Nasi Goreng Keju Parsley Basil (Tanpa Kecap)

Bikin nasi goreng tanpa kecap, tanpa ulek-ulek, bumbu simpel, cepet dan enak ? Ini dia nasi goreng ala ala Italia (karena pake keju, olive oil, basil dan parsley wkwk kayak bumbu pizza :D), rasanya mirip dengan nasi panggang keju tetapi yang ini tak perlu dipanggang. Saya cukup sering bikin ini, apalagi di Jepang nasinya pulen sehingga … Continue reading Nasi Goreng Keju Parsley Basil (Tanpa Kecap)

Chicken Francaise

Bismillah Menu makan pagi dan bento ayang *alay dikit* kemarin ala ala barat, chicken francaise namanya. Chicken francaise adalah masakan Italia berupa ayam yang dilapisi tepung terigu, lalu di wash dengan telur dan diberi saus yang terdiri dari lemon, parsley, air kaldu, wine dan butter. Nah chicken francaise ini unik, kalau biasanya habis dicelup telor itu … Continue reading Chicken Francaise

Masakan Berbahan Terong (Bag. 1)

Ada yang suka bingung terong mau diapain ? saya coba merangkum masakan terong yang pernah saya buat.  Spesial buat terong, karena terong adalah salah satu sayur favorit saya. Terong Balado Terong balado adalah salah satu favorit saya. Saya bahkan tak perlu lauk lain *kalo ada ya mau* asalkan ada nasi dan terong balado. Saya bahkan … Continue reading Masakan Berbahan Terong (Bag. 1)

Brownies Ketan Hitam, Ketika Ketan Hitam Dipadukan dengan Coklat

Bismillah.. Awalnya saya bingung ketika ditawarkan mama mau dibawakan tepung ketan hitam gak *mau dibuat apa pikir saya* tetapi akhirnya saya bilang mau,  dibawain apa aja mau mau mau hohoho. Dan ternyata mama membawakan 1kg tepung ketan hitam. Mama saya memang sering membuat cake ketan hitam, tetapi sebenarnya saya lebih suka cake biasa karena tekstur … Continue reading Brownies Ketan Hitam, Ketika Ketan Hitam Dipadukan dengan Coklat

Cream Cheese & Raisin Bread (Obsesi Rye Bread)

Bismillah Ini pertama kalinya saya membeli tepung rye dan membuat roti rye (meskipun hanya menggunakan 1/5 bagian tepung). Sudah lama sekali memang saya kepo apa itu tepung rye, namun karena tak ada ide ingin dibuat apa dan harganya yang cukup mahal 407 yen untuk 500 gram (whole wheat flour hanya 288 yen untuk 400 gram). … Continue reading Cream Cheese & Raisin Bread (Obsesi Rye Bread)

Soft Chocolate Sponge Cake with Ganache

Bismillah.. “Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, … Continue reading Soft Chocolate Sponge Cake with Ganache

Mie Ayam Jamur ala ala Dapur Arfenda

Di Jepang tentu tak ada tukang mie ayam (kalaupun ada harganya mahal hahaha), dan lagi-lagi memaksa saya belajar membuatnya. Alhamdulillah ternyata tak begitu sulit. Sudah berkali-kali saya memuaskan rindu saya dan mas suami akan mie ayam dengan membuat mie ayam homemade sepenuh cinta.  Walaupun mienya masih beli jadi karena belum punya alat pembuat mie. Mie … Continue reading Mie Ayam Jamur ala ala Dapur Arfenda