Tahu Kukus Isi

Dulu waktu tinggal di Sapporo, tahu kukus isi ini menjadi salah satu masakan andalan saya kalau sedang malas masak. Biasanya saya buat langsung banyak untuk ditaruh di freezer. Jika ingin dimakan, tinggal menaruh tahunya ke rice cooker sebentar *kami bukan pecinta microwave*, hidangkan dengan nasi dan sambal…nyumnyuum oishiii..

Dulu juga saya suka bikin sambel blender yang banyak untuk stok di freezer *karena membuat sambel blender lama, jadi sekalian banyak biar hemat gas dan gak ngebau-in seapato hehehe*. Jadi pas sekali, malas masak, tinggal keluarin lauk di freezer misal tahu kukus isi ditemenin sama sambel stok freezer juga.. Tapi itu dulu, karena sekarang saya jarang bikin sambel blender, lebih sering bikin sambel ala bapak saya yang gampang dan enak, jarang pula bikin  tahu kukus ini sampe beberapa waktu lalu mas suami bilang  secara implisit kalo ingin dibuatkan lagi tahu kukus isi.

Tahu kukus isi ini membuatnya mudah, bahannya tidak banyak, isian dan takaran bahkan bisa sesukanya dan yang jelas sangat enaak*versi selera kami* makanya jadi salah satu masakan andalan untuk distok difreezer. Judulnya aja si nyetok, karena mau sebanyak apapun habisnya gak akan lama karena selain buat lauk, enak juga dicemil hehehe..

Selain diisi protein hewani ( daging atau ayam) bisa juga diberi tambahan sayuran misal parutan wortel jadi menu 3 bintang deh ( protein nabati, protein hewani dan sayur ). Bisa sekalian untuk menu mpasi atau menu anak juga tinggal disesuaikan tekstur dan rasanya (gula, garam, lada). Btw, takaran gula, garam dan lada diresep yang saya tulis ini  disesuaikan dengan si bayi yang berusia 1,5 tahun, kebetulan saya juga tidak terbiasa memasak asin jadi tetap enak buat saya dan suami, apalagi dimakan pakai sambel.

Tahu Kukus Isi

Recipe by: Dapur Arfenda

Untuk 20 buah

Bahan :

  • Tahu kulit (aburaage  tofu) 2 bungkus ( 1 bungkus isi 5)
  • Tahu putih 2 pak ( total 600 gram )
  • Ayam cincang atau daging cincang 300 gram ( sesuai selera, makin banyak makin enak )
  • Wortel 1-2 buah , parut (optional) –> saya parut dengan parutan keju
  • Bawang putih  2 siung (cincang halus) atau 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula 1/4 sdt
  • Lada 1/4 sdt

Note: takaran gula, garam dan lada diseuaikan dengan selera masing-masing

Cara membuat :

  1. Panaskan kukusan
  2. Belah tahu kulit (aburaage tofu )menjadi 2 bagian, jadi total ada 20 buah.
  3. Campur tahu putih, ayam/ daging cincang, wortel parut, bawang putih gula, garam, dan lada, aduk rata.
  4. Masukkan campuran tersebut ke dalam tahu kulit.
  5. Kukus selama 20-25 menit atau hingga matang.

    image
    tahu kukus isi tahu, daging dan wortel siap dikukus
  6. Sajikan dengan nasi, sambel dan sayur 🙂
image
ini versi isi tahu dan ayam aja, karena daging sama wortelnya lagi out of stock :D..

Note :  resep sambel ala bapak saya bisa dilihat disini

Saking sukanya, kemarin bikin lagi isi pake tahu, daging dan wortel buat bento mas suami hari ini..

Selamat mencoba..

Itabashiku, 10 Januari 2017,08.20 JST, 7 derajat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s