Triple Choco Brownies Sungai Chocolatoz

Bismillah

image
Ini salah satu wish list cemilan yang ingin saya buat, Alhamdulillah kesampaian dan terhitung sudah 2x saya buat sampe tulisan ini diterbitkan. Karena tujuannya diperuntukkan sebagai takjil dan hanya untuk saya, mas suami dan kakak Y seuprit 😁, saya hanya membuat 1/6 resep perkalinya yakni menggunakan 1 telur. Teksturnya ? Garing bagian luar, agak chewy di dalam.. maknyuuzzz.. Karena tak terlalu banyak minyak, rasanya juga lebih ringan saat dimakan.

Brownies ini tipenya shiny crust jadi harus agak ati-ati supaya shiny crustnya keluar. Tipsnya panaskan oven terlebih dahulu selama 15-20 menit (suhu 180-190 derajat), dan pastikan gula larut di adonan –> supaya cepat pakai mixer. Oya, karena namanya brownies hasilnya ya bantat jadi tak perlu diharapkan mengembang bak bolu atau cake, baking powder dan baking soda juga boleh di skip serta penggunaan mixer hanya untuk mempercepat gula larut karena larutnya gula salah satu yang membuat munculnya shiny crust.

Sungai chocolatoz yang merupakan salah satu keunikan brownies ini, dilatarbelakangin oleh si pemilik resep, mbak Ummu Allegra yang merasa sayang/eman-eman ada sisa lelehan DCC di wajan sehingga dituang/oles-oles ke brownies dan ternyata malah menjadikan motif yang cantik.

Triple Choco Brownies Sungai Chocolatoz

Diadaptasi dari triple choco brownies ala Ummu Allegra via Dapur Aisyah

Takaran 1/6 resep (1telur) untuk 1 loyang panjang uk.9×15 cm

Bahan :

  • Telur 1 butir
  • Gula pasir 66-67 gram saya pakai gula pasir coklat) ~~> saya kurangin jadi 58
  • Gula palem 42 gram (saya pakai gula pasir coklat)
  • Minyak sayur 38 gram
  • DCC 33 gram, saya lebihkan jadi 40- 50 ~> lelehkan
  • Vanili bubuk 1/8 sdt
  • Terigu protein sedang 66-67 gram, ayak
  • Coklat bubuk 8 gram, ayak
  • Bp 1/6 sdt (saya skip)
  • Bs 1/4 sdt (saya skip)
  • Choco chips secukupnya (sekitar 20 gram) untuk diadonan dan taburan

Cara membuat :

  • Panaskan oven 180-190 derajat selama 15-20 menitan.
  • Siapkan loyang, alasi dengan baking paper atau oles margarin/butter.
  • Kocok gula pasir, gula palem dan telur dengan mixer sampai gula larut (jangan sampe mengembang ya nanti kaya bolu), tambahkan ayakan terigu, coklat bubuk, vanili, bp dan bs (jika pakai), aduk rata dengan whisk/spatula atau mixer keceparan rendah. Tambahkan DCC leleh (sisakan untuk topping *sungai chocolatoz*), minyak sayur dan choco chips, aduk kembali hingga rata.
  • Tuang adonan ke loyang, tuang sisa DCC leleh dan chocochips membentuk motif sungai. Panggang hingga shiny crust keluar (saya sekitar 5-10 menit), lalu kecilkan suhu (saya dari 180 ke 150 derajat) , panggang hingga matang (saya 20 menit).

Note : lakukan tes tusuk jika masih sedikit berarti menempel maka brownies sudah matang, jika tidak ada yang menempel berarti terlalu kering/overbaked.

image
second trial *lebih gak kliatan lagi sungainya 😂

Untuk yang ingin membuat dalam ukuran besar, berikut saya sertakan takaran 1 resep (6 telur).

Takaran 1 resep (6 telur)
Untuk 3 buah loyang 30×10

Bahan :

  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 400 gram
  • Gula palem 250 gram
  • Minyak sayur 225 gram
  • DCC 200 gram
  • Vanili 1-2 sdt
  • Terigu protein sedang 400 gram, ayak
  • Coklat bubuk 50 gram, ayak
  • Bp 1sdt
  • Bs 1,5sdt
  • Choco chips secukupnya untuk diadonan dan taburan

Membuat brownies ini sebenernya mudah *yang males itu mixerin dan keluar duit buat beli bahan hahaha*, yang sulit menurut saya malah trik memanggangnya dan membuat motif chocolatoznya. Sudah 2x praktek, hasil sungai chocolatoznya kurang memuaskan, ya kedikitan lah jadi motifnya kurang, ya kebanyakanlah jadi motifnya lebay, terlebih saya menggunakan loyang kecil *kalo loyang makin besar makin mudah berekspresi dengan si motif*, lalu belum lagi ada sedikit gosong pula karena kelamaan manggang di suhu tinggi demi mendapatkan shiny crust 😁. Harus banyak belajar baking lagi nih 😎😎 semangat..

image
First trial : sungai chocolatoznya kedikitan DCCnya dan agak kegosongan 😄

Semoga hasil brownies saya yang penampilannya kurang memuaskan ini tak menyurutkan langkah teman-teman mencoba triple brownies ala ummu Allegra ini. Selamat mencoba teman-teman 😊.

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Inzai shi, Chiba, 13 Juni 2017, mendung-hujan 18 derajat

 

Leave a Reply

