Balada Panci Rice Cooker Rusak

image
ada gosongnya karena sering pas masak nasi, bagian luar panci dalamnya ada air.

Tanggal 8 Juni kemarin, salah satu perangkat penting di dapur Arfenda rusak. Si panci rice cooker. Bagian teflonnya mengelupas kecil-kecil tapi banyak dan gosong. Hal ini terjadi karena kekreatifan dan kepintaran putri kami memencat mencet tombol memasak rice cooker disaat nasi sedikit atau mau habis (dan ini sering). Saya baru membuat cake di rice cooker 2x dan selama ini baik-baik saja *walaupun gak mau sering-sering karena takut rusak wkwkwk*, memang memencet tombol memasak nasi saat tidak sedang memasak nasi atau bahkan nasi kosong bukan lah hal yang bagus.

image
kurang jelas di foto tapi kalo dipegang kasar dan menyebar di permukaan panci. Mas suami yang biasanya cuek aja langsung oke waktu saya minta beli panci yang baru karena memang  yang ini rusak.

Karena banyak teori tentang teflon yang mengelupas itu sebaiknya tidak digunakan lagi jadilah kami berinisiatif membeli panci rice cookernya saja. Saya pun mengecek di toko online amazon maupun toko spare parts tiger *merk rice cooker yang saya gunakan*, ternyata harganya 6000an yen padahal dulu saya beli rice cookernya aja di Olimpic deket rumah yang dulu 7000an yen untuk 5.5 cup beras (di toko online sih harganya 9000an yen). MAHAL.. Jadilah kami berubah haluan, membeli rice cooker baru *meski sebenarnya yang rusak hanya pancinya bukan *mesin* ricecookernya. Mas suami yang siaga langsung membelinya tanggal 8 Juni malem kemarin lewat toko online, tak tega melihat istrinya sudah 2 hari ribet masak nasi pakai dandang. Makasi honey..

Kali ini kami memilih rice cooker merk Irish Ohyama yang harganya lebih murah *nyari ichiban yasui yang review oke dan bermerk* harga resmi di toko online sekitar 5900 yen*gratis ongkir* (kurang sedikit sih karena mas suami dapat diskon) untuk 5.5 cup beras. Di menunya juga bisa buat steam cake atau bikin cake, Alhamdulillah, asiiik. Walaupun rada sedih wkwk jatah hal lain jadi keambil, pun dihemat-hemat gak beli homebakery eh beli rice cooker dua kali. Rice cooker pertama dibeli 1,5 tahun lebih yang lalu saat baru pindah ke Tokyo dan sekarang ke Chiba dapat rejeki rice cooker yang baru lagi. Rejeki memang harus dijemput, bersyukurlah dan Allah akan menambah nikmatmu.

Alhamdulillah ketika peristiwa panci dalam (内なべ) rice cooker rusak ini, saya baru tau ketika si anak lagi tidur, jadilah saya hanya punya pilihan kesal dan sedih tertahan tapi tidak diungkapkan ke anak *gak mungkin dong bangunin anak lucu yang lagi tidur dengan marah-marah*. Alhamdulillah tak punya pilihan marah atau tidak marah ke anak, karena bisa jadi yang saya pilih marah 😄😁😁. Padahal saya juga yang teledor.

imageimage

image.jpg
ada tambahan perangkat buat ngangetin sayur/lauk/bikin cake kukus, kalau rice cooker lama gak ada jadi lauk langsung taruh di nasi buat ngangetinnya *nasi pada nempel-nempel ke lauk wkwk*

Alhamdulillah jam 9.30an pagi tanggal 10, rice cooker baru sampee.. Horeee.. Banyak pilihan menunya sama seperti rice cooker lama *walaupun jarang dipake wkwk*, dapat 2 gelas buat nakar beras, satu buat beras tanpa dicuci satunya lagi beras yang dicuci, tapi saya selalu mencuci berasnya sih. Centong nasinya dapetnya yang murahan mirip 100 yen, gak ada tempat centong nasi seperti rice cooker lama *tempat berdiri centong nasi yang ditaksir emak saya waktu berkunjung ke sini, yang ternyata harganya 600 yen (agak lupa) kalau ditoko resmi rice cooker tiger*. Alhamdulillah di rice cooker yang baru ada tambahan perangkat buat bikin cake kukus atau ngangetin sayur dan lauk *kami bukan pengguna microwave jadi  tambahan perangkat ini sangat bikin  happy*. Bismillah, semoga awet rice cooker yang baru ini, Amiin.

image
Panci dalam rice cooker baru ada sentuhan oranye. Sejujurnya lebih suka model rice cooker yang lama, penampakannya juga lebih oke tetapi rejekinya yg baru ini, Alhamdulillah bersyukurlah dan Allah akan menambah nikmat kita. Amin

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Inzai shi, 10 Juni 2017, 27 derajat, waktu Dhuha, ramadhan hari 15.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s