Kurumi Pan (Walnut Bread)

Bosan dengan roti isi coklat melulu saya pun mulai melirik varian roti lain, kurumi pan. Kurumi pan menjadi salah satu roti yang saya bawa pulang ketika ikut les baking hampir setahun yang lalu. Sayangnya ketika itu saya hanya diajari teknik membentuk adonan roti, mengoles telur, dsb namun tidak diajarkan cara membuat roti dari dasar bahkan … Continue reading Kurumi Pan (Walnut Bread)

Advertisements

Whole Wheat Hot Dog Bun (Koppe Pan)

Bismillah.. Sudah berapa lama ya saya tak memakan hot dog bun berisi sosis dan sayuran yang lezat ini ? hm.. yang jelas di Jepang saya tak pernah memakannya, lagi-lagi karena tak sembarang roti (tidak semua roti di Jepang halal *termasuk roti tawar* karena bisa jadi menggunakan margarin yang belum tentu bebas lemak/minyak hewani), bisa kita … Continue reading Whole Wheat Hot Dog Bun (Koppe Pan)

Tarako Pizza, Pizza Topping Telur Ikan Cod

  Ini salah satu cemilan favoritnya Yuka. Biasanya saya pakai nama tarako 生たらこ yakni telur ikan cod mentah yang belum diasinin ( jadi rasanya gak asin ) namun sayangnya tidak banyak dijual disupa karena kebanyakan tarako yang ada adalah tarako yang sudah diasinkan atau dikasih zat apa gitu ( penstabil dsb ). Jadi kalau nemu … Continue reading Tarako Pizza, Pizza Topping Telur Ikan Cod

Simple Dough, Adonan Roti Tanpa Telur, Susu dan Butter/ Margarin

Gegara trial-trial si cheesy garlic bread, saya malah terinspirasi ingin membuat roti lainnya dengan adonan simpel dan lebih rendah kalori (saya namakan Simple Dough) karena tanpa telur, susu dan butter/ margarin. Adonan ini sangat cocok untuk tipe roti asin seperti cheesy garlic bread, atau aneka pizza. Namun bisa juga digunakan sebagai adonan roti manis dengan menambahkan sedikit … Continue reading Simple Dough, Adonan Roti Tanpa Telur, Susu dan Butter/ Margarin

Cheesy Garlic Bread

Beberapa waktu lalu, ada adik kelas yang posting foto cheesy garlic bread, jadi terinspirasi dan ikutan bikin :D. Trial-trial beberapa kali, Alhamdulillah nemu komposisi adonan roti yang pas, tanpa susu, telur, dan margarin/ butter, sebagai gantinya pakai minyak sayur. Cheesy Garlic Bread Resep : Dapur Arfenda Untuk : 10 buah roti ukuran mini (saya panggang pakai loyang bulat 18 cm) … Continue reading Cheesy Garlic Bread

Cinnamon Bagel Super Lezat

Bagel merupakan produk roti yang berasal dari komunitas jewish di Polandia. Bagel ini cukup terkenal di negara Eropa dan Amerika, namun di Indonesia nampaknya kurang populer. Saya bahkan baru tahu tentang bagel setelah melihat suatu film Amerika yang aktornya sedang membeli bagel *saya kira bagel itu sama dengan donat karena bentuknya mirip.. Ada 2 tipe … Continue reading Cinnamon Bagel Super Lezat

Roti Kari isi Tuna Keju (Cheesy Tuna Curry Bread)

  Weekend kemarin, ngeliat foto cheesy tuna curry roll di timeline FB. Ah..emang dasarnya pengenan tiap liat postingan makanan enak, hahaha.. Akhirnya kemarin dibikin juga..mumpung semua bahan ada. Seperti biasa kita perlu menguleni adonan hingga kalis supaya rotinya tetep empuk. Bisa menggunakan tangan atau mesin (home bakery). Pastikan juga ragi masih berfungsi dengan baik dan air yang digunakan … Continue reading Roti Kari isi Tuna Keju (Cheesy Tuna Curry Bread)