Ikan Goreng Tepung Saos Barbeque

Terinspirasi dari spicy wing ala Korea, saya pun membuat ikan goreng tepung yang dibalut saus barbeque. Mengalahkan pilihan saus asam manis pedas yang sebenarnya sudah ada dikepala sejak membeli si ikan. Alhamdulillah kata mas suami enak *meski agak kecewa wkwk dikira ayam tepung hoho dua hari berturut-turut dibikin kecewa karena menu ikan (yaki maguro dan ikan tepung) yang dikira ayam*, dan 2 ikan kembung selanjutnya pun tetap dimasak seperti ini, karena menurut saya dan mas suami enak..

Kali ini ikan yang saya pakai ikan Aji atau ikan kembung, jadi lumayan nih memfilletnya butuh waktu wkwk karena gak ahli. Selain ikan kembung bisa pakai ikan yang lain seperti tuna, kakap, salmon, saba(mackarel), bahkan ayam boneless.

Yuks langsung diintip resepnya :

image

Ikan Goreng Tepung Saus Barbeque

Untuk 2-3 porsi

Bahan :

  • Ikan kembung 2 buah, fillet, buang durinya, sekitar 130-150 gram –> bisa diganti ikan lain atau ayam ^_^
  • Terigu serbaguna 40 gram
  • Katakuriko/potato starch 40 gram (katakuriko bisa diganti maizena/corn starch)
  • Garam 1/4sdt (kalo suka asin 1/2 sdt)
  • Lada 1/4 sdt
  • Air 1-2 sdm
  • Wijen 1 sdm untuk taburan
  • Minyak banyak untuk menggoreng

Saus barbeque ala Dapur Arfenda :

  • Saus tomat 1,5-2 sdm
  • Shoyu (kecap asin) 1 sdm
  • Bawang putih bubuk 1/4 sdt
  • Jahe bubuk 1/8 sdt
  • Gula 1 sdm
  • Saus tiram 1 sdt
  • Minyak wijen 1 sdt

Cara membuat :

  • Bumbui fillet ikan dengan garam, lada, air, aduk rata. Biarkan selama 5-10 menit. Tambahkan terigu dan katakuriko, aduk-aduk agar semua sisi ikan terbalut tepung.
  • Goreng ikan di minyak panas hingga kering dan kecoklatan. Tiriskan.
  • Aduk rata semua bahan saus barbeque.
  • Taruh ikan goreng tepung di wajan anti lengket, masukkan sausnya, aduk atau dioles-oles agar saus rata menyelimuti si ikan, taburi wijen, masak sebentar, lalu matikan api dan ikan siap disajikan.

Note : campuran terigu dan katakuriko/maizena 1:1 akan membuat ikan tepung lebih renyah.

 

image
Mirip ayam kan ? wkwk

Arfenda Puntia (Dapur Arfenda)

Inzai, 27 Juli 2017, 09.30 JST, 24 derajat C .

Alhamdulillah minggu ini sejuk karena hujan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s