Tumis Cumi Bawang Bombay

Kata mas suami, cumi salah satu makanan favorit saya. Digoreng tepung, kuah atau dimasak tumis, semua saya makan dengan lahap apalagi kalau tinggal makan ya hehehe

Kali ini saya mau sharing tentang cumi yang dimasak versi tumis (agak berkuah dikit), simpel, enak, bikinnya cepet dan makannya cepet (sesuai nih)

Tambahan bawang bombay yang manis apalagi pakai versi 新玉ねぎ shintamanegi  serta saus tiram menambah rasa masakan lebih lezat. Namun bila sedang tidak ada stok, saus tiramnya bisa diskip, jadi dibumbui bawang bombay, cabe, gula, merica dan garam saja juga sudah maknyuss.. Sebenarnya pernah juga saya tambah irisan bawang putih, tetapi karena kurang suka memakan bawang putih versi irisan (dan ujung-ujungnya) jadi dibuang *sedang tidak ada stoknya juga sih*, jadi lebih bijak diskip aja 😀😀 karena itu saya namakan masakannya tumis cumi bawang bombay, si duo bahan utamanya. Rasanya ? Gak usah ditanya, enaaaaak *buat pecinta cumi.

Shintamanegi 新玉ねぎ adalah bawang bombay yang muncul dimusim semi *diawal summer gini masih ada juga sih. Orang Jepang sukaaaaaa banget shintamanegi bahkan ditumis gitu aja (tanpa tambahan) daging atau seafood mereka doyan, oya ada yang dibakar gitu juga hihihi saya pernah coba makan yang ditumis versi masih agak kurang layu ternyata saya kurang suka, lebih suka ditambah daging/ayam/seafood/sayur lain dan agak dibuat layu seperti masak bawang bombay biasa *kami bukan lidah jepang wkwk*. Buat yang kepo bedanya dengan bawang bombay biasa bisa cek digoogle yak 新玉ねぎ(shintamanegi) vs 玉ねぎ(tamanegi/bawang bombay biasa)

 

Tumis Cumi Bawang Bombay

Untuk sekitar 2 porsi

Bahan :

  • Cumi 150-200 gram
  • Bawang bombay ukuran besar 1/2 buah (boleh lebih), iris-iris
  • Cabe 1-2 (sesuai selera)
  • Saus tiram 1 sdt (optional)
  • Garam 1/4-1/2 sdt
  • Gula 1/2 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Minyak 1 sdm untuk menumis
  • Sedikit air (bila ingin agak berkuah)

Cara membuat :

  • Buang isi perut cumi, cuci bersih dan potong-potong (bagian kepala saya buang,  hanya dipakai tentakel yang panjang-panjang).
  • Tumis bawang bombay dan cabe hingga harum, masukkan cumi, aduk-aduk hingga cumi berubah bentuk (dari lemas ke bentuk cincin), tambahkan saus tiram, gula, garam dan merica bubuk. Cicipi rasanya, tambahkan air jika ingin agak berkuah.

Note : tanda cumi matang adalah bentuknya seperti cincin, dan sebenarnya tak perlu waktu lama memasak cumi tetapi saya suka bikin agak lama agar mateng banget. Namun yang pernah saya baca untuk menghindari cumi yang alot, masak sebentar saja (sampe berubah jadi cincin) atau sekalian lama banget. Nah karena saya tahan alotnya dan gak pernah masalah jadi saya masak sesukanya sampe saya rasa bener bener mateng hehe..

 

image.jpg

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)
Inzai shi, 12 Juni 2017, 10.01 JST, mendung 22 derajat, Ramadhan hari ke 17 hiks hiks bentar lagi ramadhan usai 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s