Kurumi Pan (Walnut Bread)

Bosan dengan roti isi coklat melulu saya pun mulai melirik varian roti lain, kurumi pan. Kurumi pan menjadi salah satu roti yang saya bawa pulang ketika ikut les baking hampir setahun yang lalu. Sayangnya ketika itu saya hanya diajari teknik membentuk adonan roti, mengoles telur, dsb namun tidak diajarkan cara membuat roti dari dasar bahkan saya pun tidak tahu apa saja bahannya dan berapa takaran bahan yang digunakan. Alhasil saya juga tak pernah terpikir ingin membuat kurumi pan/ walnut bread yang ketika itu saya rasa biasa saja (lebih suka yang roti keju saat itu) terlebih harga kacang kurumi (walnut) ehem mahal.

Lalu tibalah mata ini tertuju kurumi diskon di supa dekat rumah, 215 yen untuk 80 gram (harga sebelum diskon 429 yen), beberapa waktu kemudian jeng jeng kurumi 80 gram hanya 100 yen (dari 429 yen), langsung comot 3 dari 4 bungkus yang ada. Sebenernya ada sih kurumi murah di daiso 40 gram 108 yen, tetapi jarang ada atau bisa juga beli di gyomu 300 gram 500 an yen. Jadilah meskipun roti ini menjadi salah satu favorit, nampaknya saya baru akan membuatnya kala mempunyai kurumi dengan harga murah (menurut saya) hehehehe..

image
kurumi diskon 80 gram hanya 100 yen (harga aslinya 429 yen), whole what flour 288 yen untuk 400 gram (harga normal di supa), bread flour 1 kg 150an yen (produk gyomu jadi murah, kalo produk biasa bisa 200-300 yen)
image
walnut

Dari searching-searching resep kurumi pan orang Jepang, ternyata bervariasi. Ada yang menggunakan campuran whole wheat, ada juga yang tidak (hanya bread flour saja). Untuk cara membuat kurumi pan sebenarnya sama saja dengan membuat roti pada umumnya.

Karena saya salah satu penggemar whole wheat, kurumi pan yang saya buat pun diberi campuran ww. Alhamdulillah rasanya enak, kakak Y juga suka banget (mungkin kakak Y juga penggemar roti ww seperti saya). Kurumi pan saya takaran gulanya juga tidak banyak sehingga tidak terlalu manis bahkan bisa dibilang tidak manis. Jika ingin lebih manis silakan tambahkan takaran gulanya, buat saya yang memang kurang suka roti manis yang biasa ada di toko, rasa kurumi pan ala dapur Arfenda ini udah pas banget, hehehe terlebih sudah sukses lolos tes rasa ala kakak.. Alhamdulillah selera kita sama ya Nak 🙂

image

image
Kurumi Pan nan lembut, varian roti baru favorit keluarga FK,  Alhamdulillah kakak Y juga doyan bangeeeet apalagi saya :D, mas suami juga walaupun roti coklat is number 1

Kurumi Pan (Walnut Bread)

by: Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Untuk sekitar 8 roti

Bahan :

  • Walnut 70-80 gram
  • Tepung protein tinggi/bread flour 260 gram
  • Whole wheat flour 90 gram
  • Gula 35 gram (gak manis, kalau ingin manis bisa ditambah lagi 20-30 gram)
  • Ragi 3 gram
  • Air atau susu hangat 205-215 ml
  • Butter/margarin 20 gram
  • Garam 1/2 sdt (bila sudah pakai margarin atau salted butter bisa diskip)

Olesan : kocokan telur

Cara Membuat :

  • Belah-belah walnut sehingga menjadi potongan kecil.
    Note : fresh walnut bisa dipanggang dulu sebentar di teflon/ toaster, sebentar saja, kelamaan gosong (optional, saya kadang langsung dipakai saja)
  • Campur tepung protein tinggi, whole wheat, gula, ragi. Aduk rata. Tuang air atau susu hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sebentar.
  • Masukkan butter/margarin dan garam, uleni hingga kalis. Masukkan potongan walnut aduk rata.
  • Tutup adonan dengan plastik wrap, biarkan mengembang 2x lipat (fermentasi pertama).
  • Bagi adonan menjadi 8 buah, bulatkan. Potong pinggirnya menggunakan pisau menjadi 4-5 bagian layaknya kelopak bunga (seperti difoto dan silakan saja jika mau dibentuk yang lain). Lakukan pada semua adonan.
image
Feb 2017, pertama kali saya buat kurumi pan. Awalnya saya pakai whole wheat 100 gram bread flour 220 gram.
  • Tutup kembali dengan plastik wrap, biarkan adonan mengembang kembali 2 kali lipat.
  • Panaskan oven.
  • Oles adonan roti dengan kocokan telur.
  • Panggang hingga matang (suhu disesuaikan dengan oven masing-masing, saya 140-150 derajat).

Jeng jeng jeng… jadi deeh..

image
Kurumi pan siap dimakan, nyumnyum..oishikata ne
image
Lembut, rich flavor
image
Kurumi pan dan es buah ala kadarnya

Yuk bikin roti sendiri !

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Itabashiku, Tokyo, 29 April 2017, 10.49 JST, 20 derajat C, disela sela beberes rumah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s