Takoyaki

0E6E2270-D766-48D1-8178-75E9209A4597


Saya suka takoyaki, waktu hamil anak ke 1 beli takoyaki beku sebungkus gede di Carrot Kita Sapporo, dan ternyata kakak Y juga suka (apakah itu pengaruh makan saat hamil kakak Y dulu?). Lalu hamil anak ke 2 juga ngidam takoyaki.

Sebenernya saya udah lama punya loyang takoyaki (beli di Itabashiku) tapi karena dari besi jadi malas *suka lengket dan perawatan setelah pakai ribet*. Tetap saja jajan takoyaki. Iron cast setelah dipakai harus dikeringkan, kalau kelamaan di air atau ada air genang di loyangnya bikin karatan. Setelah itu harus diminyaki agar tidak lengket saat membuat takoyaki, kadang sisa minyaknya bau tengik. Intinya saya nggak telaten hingga akhirnya karatan.

Sekitar tahun 2018, beberapa kali melipir ke warung takoyaki, setelah ditanyakan detail tidak semua aman. Ada yang pakai kaldu ayam (tdk halal). Jadi sejak itu sudah tidak pernah beli takoyaki.

Hingga suatu hari di bulan April 2020 saya membeli kompor emergency buat masak yakiniku dan juga emergency tools. Akhirnya setelah pikir2,  setelah beli kompor, setelah beli pan yakiniku, why not beli loyang takoyaki teflon. Biar bisa bikin bareng2 suami dan anak sambil duduk dilantai. Saya beli merk iwatani (begitupula kompornya) di donkihote. Harga  teflon ga jauh beda dengan yg iron pan yang dulu sy beli, lebih murah 500 yen (kalau beli di donki ya kr sy lihat online shop lebih mahal)

Resep takoyaki saya lihat di https://www.justonecookbook.com/takoyaki-recipe/

Isian suka suka, seringnya keju dan tako

Untuk topping saya pakai : katsuobushi, nori potong. Katsuobushi ini wajib banget biar ada khas rasa takoyaki. Gak boleh diskip

Untuk saus pake racikan aja : kecap atau shoyu tambah gula, saus tomat/tomat, mayonaise, biar lebih enyak ala indonesia tambah saus sambal 😬

F68C8E84-BAA3-4CB3-91DA-C3AF996FAB75

Pakai loyang teflon ini Alhamdulillah bisa bulet. Permasalahan pas bikin takoyaki sekarang ini ntah kenapa dia mengempes setelah agak lama, mungkin kurang baking powder, ataukah kurang banyak adonan.

D8149873-C036-432F-85A2-BBB41094880A

Sekali lagi takoyaki dg ingredient halal di jepang gak banyak ada, kenapa? Karena banyak yg pakai ekstrak ayam (gak halal ayamnya) dikaldunya atau diingredientnya. So be careful, although it’s just takoyaki.

 

update : Inzai shi, 16 Juli 2020, 04.53 JAT

Leave a comment