Yuk Bikin Saus Pizza Sendiri, Homemade Bolognaise Sauce

Sejak di Jepang jadi sering bikin saus bolognaise sendiri karena hampir tak mungkin bisa makan spageti atau pizza bertopping daging di resto sini. Ada sih di Tokyo resto Italian halal namun jarak dan pengeluarannya bikin males 😆😆. Kami sering juga beli saus tomat spageti instan (yang komposisinya cukup aman buat kami, muslim) lalu ditambah daging sendiri namun tetap saja membuatnya dari awal lebih menjadi pilihan dan enak kala ada waktu dan keuangan *soale harga tomat seger kadang-kadang lumayan 😁, apalagi sejak ada kakak Y, homemade menjadi pilihan ^_^.

Saya biasanya langsung bikin dalam jumlah banyak, lalu disimpan di freezer (diplastikin kecil-kecil/ dalam jumlah sekali pake sekali pake) pas butuh tinggal di thawing dan digunakan, praktis.

image

 Saus Bolognaise

Bahan :

  • Tomat 2 kaleng atau segar 400 gram
  • Daging cincang 200 gram (lebih banyak makin enak)
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 2-3 siung
  • Shitake 8 buah/1 pack (boleh diskip atau ganti jamur lain, jamur kancing misalnya)
  • Garam 1/2-1 sdt (sesuai selera)
  • Gula 4 sdt (sesuai selera)
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Minyak sayur 1-2 sdm (olive oil for cooking)

Cara membuat :

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging cincang. Masak hingga daging berubah warna.
  • Masukkan tomat kaleng atau tomat segar yang sudah diblender, masak hingga mengental, tambahkan gula, garam, merica bubuk dan jamur. Aduk rata, masak sebentar, lalu matikan api.

image

  • Saus bolognaise siap digunakan sebagai topping pizza, spageti atau masakan lain. 

Sebenernya udah lama mau posting resep ini, baru keinget lagi pas tadi sore kakak Y minta pizza dan kebetulan ada saus bolognaise di kulkas. Insya Allah ya Nak, besok mama bikinin pizza ^_^

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Chiba, 20 Juni 2017, 23.50 JST, Ramadhan hari ke 24, 22 derajat.

Advertisements

One thought on “Yuk Bikin Saus Pizza Sendiri, Homemade Bolognaise Sauce

  1. mama Yukaaaa, aku kok gagal pokus yak sama itu pizza cheesy bites nya, pinter banget bikinnya, udah kayak PH 🙂
    oishiishooo resep masakannya makin beragam dan kreatif, good job mama Yuka

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s