati fase digoreng menggunakan sedikit minyak kemudian direbus dengan sedikit air. Rasanya ? Weeeenak tenan, apalagi dicocol dengan shoyu, minyak wijen dan cabe bubuk atau la-yu… yummy..

image

Harga gyoza di Jepang tidaklah murah, untuk 6 buah gyoza ( siap makan/ matang) biasanya dihargai 300-500an yen.. Nah kalau membuat gyoza sendiri pasti biaya yang dikeluarkan akan lebih murah, karena tenaga dan keahliannya kan tidak diitung juga tidak mengambil untung 😁😁. Namun sesekali membeli gyoza matang (siap makan) apalagi di Jepang pasti menyenangkan *refresing dari memasak 😆😆.

Sayangnya tak semua gyoza yang beredar di Jepang bisa kita cicipi, karena gyoza berisi daging 肉 ( ayam 鳥肉atau babi 豚肉 , nah rata-rata ayam di Jepang pun tidak boleh karena kan tidak disembelih ) dan ada pula yang menambahkan sake. Untuk teman-teman muslim di Tokyo, bisa mencicipi gyoza halal di Ramen Honolu atau Restoran halal Cina di dekat Kameido eki ( 2 tempat itu yang baru kami tau hahahaha dan yang baru kami cicipi di restoran Cina dekat Kameido eki ).

image
homemade gyoza by dapur Arfenda

Pembuatan gyoza sendiri sebenarnya tak terlalu sulit namun perlu telaten dan latihan terutama dalam pembuatan kulit gyoza, pengisian dan proses memasaknya ( agar hasilnya cantik seperti yang dijual-jual ). Di Jepang, kulit gyoza siap pakai ada di hampir seluruh supermarket. Namun, tak semua kulit gyoza aman digunakan muslim karena kebanyakan mengandung sake 酒 atau alkohol アルコール di ingredient tertulisnya. Iyaaa kami memang selalu membaca ingredient makanan setiap mau beli 😁.

Terus terang dulu saya selalu mengandalkan mas suami dalam membaca komposisi makanan yang dijual di supermarket, kan doi udah lama banget tuh di Jepang dan lulus N1 pula *sayang gak dipake ilmunya wkwk😁. Tapi karena itu saya jadi bergantung, susah mau beli-beli kalo mas suami nggak nemenin, jadi gak belajar, akhirnya suka lupa n malas baca ingredient makanan tiap mau beli.

Pernah suatu ketika membeli makanan, sampai di rumah mas suami tersayang mengeceknya ternyata gak boleh ya di buang deh, kan rugi wkwk. Saya pun bertekad harus bisa baca sendiri ( sekalian belajar 😁), kalau gak tau atau gak yakin baru tanya suami atau pelayan atau orang di supermarket atau buka FB dan bahkan message teman-teman di WA/ FB ( makasi yaaa buat teman-teman yang udah sering saya repotin ).

Oleh sebab itu penting sekali membaca atau bertanya ingredient makanan ( kalau udah keliatan ada ayam atau dagingnya sih gak usah ditanya yaa 😁) yang di jual di Jepang, namun tugas ini juga tidak mudah bagi saya karena kebanyakan menggunakan kanji.. Tetapi kalau sering membaca, belajar dan bertanya lama-lama hapal kok kanji atau tulisannya 😁😁

Apalin ya teman-teman kanji atau tulisan Jepang misalnya alkohol アルコール, sake酒, mirin みりん, ayam 鳥肉, babi 豚肉, sapi 牛肉 , gelatin ゲラーチン. Sebenarnya masih banyak lagi sih ingredient aneh-aneh yang akan ada di snack/ bumbu Jepang atau komposisi meragukan seperti nyuukazai 乳化剤 ( emulsi ), margarin, shortening namun kita susah mengeceknya ( harus telp atau email buat tau emulsi dan shorteningnya dari apa ) karena tidak semua mencantumkan dari mana.

Kalau puyeng dengan banyaknya tulisan ingredient suatu makanan atau bingung dengan kanjinya, tanya saja ke penjaga toko niku to ka sake to arukohoru haitemasuka ( ada daging, sake atau alkoholnya kah ?), mereka akan jawab dengan jujur kok..

Back to gyoza recipe..

Adapted from Just One Cook Book ( click here), modified by : Dapur Arfenda

Gyoza

Bahan :

  • Kulit gyoza siap pakai 1 pack ( isi 48 buah )
  • Air di wadah –> untuk melekatkan kulit gyoza saat proses pengisian.

Isian :

  • Ayam cincang 300 gram
  • Kol di potong kecil-kecil 170-180 gram
  • Daun bawang di potong kecil-kecil 15-20 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Lada bubuk 1/8 sdt
  • Gula 1/2 sdt
  • Air 1 sdt
  • Minyak wijen 1 sdt
  • Shoyu (kecap asin) 1 sdt
  • Jahe ( optional )
  • Bawang putih 1 siung, cincang halus

note : sake dan jamur shitake saya skip, takaran kol dan ayam juga dimodif.

Untuk setiap batch proses memasak gyoza ( 48 buah saya bagi menjadi 3 batch ) diperlukan :

  • Minyak goreng 1/2-1 sdm
  • Air 50 ml
  • Minyak wijen 1/2-1 sdt

Dipping sauce ( versi Dapur Arfenda ) :

  • Shoyu ( kecap asin ) 1 sdt
  • Air 1 sdm
  • Minyak wijen 1/2 sdt
  • Cabe bubuk secukupnya

Cara membuat :

  • Campur semua bahan isian, aduk hingga rata dan semua menyatu.
  • Ambil 1 kulit gyoza, taruh 1 sdm isian gyoza dibagian tengah, celupkan tangan ke air, oleskan air dipinggir-pinggir kulit gyoza ( melingkar ).
  • Rekatkan gyoza hingga menjadi bentuk seperti bulan sabit, namun jangan terlalu merekat. Lalu lipat-lipat sehingga menjadi bentuk seperti ini.

image

( next kalau buat gyoza lagi semoga sempat foto tahap-tahap melipatnya 😅, sementara bisa dilihat disini dulu ya).

  • Lakukan pengsian pada semua kulit gyoza hingga habis.
  • Panaskan 1/2-1 sdm minyak goreng di wajan anti lengket, tata gyoza dan masak hingga bagian bawah gyoza matang (kecoklatan dan kering ). Masukkan air 50 ml ke dalam wajan tersebut, tutup dengan penutup wajan. Masak hingga air habis. Setelah agak kering masukkan minyak wijen 1/2-1 sdm. Tunggu sebentar, lalu angkat.
  • Campur semua bahan dipping sauce, sajikan bersama gyoza.

Note :
Proses pemasakan gyoza ini tanpa dibalik, jadi bagian bawah yang tadi di goreng dengan sedikit minyak akan terasa kriuk sedangkan atasnya lembut.

image
kriuk  bawahnya dan empuk atasnya
image
Alhamdulillah, duo kesayangan di rumah doyan

Untuk pembuatan gyoza kali ini kebetulan saya menggunakan kulit gyoza siap pakai. Jika teman-teman kesulitan mendapatkan kulit gyoza yang aman ingredientnya, saya tuliskan juga resep pembuatan kulit gyoza homemade dari just one cook book. Saya sendiri belum pernah coba membuat. Resep ini katanya untuk 42-44 lembar kulit gyoza tipis ( thin wrapper ).

Kulit Gyoza ( Gyoza Wrapper )

Bahan :

  • Tepung terigu serbaguna 240 gram, ayak
  • Garam 1/2 sdt
  • Air panas 120 ml ( bisa ditambah atau dikurangi )

Tambahan :

  • Tepung maizena for dusting agar antar kulit gyoza tidak lengket
  • Cookie cutter ( ukuran 8cm )

Cara membuat :

  • Larutkan garam di air panas, aduk rata.
  • Tuang air ke adonan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
  • Uleni adonan hingga lembut ( sekitar 10 menit )
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. Istirahatkan selama 30menit.
  • Bagi masing-masing bagian adonan menjadi 12 ( total 24 bagian ), bulatkan lalu gilas dan cetak dengan cookie cutter ~~> saya sendiri kurang paham kenapa membaginya 24 bagian namun hasil akhir jadi 42-44 kulit gyoza ya
  • Taburkan tepung maizena di setiap kulit gyoza yang sudah jadi agar tidak menempel satu sama lain.
  • Kulit gyoza siap digunakan atau bisa disimpan di kulkas selama 3-4 hari ( atau freezer agar lebih tahan lama )

Itabashiku, 25 Des 2016, 07.20 JST, 5 derajat celcius

Advertisements

3 thoughts on “Gyoza, Cemilan Jepang yang Kriuk dan Empuk

  1. nice post. aku sukaaaa sama gyoza, enak banget ya
    btw dah pernah nyoba pake kucai belum? bahasa jepangnya nira.
    kayaknya kalau gyoza pake itu, jarang pake kol atau kubis. cobain deh lebih enak.
    mau dong dimasakin sama mama Yuka makin jozu ni masaknya 🙂

    Like

    1. Oya mbak? Belum pernah coba. Kmrn pas makan gyoza di resto Cina halal pake kol aja kalau gak salah, sedangkan di resep just one cookbook dikasih shitake dan kol. Mungkin dikasih sayur apa aja bisa ya mbak, nanti pas musim kucai murah bisa dicoba nih. Makasi mbak..

      Like

      1. jadi pingin nih nyoba, mumpung ada daging sama kol, pke jahe yaa,, hhmm sip sip insyaAllah dicoba, makasih yaa 🙂

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s