Orange Roll Cake, Belajar Bikin Roll Cake (Tanpa Butter/Minyak)

Bismillah

Roll cake adalah salah satu cake dambaan yang sangat ingin saya pelajari selain opera cake. Maka ketika mendapatkan kesempatan mempelajarinya saya pun ingin segera bereksperimen agar cara-caranya menempel diingatan, ya meskipun keterbatasan oven yang saya punya yakni oven toster mungil yang tentu perlu trik agar roll cake saya tak jauh beda seperti roll cake pada umumnya.

Kali ini saya berinovasi membuat Orange Roll Cake, mengikuti tren musim buah jeruk di Jepang saat ini. Rasa dan warnanya gak jeruk banget sih, tapi lumayan lah. Oiya roll cake ini tanpa minyak/butter tapi rasanya tetap enak, gak terlalu seret, dan fuwa-fuwa.

8DF9CF7D-44F6-48FE-A497-2FE4E870D64C

Orange Roll Cake

untuk 2 buah roll cake 15 cm

Bahan roll cake :

  • Telur 3
  • Gula 70 gram
  • Tepung terigu protein rendah 80 gram
  • Air sari jeruk 30 cc

Selai :

  • Selai jeruk 40 gram
  • Air 20 cc

Cream (isian & topping) :

  • Fresh/whip cream 200 gram (atau 150 whip cream, 50 gram cream cheese)
  • Gula 35 gram
  • Sari jeruk atau pewarna makanan orange secukupnya (optional)

Note : takaran whipcream boleh saja dikurangi menjadi 170 gram (gula menyesuaikan), karena tadi pakai 200 gram ada sisa. Kalau gak mau pakai hiasan atasnya bisa hanya 100-120 gram whipcream (fleksibel, tergantung mau seberapa banyak cream isian)

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang dan baking sheet, panaskan oven.
  2. Pecahkan telur, masukkan ke bowl (tips memecahkan telur: ketukkan antar 2 telur, lalu sisanya ketukkan horizontal ke meja) mixer speed 1, tambahkan gula, mixer speed 5 sampai kental berjejak (mixer yang benar adalah tidak terlalu berisik suara antara mixer dan bowl, jadi bisa dengan memiringkan bowl sambil diputar2).
  3. Tambahkan 1/2 bagian terigu (sambil diayak), aduk menggunakan spatula cara huruf J sambil bowl diputar berlawanan arah jarum jam, tambahkan sebagian terigu lagi, aduk cara J.
  4. Tambahkan sari jeruk, aduk cara J.
  5. Tuang ke loyang, angkat loyang, ketuk loyang dengan tangan supaya udara dalam adonan keluar.
  6. Panggang suhu 160 derajat hingga cake matang (10 menitan).
  7. Buat isian/ topping : campur selai dan air lalu aduk rata, sisihkan. Mixer whip cream dan gula dengan speed 5 (jika pakai cream cheese, mixer speed 1 cream cheese dan gula, tambahkan 1/3 bagian whipcream, tambahkan lagi 1/3nya speed 5, tambahkan lagi sisanya) sampai kental, lalu masukkan ke plastik segitiga (buang udaranya dan rapikan dengan scrapper).
  8. Taruh cake yang sudah matang di meja, tutup dengan plastik wrap, balik (bagian permukaan jadi di bawah). Setelah tidak terlalu panas, lepaskan cake dari baking sheet secara perlahan. Taruh baking sheet yang baru di atasnya, balik kembali cake (bagian permukaan jadi kembali di atas).
  9. Rapikan pinggir-pinggir cake jika perlu. Pada sisi (persegi panjang) dekat badan, iris miring 1 cm.
  10. Oleskan selai secara merata (pakai kuas). Oleskan 2/3 cream (dari jumlah total cream) merata namun sisakan 3 jari dari atas (bebas cream) karena saat digulung nanti cream akan meleber. Oiya rapikan cream dengan scrapper satu sisi lurus (bukan yang melengkung) saja, satu sisinya lagi bersih .
  11. Gulung cake (cara : pegang ujung baking sheet ibu jari dan telunjuk, gulung/lipat cake (bersama baking sheetnya) dengan hati2 selebar manis, gulungkan lagi dengan cara menarik baking sheet), lalu bungkus dengan baking sheet. Diamkan roll cake dikulkas selama 10-15 menit.
  12. Potong roll cake menjadi 2 bagian (saya menggunakan 2 loyang kecil jadi tak perlu di potong) menggunakan pisau panjang.
  13. Hias dengan 1/3 whip cream sisanya.
  14. Potong 1 cm ditiap pinggir roll cake.
  15. Masukkan ke kulkas sebentar, potong dengan pisau panjang agar rapi. Roll cake pun siap menjadi cemilan.
F40B521F-ACB1-48E5-8E1F-3BD95969332C
saya gak punya pisau panjang jadi motongnya kurang rapi

Prosesnya cukup panjang, namun jika sudah mengerti caranya sebenarnya tidak lah ribet dan sulit kok. Btw, Kalori cake ini cukup besar yaa, jadi jangan diabisin langsung. Waktu terbaik memakannya adalah hari H dan H+1, sisanya bisa ditaruh di freezer. Buat yang lagi diet, kalorinya bisa dikurangi dengan cara menskip whip cream dan selai, whipcream (dan cream cheese jika pakai) memegang peranan kalori terbesar, 200 gram sekitar 600an kkal hahahaha..

Semoga tulisan dan tips membuat roll cake ini bermanfaat. Selamat mencoba 😎

 

Arfenda Puntia, Dapur Arfenda
Inzai shi, 5 Nov 2017
berusaha bahagia ditengah mendungnya hati

Advertisements

3 thoughts on “Orange Roll Cake, Belajar Bikin Roll Cake (Tanpa Butter/Minyak)

  1. Pingback: FendaandKholil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s