Soft Chocolate Sponge Cake with Ganache

Bismillah..

image
Yuk bersyukur, Yuk hargai dan apresiasi suami kita ^_^

“Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari no. 5197 dan Muslim no. 907).

Sumber : https://rumaysho.com/8862-kenapa-wanita-banyak-masuk-neraka.html

Sebenarnya lagi program mengurangi cake-cake manis tetapi lagi-lagi gagal, hoho.. kalo kemarin tetiba nemu bubuk coklat dalam jumlah banyak yang nyempil dipojokan dan jengjeng jadilah cake kukus coklat. Nah sekarang dengan alasan kepepet wkwk, jadi harus dibikin deh cake coklat untuk membuat hati mas suami berbunga-bunga..

Saya pun membuat soft chocolate sponge cake with ganache, yang cara pembuatan dan pemanggangannya tidak berbeda dengan ogura cake atau japanese cheese cake, yakni memisahkan kuning dan putih telur lalu mengocok putih telur hingga soft peak. Cake kemudian dipanggang dengan metode au barin marie. Untuk cake ini saya juga pertama kali menggunakan bubuk kopi *Alhamdulillah ada kopi dari Taiwan sachset, walaupun mix sama gula  (dapat gratisan waktu nginep di hotel wkwkwk). Katanya kopi akan menambah rasa coklat di cake coklat, jadilah saya langsung bilang emak tercinta mau nitip kopi bubuk tanpa gula 1-2 sachset buat next next cake coklat saya *ngurangin cake manisnya gak jadi ya neng ? :D*

image
cara membuat alas baking paper menjadi bulat

Bila teman-teman sudah pernah membuat ogura cake atau Japanese cheese cake, pasti tidak akan kesulitan membuat cake ini karena caranya sama saja.. Untuk pemanggangan saya masih menggunakan oven toaster kesayangan (ukurannya memang lebih besar dari oven toaster pada umumnya tapi tetap saja tipe toaster bukan oven umum biasa), sambil dag dig dug gosong atau merekah lagi ga ya bagian atasnya yang membuat hingga saat ini saya belum juga nulis tentang JCC (Japanese cheese cake) karena belum berhasil saya foto cakenya padahal udah ada resep andalan JCC ala Dapur Arfenda 😀

Soft Chocolate Sponge Cake

Diadaptasi dari : https://www.youtube.com/watch?v=euLf7Eb1ats

Untuk loyang uk.15 atau lebih kecil agar lebih tinggi.

Bahan 1 :

  • Minyak sayur 22 gram
  • Bubuk coklat 10 gram
  • Kopi bubuk instan 1/2 sdt
  • Gula pasir 25 gram
  • Susu cair 66 gram

Bahan 2 : 

  • Kuning telur 2
  • Cake flour 58 gram

Note : cake flour bisa diganti terigu protein rendah atau membuat cake flour ( 1 cup all purpose flour -2 sdm + 2sdm corn starch/maizena)

Bahan 3 : 

  • Putih telur 2
  • Cream of tartar 1/4 sdt –> saya ganti 1/2 sdm air lemon
  • Gula pasir 45 gram

Cara membuat (untuk lebih jelasnya bisa dilihat di link video di atas) :

  • Siapkan loyang, alasi dengan baking sheet. Cara mengalasi baking sheet mirip membuat ogura cake atau JCC (silahkan lihat di video).

image

  • Campur semua bahan 1, panaskan dan aduk-aduk hingga semua tercampur. Matikan api
  • Setelah tidak terlalu panas, masukkan kuning telur, aduk lalu ayak cake flour di atas adonan tersebut, aduk kembali hingga rata.
  • Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan air lemon/ cream of tartar, lalu gula pasir sedikit demi sedikit. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga soft peak.
  • Panaskan oven suhu 130 derajat.
  • Campur adonan kuning dan putih telur, aduk rata. (boleh langsung dicampur ataupun bertahap seperti ogura cake/JCC), tuang ke loyang, panggang dengan metode au barin marie (dibawah loyang ada loyang lagi berisi air panas) hingga matang (diresep 45 menit).

Untuk ganache saya menggunakan resep ganache ekonomis, susu cair dan coklat blok dengan perbandingan 1:1 atau 1:2

Ganache

Bahan :

  • Coklat blok 50 gram (bisa pake milk chocolate atau dark chocolate), potong-potong
  • Susu cair  25 gram

Cara membuat :

  • Panaskan susu cair, matikan api lalu masukkan potongan coklat. Aduk rata hingga semua coklat meleleh.
  • Diamkan agar agak mengental (boleh dimasukkan kulkas), tuang pada cake yang telah dingin.

Hasil cakenya lembuuuuut khas ogura atau JCC namun lebih padat dan seret mengingat takaran terigu yang cukup banyak sedangkan cairannya sedikit (bila dibandingkan JCC atau strawberry ogura cake yang pernah saya buat).

Oiya, Cake coklat, tentu lebih enak setelah didiamkan dikulkas semalaman, tetapi siapa yang tahan dengan godaannya hehehe.. untuk loyang lebih besar, silakan tambah takaran semua bahan jangan lupa dengan perbandingan yang sama ya.. Ayook bikin cake 🙂

image
Cake ini sebenernya gak gitu nyoklat dan manis namun tambahan ganache mempercoklat rasanya.. Oishikatta yo.. *yang ini ganachenya pake milk chocolate dan tipe yang lama banget mengental 😦

Arfenda Puntia, Dapur Arfenda

Itabashiku, 10 Mei 2017, 23.47 JST, 17 derajat celcius

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s