Champinones al Ajillo, Garlic Mushroom ala Spanyol

Bismillah..

image
Champignon mushroom (jamur kancing)

Hari minggu malam kemarin saya mencoba membuat masakan berbahan jamur yang sebenarnya sudah lama ingin saya coba (karena lihat postingan mbak Dian di WIB-J, makasi mbak inspirasinya 😊) namun baru dapat rejeki *beli* jamur champignon (jamur kancing) hari sabtunya. Sebungkus jamur kancing (isi sekitar 11-13 buah) dari Okayama-ken ini dihargai 250 yen (saya dapat yang diskonan 213 yen), mungkin harganya bisa lebih murah jika jamurnya berasal dari perfektur Chiba atau Ibaraki.

image

Alhamdulillah rasa jamur kancing ini enak, kakak Y juga doyan. Jamur kancing ini memang tidak ada rasa atau aroma kuat seperti jamur shitake sehingga mas suami pun menyukainya, kenyal *maksudnya pengen dilebih empukin kah sayang ?😍* dan enak katanya.

Masakan yang ingin saya buat adalah masakan Spanyol yang bahan utamanya bawang putih dan jamur (garlic mushroom), nama kerennya champinones al ajillo. Setelah searching di google ternyata ada 2 versi, versi terendam minyak dan versi tumisan. Bila teman-teman sedang ingin mengurangi minyak atau dimakan dengan nasi atau digado begitu saja, menurut saya lebih enak versi tumis. Untuk teman champinones al ajillo  versi terendam/banyak minyak yang cocok adalah semacam roti, banquette atau bisa juga dimakan begitu saja.

image
Percobaan pertama, rada keasaman (menurut saya) karena pake 1 sdm lebih pokka lemon (air lemon kemasan), tapi rasanya tetep enak dan kakak Y pun doyan (cabe bubuk saya skip). Awalnya ingin buat versi terendam minyak tapi kok gak cocok kalau pakai nasi *gak sempet beli banquette* ya wis karena udah terlanjur pake 4 sdm minyak, ditiriskan lalu minyaknya bisa dipake buat yang lain 😁😁 (ayam bakar rujak yang kemanisan)

Berikut resep champinones al ajillo yang sudah disesuaikan dengan selera keluarga kami:

Champinones al Ajillo

Bahan :

  • Jamur kancing 1-2 pack, cuci bersih dan belah 2-6 bagian sesuai selera (boleh juga tak dibelah)
  • Olive oil/ minyak zaitun (for cooking) secukupnya
  • Bawang putih 2-3 siung, cincang kasar
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Air perasan lemon 1/2-1 sdt
  • Italian herb (basil, parsley, dsb secukupnya)
  • Cabe bubuk atau paprika bubuk (optional)

Cara membuat :

  • Tumis bawang putih cincang dengan 1-2 sdm minyak zaitun (for cooking) hingga harum, masukkan jamur. Masak hingga jamur agak empuk, tambahkan air lemon, garam dan merica bubuk. Matikan api.
  • Tambahkan minyak zaitun (bisa pakai extra virgin olive oil) 1-2 sdm atau lebih kalau ingin versi jamur terendam minyak zaitun (ada juga versi champinones al ajillo versi tumis yang tak perlu banyak minyak jadi mirip tumisan aja), lalu italian herb, cabe bubuk/paprika bubuk, aduk rata.
  • Sajikan dengan roti, banquette atau seperti saya nasi/spageti dan lauknya.

Mudah dan simpel bukan ? Selamat mencoba ^_^

image
Pagi-paginya bikin champinones al ajillo lagi buat kakak katanya “enak dan mau jamur lagi” jadi mama bikinin lagi dengan senang hati (versi tumis dengan 2 sdm olive oil for cooking, gak ditambahin minyak lagi setelah matang)

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Chiba, 22 Mei 2017, 08.29 JST, 24 derajat C.
Menjelang summer, subuh jam 3 kurang, sunrise jam 04.29

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s