Tahu Isi

Sejak di Jepang saya belum pernah makan tahu isi yang mirip dengan tahu isi di Indonesia, karena kebanyakan (termasuk saya) membuatnya dengan aburaage yang mana tahunya tipis sekali sehingga rasa tahu isi menjadi kurang nendang. Namun beberapa waktu lalu, seorang teman (domisili di Jepang juga) yang salah satu bakulan andalannya tahu isi memberi tahu bahwa di lawson 100 ada tahu yang cocok dan enak dijadikan tahu isi karena tahunya tebal dan mirip seperti di Indonesia.

Satu Pack isi 5 tahu dihargai 100 yen (kalau dengan pajak 108 yen, soale lawson 100 jadi harganya 100 hehehe), lumayan mahal sih jika dibandingkan membuat tahu isi dengan aburaage (perpack 70an yen, isi 5 tapi bisa dibelah 2 jadi  total 10). Namun secara rasa memang lebih enak menggunakan tahu mirip Indonesia yang dilawson itu. Apakah tahu itu ada ditempat lain? sejauh memandang supa demi supa yang saya kunjungi (supermarket) pun lawson biasa (bukan lawson 100) saya belum menemukan tahu tersebut.

Note : jangan lupa baca ingredient setiap mau membeli makanan, bisa jadi berganti tanpa pemberitahuan

Ahh,,, hidup di rantau memang ada masa-masa rindu, rindu keluarga, teman, bahkan berbagai makanan yang biasa dijumpai. Jika dulu tak perlu susah susah membuat, tinggal beli saja di penjual gorengan kini harus ada tenaga ekstra. Namun Alhamdulillah keterbatasan dalam membeli makanan, membuat mau tak mau banyak belajar memasak yang terkadang membuat diri ini pun kaget, ah saya sudah bisa membuat ini , pun merasa lebih tenang menyajikan makanan yang dimasak sendiri untuk keluarga.

Tahu Isi

Untuk 10 buah tahu

Bahan :

  • Tahu 10 buah, belah tengahnya dan ambil sedikit daging tahunya agar bisa diisi lebih banyak isian
  • Bawang bombay 1/4 bagian atau bawang merah, iris-iris
  • Wortel 1/2 buah., iris tipis memanjang
  • Kol 150 gram, iris
  • Toge 50-100 gram
  • Irisan daun bawang secukupnya
  • Gula, garam, merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak yang banyak untuk menggoreng
  • Tepung pelapis : 200 gram tepung terigu, air 200-300 ml, tepung beras 1-2 sdm, kunyit bubuk 1/8 sdt, gula, garam dan merica bubuk secukupnya–> aduk rata.

Cara membuat :

  • Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan irisan wortel, tambahkan sedikit air, masak hingga wortel agak empuk, tambahkan kol dan toge, lalu daun bawang, garam, gula dan merica, aduk rata, masak sebentar, angkat.
  • Panaskan minyak.
  • Masukkan tumisan wortel, kol, toge ke dalam tahu, masukkan tahu ke tepung pelapis, goreng hingga kering/kecoklatan, tiriskan dan sajikan dengan sambal kacang, cabe rawit atau sambel pecel.

image

Note : untuk sambel kacang bisa dilihat resepnya disini , tetapi kali ini saya tambahkan daun jeruk dan tidak menggunakan kecap manis. 

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Itabashiku, 26 Apr 2017, 03.24 JST, 14 derajat celcius hari ini akan berangin lagi menurut app weather

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s