Catatan Usia 18 Bulan

Di usia 18 bulan ++ ini banyak yang harus dilengkapi antara lain cek up kesehatan 18 bulan, cek gigi dan ulangan imunisasi DPT-Polio & cacar air. Kupon cek up, kupon imunisasi, reminder imunisasi dan list klinik sudah dikirimkan ke rumah setiap anak beberapa bulan sebelumnya ( lupa tepatnya kapan 😁 )

Cek gigi usia 18 bulan di Health Center setempat

Sebenarnya tidak harus pas usia 18 bulan, karena kupon health cek up dan gigi bisa digunakan hingga sebelum ulang tahun kedua namun as soon as possible lebih baik.

Yuka dapat jadwal akhir bulan Oktober atau hari Jumat tanggal 11 November 2016, karena akhir Oktober mudik, jadi kami pilih yang bulan November. Sekitar jam 12 an mama berdua Yuka udah keluar rumah menuju health center. Sampe disana sekitar jam setengah satu, dapat antrian no 14 (agak lupa ). Pendaftaran dibuka sampe jam setengah 2, dan di jam itu udah no 30an.

image
sambil nunggu antrian wefie dulu :), love you sayaang

Pertama-tama kita diberi nomor antrian, lalu dipanggil untuk pendaftaran dan pengecekan isian formulir cek up gigi 18 bulan yang sebelumnya sudah diberikan lewat pos ke setiap anak. Setelah dicek kelengkapannya, diminta menunggu sebentar lalu masuk ke ruangan. Di ruangan tersebut, ortu dan anak akan mendengarkan penjelasan dari petugas health center tentang pola makan dan perawatan gigi dengan bahasa Jepang pastinya *jadi gak semua ngerti 😄😄.

Setelahnya kita keluar dan menanti dipanggil petugas di ruangan lain. Tiba giliran kakak. Mama ditanya jawab tentang tumbuh kembang kakak, lalu kakak pun diminta menyebutkan nama-nama benda yang ada digambar untuk dicek kognitif dan perkembangan bicaranya. Karena bahasa ibu si kakak bahasa Indonesia, jadi mama yang diminta bertanya ke Yuka atau si penanya yang ikutan belajar berbahasa Indonesia :D. Setelah dari ruangan tersebut, kami mengantri lagi untuk bertemu dokter gigi yang akan mengecek gigi kakak. Ada dua dokter gigi laki-laki dan dua perawat perempuan, jadi sekali panggil bisa 2 anak. Tiba giliran kakak, Alhamdulillah sang perawat bisa bahasa Inggris jadi komunikasi lancar. Kakak diminta berbaring dengan kepalanya ada di hadapan/pangkuan dokter dan kaki kakak ke arah mama. Kakak agak rewel karena diperiksa orang asing dan giginya hehehe disikat gigi sama mama papa aja kadang nangis apalagi sama dokter 😁. Dokter bilang ada 4 gigi yang karies dibagian atas huhuhu maapin mama papa. Karena ada gigi yang karies itu harus ke klinik dokter gigi lagi, karena dokter ini cuma mengecek jadi nggak diapa-apain. Setelah dari dokter, kami diminta ke ruang lain tempat petugas health center mengajari sikat gigi.

Oiya dipemeriksaan gigi ini juga setiap anak akan dapat sikat gigi baru dan gratis untuk praktek menyikat gigi. Awalnya diajarin dulu cara menyikatnya ( petugas langsung praktekin menyikat gigi si anak, sambil membaringkan kepala si anak dipangkuan petugas) lalu bergantian, orang tua diminta praktek menyikat gigi ke anak. Kata petugas cara nyikat mama udah bagus tapi tenaganya terlalu kuat hehe jadi harus lebih pelan. Keluar dari sini, kami diingatkan lagi untuk ke klinik gigi sekalian diberi tahu list klinik tempat periksa gigi anak.

Selesai deh, Yuka udah bosen, ngantuk, dan laper jadi agak rewel. Keluar health center ternyata gerimis, untung bawa tutupan stroller jadi gak kehujanan. Kore kara sikat gigi dan kita jaga giginya ya anakku sayang..

Health Check Up 18 bulan di klinik dokter anak Hanamaru

Di usia 18 bulan kakak dapat kupon untuk cek kesehatan gratis lagi ke dokter, mama memilih klinik dokter anak Hanamaru. Kita dapat jadwal tanggal 29 November 2016 jam setengah 3. Karena gak mau telat jam 2 mama dan kakak udah keluar rumah, dan jam setengah 3 udah duduk manis diklinik. Begitu masuk klinik, Yuka langsung nangis.. nemplok terus sama mama dan minta pulang. Yup.. Kakak udah ngerti dan udah hapal kliniknya ( karena beberapa kali bolak balik klinik ini ), akhirnya sepanjang di klinik nangis huhuhu.. takut ya, Nak.. Seperti biasa health check up, dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan oleh perawat, lalu dokter pun memeriksa.. kata dokter semua bagus tapi agak kurang berat badannya 😁😁, disuruh makan yang banyak.. Baiklah.. kore kara ya, Nak..

image

Setelah dari klinik, mama dan kakak jalan-jalan ke gyomu supa beli dorayaki buat kakak.. Sehat-sehat terus ya sayang.

Imunisasi usia 18 bulan

Di usia 18 bulan juga ada ulangan imunisasi yakni DPT-Polio suntik (kombo 4 jenis) dan cacar air. Kupon imunisasinya sudah didapat beberapa bulan sebelumnya, dikirim pos ke rumah. Kali ini tugasnya si papa, mama duduk manis di rumah aja 😁😁. Papa memilih klinik umum Iwata-in aja untuk ulangan imunisasi ini karena diklinik ini tak perlu janjian, tinggal datang aja langsung ( kalau Hanamaru harus janjian). Hari Sabtu pagi, papa dan kakak berangkat buat imunisasi. Ke klinik ini kakak gak nangis, beda waktu ke Hanamaru karena mungkin ke hanamaru udah sering jadi hapal dan trauma 😁. Di suntik imunisasi di lengan kanan dan kiri, nangis sebentar lalu dikasih permen sama perawatnya biar diem. Ini kali kedua imunisasi di klinik ini, kalau yang dulu dapat hadiah tempelan setelah imunisasi. Sedangkan di hanamaru nggak pernah dapet apa-apa setelah imunisasi.

Note : kami pindah-pindah tempat imunisasi, karena rumah juga pindah ( dulu di Sapporo, sekarang Tokyo ) dan menyesuaikan dengan waktu kliniknya juga yang pas dengan waktu kami. Ada klinik yang harus janjian dan nggak bisa datang sesukanya jadi kadang agak mendokusai. Yang penting buku catatan imunisasinya sama dan vaksinnya sesuai, beda tempat nggak apa-apa.

Tokyo, 27 Jan 2017, 23.07 JST.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s