Chicken Francaise

Bismillah

Menu makan pagi dan bento ayang *alay dikit* kemarin ala ala barat, chicken francaise namanya. Chicken francaise adalah masakan Italia berupa ayam yang dilapisi tepung terigu, lalu di wash dengan telur dan diberi saus yang terdiri dari lemon, parsley, air kaldu, wine dan butter. Nah chicken francaise ini unik, kalau biasanya habis dicelup telor itu si ayam dicelupkan ke tepung, untuk chicken francaise ini celupan telur adalah proses akhir sebelum digoreng (dengan sedikit minyak-sautee), sehingga ada tekstur telur ketika dimakan.

Saya pertama kali mengetahui masakan ini dari fb recipe30.com dimana salah satu video yang terpampang disana adalah chicken francaise, setelah itu coba tanya google apa itu chicken francaise dan banyak varian resepnya ada yang pakai bawang putih, keju permesan, sausnya kental, cair dsb namun kebanyakan resep memang menggunakan wine untuk sausnya. Tapi ah, tentu itu terlarang buat muslim jadi sebagai gantinya saya beri tambahan gula pasir.

image.jpg

Karena begitu niatnya ingin membuat chicken francaise yang mana kebanyakan resep menggunakan parsley segar, jadilah ini pertama kali saya membeli parsley segar yang ternyata harganya lumayan, sebungkus 150-200 yen. Dari segi bau dan rasa, parsley segar lebih kuat dan sayangnya saya kurang suka jadi lebih cocok yang versi bubuk *lebih murah dan awet juga hehehe. Oiya seperti biasa saya malas gak ngikut resep plek plek, selalu ada modifikasi besar-besaran untuk takaran maupun bahan-bahannya dan inilah chicken francaise ala ala.

Chicken francaise perdana ini langsung saya bikin takaran 2x resep yang ditulis dibawah ini, jadi total 7 ternderloin ayam. Waktu bikin saus yang pertama, saya kelupaan ngasih butter (bukan mau ngasih butter sih, margarin lebih tepatnya karena stok butter dikulkas saya kosong :D), alhasil sausnya bening dan kata suami kurang kental, jadilah yg kedua sebisa mungkin nggak kelupaan, saya tambahin margarin (butter kosong :D) 1 sdt,  masih kurang butek nendang juga maka takaran butter (kalau gak ada yo margarin) di resep yang saya tulis di blog ini menjadi 1 sdm bahkan boleh lebih jika suka *ati-ati kalorinya, minyaknya :D*. Sebenernya ada banyak koreksian tentang takaran-takaran bahan yang dipake *buat bikin chicken francaise selanjutnya yang ntah kapan lagi :D*, tapi karena fotonya udah lumayan kece *menurut saya* jadi ya wis posting yang ini saja, dan resepnya sudah saya koreksi buat bikinan selanjutnya, smoga next rasanya lebih enak lagi dan bisa pake butter.

image
Enak dinikmati selagi hangat, kalau sudah dingin agak terasa amis telor *bagi yang sensitif*

Penasaran dengan chicken francaise ? Yuk monggo segera dijadwalkan pembuatannya 😁

Chicken Francaise

Bahan :

  • Ayam tenderloin (bisa diganti bagian dada) 3-4 buah, sekitar 250-300 gram
  • Telur 1 butir
  • Tepung terigu (protein rendah atau sedang) secukupnya
  • Parsley segar dicincang kasar secukupnya (2 sdt untuk saus, 2 sdt untuk campuran telur, boleh lebih)
  • Keju permesan 1 sdm (boleh lebih)
  • Butter atau margarin 1 sdt
  • Olive oil (minyak zaitun) 1 sdm
  • Garam, merica bubuk secukupnya ( saya garam 1/4 sdt, merica bubuk 1/8 sdt)

Saus :

  • Air kaldu ayam atau air biasa 200-300 cc
  • Air perasan lemon 1-2 sdm
  • Gula pasir 2-3 sdt (pengganti wine)
  • Parsley segar (cincang kasar) 2 sdt
  • Bawang putih bubuk 1/4 sdt (optional, boleh diskip atau ganti dengan cincangan 1/2 bawang putih)
  • Butter atau margarin 1 sdm (boleh ditambah atau dikurangi)
  • Irisan lemon (kali ini saya gak pakai)

Note :

  • Pakai butter tentu lebih enak tetapi kalau gak ada margarin juga oke ^_^, begitu juga olive oil boleh diganti minyak sayur lainnya.
  • Jika saus ingin lebih kaya rasa dan keruh, butter bisa ditambahkan takarannya, jika ingin versi kental bisa ditambahkan sedikit tepung terigu di sausnya.
  • Agar ayam lebih kaya rasa, boleh dimarinate dengan garam dan merica bubuk selama 15 menit sebelum dicelupkan ke tepung.
  • Parsley segar bisa diganti parsley bubuk, takarannya disesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara membuat :

  • Belah ayam menjadi 2 bagian (jangan sampai putus), pukul-pukul dengan meat grinder atau ulekan agar pipih.
image
Ayam tenderloin
  • Campur telur, sedikit air (optional), 2 sdt parsley segar, keju permesan 1 sdm, garam 1/4 sdt, lada bubuk 1/8 sdt (garam lada sesuai selera), aduk rata.
  • Balurkan ayam ke tepung terigu hingga semua permukaan rata, celupkan ke telur ( hanya wash bukan bath jadi yang terpenting basah, agak susah sih bikin telur yang nempel sedikit (wash) tetapi jangan sampai kebanyakan (bath).
  • Siapkan wajan anti lengket, panaskan 1 sdm olive oil, dan 1 sdt butter/margarin, masak hingga ayam matang dan kecoklatan.
  • Saus lemon : di wajan bekas tempat memanggang ayam tadi, tambahkan air kaldu atau air biasa 200-300 cc, air perasan lemon 1-2 sdm, gula pasir 2-3 sdt, butter/margarin 1 sdm. Masak hingga mendidih dan air agak menyusut, tambahkan cincangan parsley. Aduk rata, angkat.

Chicken francaise ini unik karena baluran telur menjadi proses akhir sebelum digoreng sehingga ada tekstur telurnya ketika dimakan.

image
Gak punya lemon segar, pokka lemon (air lemon 100% kemasan) pun jadi 😁. Margarin pun menjadi pengganti butter. Nah saus yang ini kelupaan pake butter jadi warnanya bening, sesi ke 2 (saya bikin 2x resep-7 tenderloin) baru ditambahin margarin (lagi ga ada butter) disausnya.

Rasanya ? Gurihnya ayam telor berpadu dengan masamnya lemon, enaak enaak..tapi lebih nendang kalo diberi bubuk cabe, bon cabe atau sambal *lidah Indonesia*

Arfenda Puntia. Dapur Arfenda

Tokyo, Itabashiku, 17 Mei 2017, 11.00 JST berawan 19 derajat..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s