Masakan Berbahan Terong (Bag. 1)

Ada yang suka bingung terong mau diapain ? saya coba merangkum masakan terong yang pernah saya buat.  Spesial buat terong, karena terong adalah salah satu sayur favorit saya.

  • Terong Balado

Terong balado adalah salah satu favorit saya. Saya bahkan tak perlu lauk lain *kalo ada ya mau* asalkan ada nasi dan terong balado. Saya bahkan pernah makan sepiring lebih terong balado di warteg all u can eat ketika di Purwokerto dulu, warteg maer-maer saya, adek dan bapak menyebutnya. Kalau ibu saya membuat terong balado, dipastikan saya pemakan terbanyak hehehehe.. Tetapi sayang, di Jepang ini cabe keriting dan cabe besar tak selalu ada, kebanyakan menjual cabe rawit yang tentu saja sulit saya olah menjadi sambal balado mengingat pedasnya tak karuan.

Alhamdulillah dapat rejeki dari Allah, bawang merah dan cabe merah besar dalam jumlah banyak lewat mama. Alhamdulillah bisa ngerasain ngupas bawang merah lagi setelah hampir 2 tahun tak pernah mengupasnya lagi dan yaaa ternyata saya pun lebih suka menggunakan bawang bombay supaya tak ribet mengupasnya meski tak dipungkiri sambal balado mnggunakan bawang merah lebih enak.

Alhamdulillah dapat rejeki makan terong balado sepuasnya hehe, puas karena mama yang masakin lalu puas karena masak sendiri terong balado dalam jumlah banyak dan tentu saja saya pemakan terbanyak *mas suami mah makan ayam balado terbanyak :D.

Bumbu terong balado saya: minyak, bawang bombay iris, bumbu halus (bawang merah, bawang putih , cabe rawit, cabe merah besar/ keriting, tomat), garam, gula, air. Terong dipotong-potong lalu digoreng dan dicampur deh ke sambal balado. Jika ingin dibuat bumbu bali, cukup tambahkan serai, daun salam dan daun jeruk. Hap hap hap saya suka banget terong balado atau terong bumbu bali..

image
Terong balado ala dapur Arfenda. Gak sempet foto cantik hahaha langsung dimakan

 

  • Spageti Aglio e Olio Terong

Ternyata enak juga terong dibuat campuran spageti, menambah nutrisi juga (sayur). terong dipotong-potong lalu digoreng, tambahkan deh ke spageti aglio e olio. Cara membuat spageti aglio e olio bisa dilihat disini.

image

 

  • Spageti Terong Saus Bolognaise

Caranya sama saja, terong digoreng lalu campurkan ke spageti dan saus bolognaise.

image

Sampe jumpa di catatan masakan terong berikutnya..

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Tokyo, 15 Mei 2017, 18.45 JST, 19 derajat feel like 17. 

Leave a Reply

