Edamame Cheese Roll Bread (枝豆チーズパン)

Bismillah..

Seminggu ini hujan terus menerus, sampai tadi malam angin berhembus kencang katena taifun no.21 pun telah datang menyapa daerah kanto termasuk Inzai-shi, Chiba, tempat tinggal kami. Alhamdulillah anginnya tidak seheboh di beberapa tempat yang menyebabkan peringatan evakuasi (tahun lalu, katanya taifun ini membuat kaca dibeberapa tempat pecah sehingga memang cukup menjadi perhatian), ditempat kami hanya hujan deras dan suara angin yang terus akan bersiul-siulan hingga siang/sore ini. Ketika tulisan ini dibuat hujan sudah tidak deras, hanya angin yang terus bernyanyi membuat hati kadang deg-degan 😁.

Tidur larut, bangun cepat karena tak nyenyak akibat didalam mimpi pun masih tetap membahas tentang taifun, saya pun bergegas menuju bagian favorit saya, dapur. Berolahraga tangan mengulen manual roti dengan penuh cinta untuk oyatsu mas suami di kantor dan tentu si kakak yang akhir-akhir ini makannya lebih milih😩. Kali ini saya berikan telur, butter dan susu di adonan roti, lengkap komposisinya, membuat roti akan lebih empuk, fuwa-fuwa, enak, bergizi dan tentu saja berkalori fiuh *bagus buat anaknya, puyeng buat ortunya..

Cara membuatnya sama saja seperti roti lain, hanya sejak ikut abc cooking, sekarang saya lebih suka pakai cara memisahkan terigu di 2 tempat. Namun silakan saja jika lebih nyaman dengan 1 tempat seperti yang dulu saya suka pakai (semua dimasukkan kecuali garam atau salted butter, diuleni lalu baru tambahkan garam/salted butter-untuk mencegah garam bertemu ragi), atau beberapa orang suka mencampur ragi, gula, air/susu lalu dituang ke adonan. Pada intinya sama saja mencegah bertemunya garam dengan ragi instan. Tetapi jika menggunakan natural yeast *sayangnya harga lebih mahal berkali kali lipat dari instant yeast dan gak selalu sedia disupermarket* gak masalah garam dicampur dengan ragi.

Alhamdulillah hasil utak utik di dapur (walau dengan keterbatasan terigu protein tinggi wkwk tinggal 115 gram😅), olahraga tangan pagi-pagi membuahkan roti yang hmm..oishikatta..

2C40045A-5680-4D7F-8CC7-344057AC30D2.jpeg
oven toaster bukan halangan buat bikin roti 😅

Edamame Cheese Roll Bread

Bahan :

  • Terigu protein tinggi 115 gram
  • Terigu protein rendah 30 gram
  • Gula 15 gram
  • Ragi 1 sdt (3-4 gram) –> boleh 2 gram kalau ingin masa fermentasi lebih panjang
  • Telur 1 butir (52 gram)
  • Salted butter 20 gram (butter + garam)
  • Susu hangat 35-45 ml/ gram (sekitar 40 derajatan)

Isian :

  • Edamame (sudah direbus, kupas kulit dan dilap tisue biar kering) 50 gram
  • Keju 30 gram, potong dadu
  • Permesan cheese 1/2 sdm

Olesan :
Telur kocok

Cara membuat :

  • Campur terigu protein tinggi dan rendah, bagi terigu menjadi 2 bagian. 1/2 bagian taruh bersama salted butter, 1/2bagian lagi ditambahkan telur, ragi, gula dan susu lalu aduk rata dengan spatula. Masukkan 1/2 terigu sisanya dan salted butter. Uleni hingga kalis.
  • Setelah kalis, bulatkan adonan, tutup dengan lap basah/ plastic wrap ~> fermentasi pertama.
  • Kempiskan adonan (untuk menghilangkan gas), giling menjadi bentuk segi empat, masukkan isian. Gulung lalu potong menjadi 12 bagian. Tutup kembali dengan wrap/ kain basah –> fermentasi kedua (bisa ditaruh oven pakai suhu terendah atau suhu ruangan- saya di dapur sambil masak 😁 jadi panas deh sekitar roti).
  • Oles dengan telur, panggang hingga matang (suhu 160-170 C 10 menit, atau 140 C 20 menitan, disesuaikan oven masing-masing, jika bagian bawah sudah kecoklatan berarti sudah matang, jika takut atasnya gosong-saya pakai oven toaster- bisa pakai suhu rendah 140 derajat atau tutup dengan aluminium foil.
  • Simpan diwadah tertutup/ plastic wrap agar roti tetap empuk, enak dan tidak kering.

Selamat mencoba ya teman-teman

Arfenda Puntia, Dapur Arfenda
Inzai shi, 23 Oktober 2017, 11.42 JST, cerah berawan, dengan angin yang masih bernyanyi, pasca taifun no 21, 21 derajat C

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s