Garlic Butter Hotate & Shrimp, Simple yet Delicious

 Bismillah..

Alhamdulillah hari ini sempet juga foto salah satu masakan favorit untuk bento mas suami. Favorit disini karena mudah dan enak banget versi kami. Sebenernya memang udah lama pengen posting di blog resepnya tetapi karena males moto jadi ya baru sekarang. Seperti biasa, inginnya difoto ala-ala food photography tetapi karena kamera dan pelengkapnya terbatas ditambah ada balita cantik yang bantuin (yang bikin mama berulang-ulang jepret foto dan atur letak karena doi ikutan sibuk, ngambil kainnya lah, kayu pengaduknya lah, dsb) jadi ya memang kayanya sampe sekarang foto saya begini-begini aja :D.

Oiya, sebelumnya saya juga udah pernah posting resep garlic butter di FB, kala itu saya menggunakan baby hotate yang harganya lebih murah karena ukurannya lebih kecil. Yup..hotate salah satu seafood di Jepang (yang terkenal dari Hokkaido) yang enaaak banget, tetapi sayangnya harga cukup menguras kantong. Bayangkan saja 1 buah hotate rebus dihargai 98 yen (belum pajak 8%)  di supa dekat rumah. Jika membeli versi mentahnya lebih mahal lagi. Bahkan kemarin sempat nonton acara makan-makan gitu, hotate mentah (masih hidup kayanya) yang katanya berusia 5 tahun (ukurannya gede) dihargai 1000 yen hanya untuk 1 buah (1 yen sekitar 115 rupiah misalnya). Saya nyesel waktu tinggal di Sapporo nggak pernah nyobain hotate yang ternyata enak ini, di Tokyo harganya memang cukup mahal jadi saya biasanya berburu diskonan baby hotate atau beli hotate rebus beku (ukuran besar-besar) di gyomu supa (sekitar 2000 yen untuk 1 kg, dapat lumayan banyaak).

image.jpg
Hasil perburuan diskon seafood separuh harga di suatu malam, yang ini hotate rebus versi baby jadi ukurannya kecil

Hotate mentah bisa dimasak dengan cara direbus atau dipanggang sebentar, kalau orang Jepang cukup dimakan bersama tare atau shoyu. Saya juga pernah iseng membeli hotate mentah diskon separuh harga (259 yen untuk 2 buah hotate beserta cangkangnya, harga belum diskon). Saya panggang ala ala orang Jepang dan ternyata kurang matang waktu itu alhasil bukan enak tetapi enek..Hahaha

Cara lain memasak hotate (yang sudah direbus) dibuat white soup-sup pakai susu (orang Jepang banget ni), tumisan, pelengkap nasi goreng, sambal balado (temen saya yang nyaranin), dan aneka makanan lain. Saya sih pernahnya hanya dibuat garlic butter, tambahin shoyu (karena rekomendasi temen juga), atau buat nasi goreng. Tetapi menurut pak suami (yang juga diiyakan oleh ratu dapur alias saya), paling enak ya dimasak garlic butter ini. Rasa hotate rebus yang manis berpadu dengan gurihnya bumbu, ditambah butter yang tentunya menambah lezatnya masakan,, nyumnyum,, oishikatta…

Oya karena hotate mahal, jadi lebih bijak ditambah udang supaya hasilnya banyak hehehe, dulu jaman belum tau kalau hotate enak, saya memang sering bikin garlic butter shrimp, lalu iseng-iseng dicoba pada hotate daaaan ternyata jadi favorit juga.. Buat yang mau ikutan bikin, monggo ini resepnya :

Garlic Butter Hotate & Shrimp

 

Untuk : 4 porsi

Bahan :

  • Hotate rebus 250 gram
  • Udang 250 gram, kupas kulitnya
  • Unsalted butter 25 gram
  • Garlic powder 1 sdt atau 2-3 siung bawang putih, cincang
  • Garam 1/2-3/4 sdt (tergantung selera)
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Air 10 ml atau secukupnya
  • Parsley atau basil bubuk untuk taburan (optional)

Cara Membuat :

  • Lelehkan butter, masukkan hotate dan udang. Masak hingga udang berubah warna.
  • Tambahkan air, garlic powder, garam, merica bubuk, aduk pelan-pelan hingga rata.
  • Masak hingga air menyusut, koreksi rasanya.

Note : saya biasanya bikin agak asin, terus setelah hotate dan udang mateng ditaruh piring, nasi saya taruh di wajan, lalu diaduk-aduk supaya bumbu yang tertinggal nempel di nasi, karena enaaaak banget menurut saya hehehe… 

 image

 Selamat mencoba ya teman-teman 🙂

Itabashiku, 17 Mar 2017, 22.16 JST, 10 derajat feel like 5 derajat, kemarin-kemarin sempet dingin lagi, hari ini nampaknya sudah kembali memasuki hawa musim semi..Ditulis sembari nunggu mas suami pulang party, sedangkan teman main sudah tidur pulas 🙂
One thought on “Garlic Butter Hotate & Shrimp, Simple yet Delicious

Leave a Reply

