Ayam Goreng Lengkuas, Gurihnya Bumbu Lengkuas nyumnyum..

Membuat ayam goreng lengkuas sebenarnya tak sulit, hanya saja memarut lengkuasnyalah yang cukup memakan waktu dan melelahkan *makasi mas kholil sayang yang udah bantuin marut tanpa diminta dan sambil buru-buru gegara mau ngantor 😀😀.

Semakin banyak lengkuasnya, semakin enak jadi mirip serundeng versi gurih, nyum nyum.. Kata mas suami juga oishii, walau awalnya ragu lengkuas kok dimakan hohoho.. Nggak percaya ? Ayoo dong dicoba 😊😊

image
Spinach salad & ayam goreng lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Bahan :

  • Ayam 1 ekor, potong-potong
  • Lengkuas 150 gram, parut (makin banyak makin enaak)
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Bumbu halus : bawang merah 7 siung, bawang putih 4 siung, kemiri 2
  • Garam 1 sdm (sesuai selera)
  • Gula pasir 1 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Jahe bubuk 1/8 sdt
  • Kunyit bubuk 2 sdt
  • Ketumbar bubuk 1 sdt
  • Daun salam 2-3
  • Air asam jawa (optional)
  • Air 200-300 ml
  • Minyak untuk menggoreng

note : bumbu bubuk bisa diganti bumbu segar yang dihalurkan

Cara membuat :

  • Campur lengkuas parut, bumbu halus, air dan semua bumbu, aduk rata. Tambahkan potongan ayam, aduk rata, diamkan selama 10 menit.
  • Masak ayam hingga berubah warna dan air menyusut (tidak perlu sampe habis banget gpp), pisahkan ayam dan bumbu lengkuas (juga air bila masih ada, jadi saya pakai saringan agar air tak banyak ikut ketika bumbu lengkuas digoreng nanti)
  • Goreng ayam dan bumbu lengkuas secara terpisah agar bumbu lengkuas tidak gosong. Sajikan.
image
Ayam goreng dan taburan bumbu lengkuas

Note :

Tips menggoreng bumbu lengkuas : taruh bumbu lengkuas disaringan, lalu goreng *bersama saringannya*, atau oseng-oseng dengan sedikit minyak di wajan anti lengket hingga bumbu lengkuas kering *mirip cara bikin serundeng*.

 

image
Menu buka puasa tanggal 2 kemarin : keliatannya kaya daun singkong padahal ini daun bayam hahaha salad spinach yang ditumis sebentar. Selain itu ada cheesy tuna baked oatmeal, kurma dan yogurt aloevera. Kenyang? Wkwk kekenyangan ini mah, yogurtnya dimakan bocil..

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)
Chiba, 12 Juni 2017, 12.52 JST, berawan cerah 24 derajat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s